Senin, 25 Januari 2016

DAGING SAPI MASAK SAUS TIRAM


Hai semuaa...

Assalamualaikum Wr Wb

Semenjak tinggal di Jakarta jadi jarang nih update blog, maafkan saiyah yak teman-teman. Kesringan nongkrong di warung tetanga, biasalah emak-emak rempong, hhihi. Apalagi kalo sendirian gene, Lelaki surga ngampus, belom ada anak, sooo yo nganggur. Timbange cengoh di rumah yo mending nangkring di warung deh. Stress ilaaang, mau "telat" gak "telat" enjoy sajah. Hihihihi.

Keseringan nangkring, tugas bloggernya numpuk. Galeri dah penuh dengan cepretan-cepretan masakan. Ini salah satunya, dan aku lupa bikin begene-begeneannya kapan.Untung aja resepnya udah aku catat, coba kalo gak kucatat, yowis wassalam, lali kabeh bumbune. hehehe.

Teruz nih, bagi yang malas melanda, ato bagi istri muda yang masih demen dengan resep simple, ato bagi bumil yang ingin masak tapi males yg ribet-ribet, ato bagi gadis yang pengen nyoba masak untuk sang pacar, dan atau atau yang lain. Wis iki resepe cocok dah, rasanya juga gak kalah kog ma yang di resto-resto itu (kepedean).

Ini yang bikin mahal adalah daging sapinya. Tenang ajah, daging sapi bisa diganti daging ayam. Daging ayam lagi mahal, bisa ganti ma perjamuran. Mau lebih ngirit lagi, sak-saknya lah, opo wae isa, yang penting isa dimakan dan gak beracun (gak kayak tragedi "kopi vietnam" tuh). Untuk saus tiramnya, kualitas berpengaruh lhoh. Pake yang kualitas bagus. Aku pake saus tiram lee kum ki kalo gak salah, pokoe ada gambar pandanya. Kalo mau lebih murah bisa pake merek Masuri kalo gak salah. Mau lebih murah lagi yo saori yo gak popo (meskipun gak aku sarankan). Pokoe kualitas menentukan rasa.

Dah yuuuk langsung ke resep. Tu Wa Ga Goooo...Selamat mencobaa...


DAGING MASAK SAUS TIRAM

BAHAN:
 - 250 gram daging sapi has dalam
 - 1 ikat kacang panjang, sekitar 150 gram mungkin
 - 3 siung bawang putih, cincang halus
 - 5 sdm saus tiram, aku pake merek Lee Kum Ki
 - 1-2 sdm kecap manis (sesuaikan saja)
 - 1/2 sdt lada bubuk
 - gula pasir secukupnya
 - garam secukupnya
 - 3 sdm larutan maizena (1 sdm tepung maizena dengan 50 ml air)

CARA MEMASAK:
Tumis bawang putih mpe harum. Masukkan dagingnya, masak mpe daging berubah warna. Masukkan kacang panjang, tumis sebentar. Beri sedikit air, masukkan bahan yang lain kecuali larutan maizena. Jangan lupa incip-incip. Kalo rasa sudah pas dan semuanya matang, beri larutan maizena, aduk mpe mengental. Matikan api kompor. Siap disajikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar