Rabu, 27 Januari 2016

CILOK SEMI PEMPEK ALA JTT


Hai semuaa..

Assalamualaikum Wr Wb

Sudah mulai bereksperimen masakan. Saat ini sih yang simple-simple dulu. Belom berani bikin kue-kue, coz belom ada kukusan dan atau oven. Sekarang mah jajanan tradisional ajah. Bahan lebih murah. Bikinnya juga gak butuh alat macem-macem.

Dibalik cilok ini, ada beberapa cerita yang malah bikin ilfill dengan cilok. Setiap kali denger cilok, baca tulisan cilok, liat bentuknya cilok selalu teringat dengan kisah salah satu temenku yang bikin aku lumayan jengkel. Jadinya, kalo liat cilok pengennya gue makan aja. Ancur ancur ancuurr... makannya sambil jengkel, terus tersedak, dyarr we dyaarr.... (ngopo lah aku iki?)

Pertama kalinya bikin cilok, langsung sukses cuiin. Alhamdulillah. Yang bikin kurang sreg adalah bumbu sambal pecelnya. Bdw itu pake bumbu pecel. Males bikin bumbu kacang ala cilok tuh. Sekalian ngabisisn stok bumbu pecel. Aku bikin bumbu pecelnya semi gagal. kacang gorengnya gosong, teruz beli kencur keliru jahe. tanaman kencur di belakang rumah belom bisa dipanen. Yowislah nguik-nguik tanaman kencurnya tuh. Dapetnya cuma sak umprit. Hikz hikz. Udah terlanjur goreng kacang, kalo gak jadi bikin pecel sayang kacangnya. Tapi setidakny masih bisa layak makan kug. Tetep yak gak mau rugi. hehehe


Resepnya seperti biasa, nyontek di blog langganan JTT. Setiap kali mengeksekusi resepnya, Alhamdulillah selalu enak dan gak pernah gagal. Misalkan ada kata gagalnya karena salahku, bukan resepnya. Kayak goreng kacang tanah gosong tuh. Kenapa ciloknya semi pempek? karena bahan-bahan pembuatan cilok ini diadaptasi dari bahan pempek tapi minus ikannya. Ciloknya lembut, enak. Entah gimana critanya, kog aku ngerasain ada rasa ikan geto di ciloknya. Padahal gak pake ikan hloh. Cilok bin ajaib.

Bagi yang mau nyoba cilok, bisa liat langsung di resepnya JTT. Bdw untuk air kaldunya, aku pake air biasa plus 1/2 sdt kaldu bubuk instan yang sapi. Selamat mencoba teman-teman...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar