Kamis, 10 April 2014

SUP ASAM DAGING


Hai Semuaaaa..,,

Assalamualaikum Wr. Wb

Awalnya sih bikin tongseng, ternyata produk gagal, akhirnya ku plesetin jadi sup asam daging deh. Hehehehehe.
Ceritanya begini, aku penggemar tongseng. Di sini aku cuma menemukan satu penjual tongseng, itupun rasane nggatheli. Malah rasane kayak gulai manis #tapok jidat. Dulu pernah sekali bikin tongseng, nyontek resep di google, gak tau deh blognya siapa. Tapiiii... produk gagal total. Rasanya beda jaoh ma tongseng yang ada di Solo. Naaahhh... karena aku masih kepengen tongseng, so gak mau putus asa mencoba. Bermodal HP dan tanya resep ke Cheff Mustofa. Bukan Cheff beneran sih, cuma dia pinter masak ajjah, hehehehe. Finally, reseppun sudah kudapat. Setelah praktek, eng ing eeeeenngg.... Lha kug masih produk gagal. Ini akunya yang gak pinter masak atau aku salah denger suara cheff pas nyebutin bahannya. Karena hasilnya produk gagal, so ku bikin aja sup asam daging. Soale kalo dibiarkan pake resepnya si cheff abal-abal, rasanya aneh. Hahahahaha.
Tapi jangan khawatir, sup asam ini RECOMENDED. Wenake puoooolll. Meskipun tongseng gagal, hati sudah terhibur karena menciptakan sup asem sing wenak. Legaaaa. Alhamdulillah bisa menyajikan makanan enak untuk Lelaki Surgaku. #kegirangan.
Resepnya sih aku bikin kayak asem asem semarangan. Rasanya pun hampir sama, sama-sama rasa asam manis. cuma ada beberapa bahan yang aku skip dan sudah terlanjur masuk. Apa adanya pokoe.
yang mau nyoba monggo monggo... Ji Ro Lu Goooooo.... Selamat Mencoba.. ;)


SUP ASAM DAGING

BAHAN:
 - 300 gram daging sapi, iris tipis kayak sukiyaki
 - 1/2 bonggol kubis, potong seperti bikin sop
 - 1 batang daun bawang, iris kasar
 - 2 buah tomat merah ukuran sedang, potong dadu
 - 2 buah wortel ukuran sedang, potong korek api
 - 5 siung bawang merah, iris tipis
 - 3 siung bawang putih, cicang kasar
 - 3 buah cabe merah kriting, potong serong
 - 10 buah cabe rawit, potong serong atau biarkan utuh
 - 1 batang serai, geprek
 - 2 lembar daun salam
 - 1 ruas jari lengkuas, geprek
 - 100 gram asam jawa, larutkan dengan 1 gelas kecil air panas, kemudian peras2
 - 850 m air
 - kecap manis secukupnya
 - 2 sdm kecap inggris
 - garam dan gula pasir secukupnya (rasanya asam manis)

CARA MEMBUAT:
Tumis bawang putih, bawang merah, cabe, serai, daun salam, dan lengkuas mpe wangi. Masukkan daun bawang dan daging. Masak mpe daging berubah warna. Masukkan air, dan bahan yang lain kecuali tomat, dan bahan sayur. Masak mpe air mendidih. Masukkan bahan sayur, masak mpe sayur matang. Terakhir bumbui dengan garam, dan gula pasir, jangan lupa incip-incip. Kalo rasa sudah pas, masukkan tomat. Aduk sebentar. Matikan api kompor. Sajikan hangat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar