Senin, 14 April 2014

TAHU TELUR SAMBAL KACANG


Hai Semuaaaa....

Assalamualaikum Wr. Wb

Lagi pengen-pengennya masakan njowo. Sudah bosen dengan masakan neko-neko. Bagiku masakan paling wenak yo masakan jowo #yaiyalah..wong jowo ug. Sebenere sih pengennya bikin pecel. Cuma masalahnya baru aja kemaren bikinnya. Masa mau bikin lagi dua hari berturut-turut. Kasian si Lelaki Surgaku donk. Dari pada "kug pecel lagi dek". Mending cari inofasi yang baru. Tetep dengan sambal kacangnya. So jadilah tahu telor ini. Lelaki Surgaku sempet curiga "pecel lagi ya". Langsung ku tangkis dengan jawaban "ini tahu telur mas". Untungnya sih, bumbu sambal kacangnya ku bikin sedikit berbeda dengan sambal kacangnya si pecel. Jadi amaaaannnn. Untuk rasa sih menurutku masih enakan pecal. Tapiiii... masakanku kan enak-enak semuaaaa... #kepedean.
 
Untuk sayurnya aku pengen yang simpel-simpel aja. Si toge yang menjadi pilihan. Tinggal dicuci bersih, rendam deh di air panas. Tapi sudah menjadi kebiasaan tahu telor gathokane (jodohnya) ya si toge.


 Mari uplak uplik di dapur... Selamat Mencobaaa....

 TAHU TELUR SAMBAL KACANG

 BAHAN:
 - tahu putih secukupnya (aku pake 4 kotak), potong dadu kecil-kecil
 - 3 butir telor
 - 100 gram toge, cuci bersih, rendam air panas sebentar. Tiriskan
 - kecap manis, garam, gula pasir, dan merica bubuk disesuaikan dengan selera
 - 1 batang daun bawang, cicang kasar
 - bawang merah goreng untuk taburan (aku gak pake)


BUMBU HALUSKAN:
 - 50 gram kacang tanah, goreng, haluskan (aku halus kasar)
 - 50 gram gula merah, sisir
 - 2 siung bawang putih, tumis sebentar
 - 10 cabai rawit, tumis sebentar
 - 1 bungkus terasi abc, bakar
 - air panas secukupnya

CARA MEMBUAT:
Tahu Telor: campur telor, garam, lada bubuk, gula pasir sedikit. Kocok rata. Masukkan potongan dadu. Aduk pelan-pelan. Panaskan wajan, dadar telor tahu. Masak mpe matang di kedua sisinya. Tiriskan.



Sambal Kacang: Campur semua bahan bumbu halus. Bumbui dengan garam, gula pasir, dan kecap manis sesuai selera. Jangan lupa incip-incip. Aduk rata.

 Cara penyajian: Siapkan piring, letakkan telur, dan toge. Kemudian siram dengan sambal kaangnya. taburi dengan daun bawang dan bawang merah goreng. Bisa disajikan dengan nasi hangat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar