Senin, 07 April 2014

TERONG PANGGANG BUMBU KECAP


Hai Semuaaa...

Assalamualaikum Wr. Wb

Bosan dengan terong yang dibikin itu ituuuu mulu. Cobain deh menu terong ungu panggang. Hmmmmm... Nagih benerrr. inspirasinya sih nemu di gramed. Jaman aku masih gadis, kalo lagi bosen di rumah dan gak ada kawan yang di ajak nongkrong. Mentok-mentoknya nongkrong bersama buku di Gramed. Aku bukan tipe wanita yang doyan baca buku. Buku pelajaran sekolah aja hampir gak pernah ku baca, apalagi novel. misal baca buku pelajaran ya kalo mau ujian doank #bikin contekan :D. Tapi aku lebih suka buku yang sesuai dengan keseharianku, misalnya buku memasak, buku berbisnis, buku tentang investasi, dll. Lebih seringnya sih buku memasak alias buku resep. Sering juga HPku mati gara-gara sering motretin isi buku resepnya, hehehehe. Yaaaa harap maklum, aku masih anak kuliahan so duitnya di eman-eman. Lebih baik duitnya buat fotokopi contekan #dont try this at home and anywhere.
 
Waktu itu, gak sengaja ada buku (lupa judulnya) yang pasti resep berbahan dasar terong. Salah satu resepnya adalah terong panggang. Tapi aku lupa banget bahannya apa aja, dsb. Waktu itu aku gak bgitu tertarik dengan terong, dan gak begitu doyan terong kecuali terong krispi. Tetapiiii... setelah menikah malah doyan (lebih tepatnya terpaksa). Tetangga depen rumahku punya pohon terong, dan setiap hari berbuah. Ngliat terong ungu yang cantik-cantik, bikin gemez untuk dipetik. Dan akhirnya mau gak mau harus dimasak duooonnkk. mulailah bereksperimen masakan serba terong. Salah satunya terong panggang ini. Bahannya simpel banggeth. Seingetku di buku resep, terongnya di oven. Berhubung aku gak ada oven, wajanpun jadi. Seperti biasa SEADANYA. Yang penting jadi dan bisa dimakan. Ahihihihi...
 
Yuk mariiiiiii.., Selamat Mencoba..,, =)


TERONG UNGU PANGGANG BUMBU KECAP

BAHAN:
 - 4 buah terong ungu, potong melingkar atau kalo mau cepet potong jadi 2 memanjang
 - kecap manis sesuai selera (lupa nakar)
 - kecap asin sesuai selera (lupa nakar juga)
 - 1 sdt lada bubuk
 - garam, gula pasir secukupnya (rasa pedas manis)

BAHAN TUMBUK KASAR atau iris biasa (bisa disesuaikan):
 - 5 siung bawang merah
 - 5 buah cabai merah
 - 10 buah cabai rawit atau sesuai selera

 CARA MEMBUAT:
 Panggang terong di wajan atau teflon tanpa minyak goreng, dengan api kecil ke sedang. Jangan lupa untuk dibolak balik. Kalo udah berubah warna, tiriskan. Kalo manggangnya pake oven, siapkan loyang, tata terong dalam loyang. masukkan ke dalam oven (mungkin dengan suhu 180 derajat Celcius). Panggang mpe kira-kira udah lunak.


 Tumis bawang merah dan cabai mpe harum. Masukkan sisa bahan lain kecuali terong panggang. jangan lupa untuk incip-incip (rasanya pedas manis). Masukkan terong ungu panggang. Aduk sebentar. Matikan api kompor. Lanjutkan mengaduk aduk mpe rata. Sajikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar