Jumat, 27 November 2015

SAYAP AYAM BERBUMBU ALA JTT


Hai semuaa….

Assalamualaikum Wr Wb

Ada sedikit cerita, salah satu tetanggaku unik banget. Kalo emak-emak yang lain kan kalo anaknya maen kejaohan dipanggil-pangil yar maennya masih dalam pengawasan emaknya. Lha kalo tetanggaku satu ini beda, anaknya malah disuruh lari kesono. Padahal anaknya maennya di situ-situ aje. Seharusnya enak donk emaknya, anaknya anteng, mata emaknya bisa ngawasin anaknya secara langsung gak pake ngikutin anaknya lari sono sini. Lha kug malah diusir, disuruh maen sono. Emaknya ada kekhawatiran sendiri. Karena anaknya memang berbeda dengan anak-anak sebayanya. Umurnya 3 tahun, tapi badannya bongsor. Sama yang umur 5 tahun aja kalah. Badannya gendut. Kalo lari nggeliin deh, ginul ginul ginul :D. Temen sebayanya keciiill. Wong yang 5 tahun aja kalah apalagi yang sebayanya. Mamaknya ada kekhawatiran kalo anaknya nanti gedenya bakal jadi gendut kayak sumo geto, yang (maaf) teteknya ngglembreh-ngglembreh, padahal dia anak cowok.

Emaknya setiap hari nyuruh anaknya lari yar kurusan. Malah nih, di suruh diet loh. Aku ngliatinnya kasihan. Kalo ada bubur ayam lewat, ato cilok lewat, ato bakso lewat, temen-temennya pada beli. Dia sampe nangis kejer-kejer bakal gak digubris sama emaknya. Makannya aja udah nasi merah. Bahkan pernah dengan sengaja emaknya nyampur nasi anakny jamu yang pait, biar anaknya gak doyan makan. Pokoknya bener-bener diet. Bayangin aja, 3 tahun udah disuruh diet.

Sempet emaknya menyalahkan diri sendiri, karena dulu mpasinya dia pake kaldu ayam yang sayap tuh. Apa gara-gara sayap ayam itu hormonnya masuk ke anaknya?. Dan setiap kali bikin mpasi, setidaknya ada minimal 7 bahan, bayam merah, bayam hijau, kangkung, ikan, nasi, dll. Gilaaa… rajin bener yak emaknya…..

Jujur aku radak ngeri dengan ayam. Ya karena alasan itu, suntik hormonnya tu loh. Lelaki surgaku doyan banget perlemakan kayak  ceker ayam, leher ayam, sayap ayam. Padahal bagian itu yang katanya area suntik hormon. Jadi aku batasin dalam mengkonsumsi begeto-begetoan. Maksimal 2 minggu sekali aku kasih hari special untuk perlemakan ayam (biasanya sayap ayam. Aku kurang begeto doyan ceker dan leher), itupun sengaja aku stok setengah kilo doank, kira-kira 7 buah sayap ayam. Cukup lah untuk berdua dalam sehari.

Bumbunya kurang banyak, bumbu sesuai resep, tapi sayap ayamnya setengah kilo, alhasil kurang maksimal

Kalo mengolah sayap ayam, sengaja bagian ujung sayap ku buang. Katanya sih tempat suntiknya di situ. Gak tau juga sih HOAX kagak. Yang penting udah waspada, hihihi. Terus sayapnya ku potong jadi 2, biar gampang gorengnya. Yang kayak di Pizza Hut tu naaa. Pengennya sih rasanya juga sama yang di situ :D.

Resep ku adaptasi dari blog langgananku, Mbak Endang JTT. Selamat mencoba teman…


Sayap Ayam Berbumbu (Tasty Chicken Wings)
Resep by JTT

Bahan:
- 300 gram sayap ayam, saya hanya menggunakan bagian atasnya saja.
- minyak untuk menggoreng

Bumbu:
- 1/2 sendok teh soy sauce (kecap asin), saya menggunakan merk Kikoman
- 1/2 sendok teh minyak wijen
- 1/2 sendok teh bubuk bawang putih
- 1/2 sendok teh saus tiram
- 1/4 sendok teh merica bubuk
- 1/4 sendok teh jahe parut
- 1/2 sendok teh garam
- 1/2 sendok teh gula pasir
- 1 1/2 sendok makan madu
- 1/4 sendok teh kaldu bubuk (optional)
- 1/4 sendok teh cabai bubuk (optional)

Cara membuat:
Dalam mangkuk ukuran sedang, campur sayap ayam dengan bumbu. Aduk dan remas-remas hingga bumbu meresap. Masukkan ke kulkas selama minimal 2 jam. Setelah 2 jam sayap ayam akan mengeluarkan air.

Siapkan wajan atau pan anti lengket, tuangkan sayap ayam beserta air rendamannya dan masak dengan api kecil sambil diaduk-aduk. Paling mudah dengan menggoyang-goyangkan gagang pan agar sayap berjumpalitan, masak hingga air menyusut dan ayam berubah warna menjadi kecoklatan. Balik-balik ayam supaya tidak gosong. Angkat.

Untuk pengolahan selanjutnya, anda bisa memanggangnya dioven dengan membungkusnya menggunakan alumunium foil atau menggorengnya dengan api kecil hingga kecoklatan dan matang. Saya menggorengnya sebentar hingga sayap kecoklatan. Jangan menggunakan api besar saat menggoreng, karena bumbunya mengandung madu maka sayap mudah sekali gosong. Angkat sayap dan tiriskan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar