Senin, 05 Januari 2015

MACARONI SCHOTEL YANG NGEJU BINGIT



Hai semuaaaa....

Assalamualaikum. Wr. Wb

Kembali seperti semula. Hari senin, dimulai dengan melihat kalender. Ternyata tanggal merahnya cuma hari minggu doank. Hmmmmm.... Tidak ada yang ditunggu-tunggu lagi nih. Kuciwa... Aaarrgghh....






Ceritanya menghabiskan vla keju sisa amris kemaren. Sayang banget kalo di buang. Kejunya tu loh yang mahil, eman-eman. Rencana mau dibikin risol roti tawar. Tiba-tiba cling, kebayang makaroni skotel. Langsung dengan sigap ambil HP, pencet google, tulis "resep makaroni skotel". Baca resep sono sini, hmmmm... Gampang. Langsung eksekusi di dapur. Rencana mau versi kukus. Tapi kug males yak liat dandang segede itu. Doublepan yang kulirik. Meskipun sama-sa ribet nyucinya, tapi si doublepanlah yang lebih kecil :D. Beberapa hari yang lalu aku pernah bilang (di salah satu postinganku), aku ada hipotesa baru supaya meminimalisasi gosong. Dan tralaaaa..... Lumayan berhasil. Meskipun masih ada bagian yang gosong. Tapi sedikit kug, amanlaaaah. #cengir bahagia :D. Dan rasanya ngejuuuu banget. Tapiii... Ada kesalahan. Aku lupa ngasih jocokan telor. Jadi teksturnya kurang nempel geto. Dan rasanyapun kurang gimana geto. Tapi tetep lembut dan enyak enyak enyak. Sampe-sampe mas Lelaki surga request bawa sarapan makaroni skotel ke kantor buat besok. Apa boleh buat, disisain buat besok dan ditaroh kulkas. Besoknya pas ma Lelaki Surga mau ngantor, makaroninya ku angetin dulu di magicjar. Sengaja ku bawain agak banyak, yar bisa bagi-bagi ma temen-temennya. Eeeee.... Pas pulang maksi, masih ada sisa. Lumayan banyak deh. Tak kira udah basi. Ternyata "makaroninya dah gak anget dek, jadinya eneg. Makanya sisa". Emang salahku sih. Pas aku keluarin dari magicjar, yang anget cuma tupynya. Makaroninya belum anget total. Hihihihi. Maapkan istrimu ini sayank :D.

Langsung ke resep aja yak. Selamat mencobaaaa..... Ji ro luuuuu.....


MACARONI SCHOTEL
(Resep by modifikasi sendiri)

BAHAN MAKARONI:
 - 200 gram makaroni yang bolong itu tuh (gak tau jenisnya :D). Rebus dengan air secukupnya dan garam, mpe matang.
 - 250 gram daging ayam giling
 - 1 buah bawang bombay, cincang kasar
 - 4 siung bawang putih, cincang halus
 - 1/4 buah pala, haluskan
 - garam secukupnya (lupa nakar)
 - kaldu bubuk secukupnya jika suka (lupa nakar juga)
 - lada bubuk kira-kira 1/2 sdt (lupa nakar)
 - 1/2 sdt oregano
 - 3 butir telur, kocok lepas

BAHAN VLA KEJU (Resep by JTT):
 - 40 gram mentega
 - 75 gram keju cheddar parut (resep asli menggunakan cheese spread), aku pake cream cheese
 - 50 gram tepung terigu
 - 350 ml susu cair
 - 1/2 sdt garam
 - 1/2 sdt merica bubuk
 - 1/2 sendok teh kaldu bubuk, jika suka

PELENGKAP:
 - sedikit sisa vla keju
 - keju cheddar parus secukupnya

CARA MEMBUAT:
Tumis bawang bombay dan bawang putih mpe harum. Masukkan daging giling. Masak mpe daging berubah warna. Bumbui dengan garam, kaldu bubuk jika suka, lada bubuk, dan oregano. Jangan lupa di incip-incip yak. Sisihkan.

Membuat vla keju: 
Siapkan panci kecil anti lengket, panaskan mentega hingga meleleh menggunakan api kecil saja, tambahkan keju parut dan tumis sebentar hingga keju tercampur baik dengan mentega. 
Masukkan tepung terigu, aduk rata. Tambahkan 1/2 porsi susu cair dan aduk cepat hingga menjadi adonan yang smooth dan tidak menggumpal. Masukkan kembali sisa susu, merica, garam dan kaldu bubuk. Aduk cepat dan masak dengan api kecil hingga menjadi adonan yang kental. Angkat. 
Membuat vla ini memang sedikit sulit karena seringkali vla menggumpal dan berbutir, memasukkan porsi susu secara bertahap akan mengurangi gumpalan yang terbentuk. Jika masih ada gumpalan, saring menggunakan saringan kawat sehingga benar-benar dihasilkan vla keju yang smooth.

Cara penyajian:
Siapkan doublepan, olesi dengan mentega di kedua sisi, supaya gak lengket. Dalam mangkuk campur makaroni dengan tumisan ayam dan telur kocok. Aduk rata. Masukkan sebagian vla vanila. Aduk rata. Masukkan ke double pan, tata mpe rata. Olesi bagian atasnya dengan sisa vla keju dan keju parut. Panggang di atas api keciiiilll banget. Harus sering di geser-geser supaya matang merata dan gak gosong. Kurleb 10 menit. Tutup double pan, balikkan. Masak kurleb 5 menit. Balikkan lagi. Dan buka. Matikan api kompor. Sajikan bersama saos sambal, mayonaise, dan saos tomat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar