Minggu, 24 April 2016

PEPES IKAN TENGGIRI FILLET bungkus daun kunyit


Hai Semuaaaa....

Assalamualaikum Wr Wb

Tumben nih aku kerajinan bikin begini-beginian. Ceritanya tuh liat taman belakang rumah yang udah berubah jadi hutan belantar. Rumput liar tinggi-tinggi, pohon kunyit, jahe, lengkuas, sereh, temu kunci, kencur, dan pohon kemangi saling bertabrakan. Sampe-sampe ada pohon kemangi kecil yang numbuhnya miring-miring nyari sinar matahari karena ketutupan para seniornya. Aku bukan tipe manusia yang suka berkebun. Mau nanam doank, tapi males ngerawatnya. Bisa tumbuh aja syukur alhamdulillah, nyiram aja jarang. Rumput jepang yang di taman depen rumah aja sampe mati kekeringan. Jahat yak aku?. Misal sempet nyiram, kalo pagi doank. Itupun karena ngiri ngliat taman tetangga lebih hijau. hehehe.

Ngliat daun kunyit yang gede-gede, jadi kepikiran bikin pepes. Gak ada daun pisang, daun kunyitpun jadi. Rempong juga sih bungkus pake daun kunyit. Secara daun kunyit gak selebar daun pisang. Harus minimal pake 2 lembar daun kunyit. Itupun rempong juga mengikatnya. Kalo daun pisang kan tinggal di cucuk pake lidi beres. Daun kucit kalo dicucuk pake lidi susah dan kemungkinan besar isinya tumpah. Ato akunya yang gak pinter lipat melipat?. Akhirnya k tali pake benang (benang jahit itu tuh). Namanya benang jahit, tipiiis, pas ngikat gak terlalu kencang. Tapi setidaknya bisa mengikat lah, dan isinya gak tumpah. Alhamdulillah.

abaikan ukuran yang gak sama.

Ternyata, meskipun cuma pake daun kunyit, pas dikukus atau dibakar harum juga loh. Gak kalah lah ma yang daun pisang. Bdw aku ngukusnya pake happycall doublepan (untung muat). Aku gak ada kukusan. Untung aku punya tatakan yang untuk wajan panci tu loh. Jadi aku gunakan itu untuk pembatas antara air dan pepesnya. Persis kayak gambar di bawah ini nih.

gambar diambil dari tokopedia.com

Setelah dikukus, dipanggang pake happycall juga. Yar ngirit cucian, hehehehe. Pas dipanggang,harumnya nyegrok-nyegrok hloh. Khususnya harum daun kunyitnya. Bikin gak sabar menyantap. Bdw berhubung daun kunyit yang lebar2 stoknya terbatas, sedangkan adonan pepesnya masih ada sisa yang belom dibungkus. Akhirnya aku panggang dengan cara ala Mbak Endang Pepes Ikan Nila dalam satu pot. Ternyata enak juga loh dengan cara mbak Endang itu. Jadi next time kalo pengen bikin pepes dan gak mau pake repot bisa dicontek tuh caranya beliau. Thanks mbak Endang.




Untuk resep pepes, aku menjaplak resep pepesnya Mbak Hesti. Endessssss.... tapi dari resep aku tambahin kelapa parut muda. Jadi semi botok geto. Aku suka pepes yang banyak bumbu. Kebetulan ada kelapa sisa kemaren bikin klepon. Critanya bikin kleponnya produk gagal. Coz gula merahnya gagal muncrat, dan taburan kelapanya kebanyakan dikasih garam, keasinan booooook.

Kali ini aku puas bikin pepesnya. Menteeeeeppph. Gak usah masak sayur, cuma modal nasi hangat ma pepes doank syedepnya bikin gak ngeh kalo mertua lewat. Hihihi. Selamat memasak mantemaaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar