Jumat, 22 April 2016

WINGKO BABAT LEMBUT


Hai semuaaa..

Assalamualaikum Wr Wb

Kalo lagi puasa, apa-apa dipengenin. Liat ini pengen, liat itu pengen, semuanya pengen. Malahan udah bikin menu untuk beberapa hari kedepan, gulailah, asam padeh lah, tongseng lah, pokoe yang berkuah-kuah dan bersantan. Eeeee.. sekarang, pas gak lagi puasa, yang rencana mau bikin gulai ikan tongkol, malah gak jadi. Karena gak jadi pengen. Puasa memang selalu banyak godaan. Gak heran kalo puasa enaknya tuh tidur mulu, bangun tidur tiba-tiba udah maghrib, hihihihi.

Wingko babat ku bikin kamis kemaren. Bikin wingko udah aku rencanain hari Rabonya. So hari malam kamis aku pesen kelapa parut ke abang sayur. Namanya nitip abang sayur, hasil parutane geto tau ndiri lah, kecil-kecil geto kan. Gak bisa sesuai yang kita harapin. Bikin wingko babat dibutuhkan kelapa agak tua yang diparut memanjang. Aku gak ada parutan, dan misalkan punyapun malez marut, hehehe. Maklum lah anak jaman sekarang gak mau yang susah-susah (ceileeee.. anak jaman sekarang?).

Wingko babat ini salah satu makanan khas Semarang. Ini salah satu makanan favoritku. Syuka syekali dengan Wingko Babat. Sekarang Wingko ada berbagai rasa, nangka, durian, coklat, stroberi, dll. Dan diantara sekian banyak rasa, tetep yang paling aku syuka adalah rasa original.

Pertama aku gak tau kalo Wingkopun bisa dibikin sendiri di rumah. Kupikir bahannya ribet bzanget, ternyata gampaaang, cepet pulak. Kemaren aja aku bikin gak ada 30 menit udah jadi. Pas proses bikinnya, gak sengaja aku numpahin santan di adonannya. Niatnya sih mau nakar, lha kug malah nyemplung semua. Untung saat itu santannya tinggal separo bungkus (sebungkusnya 70ml klo gak salah). Jadi adonanya masih kental. Amanlaaah.

Aku nemu resepnya dari FB. Tau ndiri kan, sekarang FB banyak yang ngesahare resep masakan. Entah ngeshare doank ato bener-bener dipraktekin. Pas ku lihat-lihat, salah satu resepnya adalah Wingko Babat. Langsung tertarik, karena cemilan favoriteku kan. Baca resepnya kog simple banget yak. Langsung SMS abang sayur, besok bawain kelapa parut. Hari kamis sore langsung eksekusi.. pas dipanggang wangiiiii. Sumpah rasanya pengen tak emplok. Untung aku bikinnya menjelang maghrib, gak berapa lama azan maghrib, berbukan dengan wingko babat dulu. Rasanya passssss, manisnya pas, gurihnya juga pas. Cuma santannya kebanyakan. So menghasilkan wingko yang dalamnya lembut pas digigit. Aku sebenere lebih suka wingko yang teksturnya agak keras. Tapi untungnya Lelaki Surga suka. Dia bilang enak banget, dikiranya wingkonya beli. Aku bilang bikinan sendiri sempet gak percaya.

Meskipun aku agak kecewa dengan teksturnya yang lembut, tapi bahagia binggo pas Lelaki surga bilang "enak banget"..


WINGKO BABAT LEMBUT

BAHAN:
 - 6 sdm tepung ketan
 - 10 sdm kelapa parut. Sekitar seperempat kelapa ukuran sedang.
 - 2 sdm santan kental. Kurangi jika ingin wingko yang agak keras, ato bisa di skip, karena kelapa parutnya mengandung air juga.
 - 4 sdm gula pasir
 - 1/4 sdt garam
 - 1/4 sdt vanili bubuk
 - pasta makanan jika ingin wingko berbagai rasa.

CARA MEMBUAT:


Campur semua bahan (kecuali pasta pewarna makanan), aduk mpe rata. Diamkan kurleb 15 menit, supaya gulanya larut. Kalo mau dikasih pewarna, beri pewarna sesukanya. Setelah itu panaskan teflon, tanpa minyak yak. Bentuk adonan wingko bulat pipih. Jangan terlalu tebal,supaya matang merata. Masak di atas teflon dengan api keciiiiil. Tunggu sampe bagian bawah matang, balik wingkonya. Tunggu mpe matang. Lakukan sampe semua adonan wingko habis.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar