Senin, 16 Maret 2015

CUMI ASIN CABE IJO



Hai semuaaaa....

Assalamualaikum. Wr. Wb

5 hari kemaren disibukkan dengan  (maksa) liburan di Padang. Aslinya nih, Lelaki surga yang ada dinas ke Padang. Teteeeepp, istrinya minta ngikut. Sebenere sih gak boleh ikut. Akunya yang maksa, hehehe.

Menu ini udah aku bikin seminggu yang lalu. Penasaran bingit ma cumi asin. Banyak yang bilang enak. Pas ke pasar, kug gak sengaja liat cumi asin. Langsung beli deh. Beli 100gr tak kira dapet banyak, ternyata kug sedikit. Akhire beli seperempat. Pas di masak, jebulnya cuma kepake separo doank. Seharusnya beli 100gram cukup. Soalnya aku kolaborasi dengan tempe goreng.



Kalo menurutku yak, namanya ikan asin, paling yo geto-geto rasanya. Kayake ug sama aje. Kalo aku sih doyan-doyan aje. Tergantung dimasak gimana. Tapi kalo Lelaki surgaku sepertinya gak begeto demen. Biasanya kalo aku bikin masakan persambalan (cabe ijo, balado, dan sejenisnya) Lelaki surga bisa nambah makannya dan kliatan lahap. Kali ini kug biasa aja geto. Kurang greget. Meskipun geto, teteeeep ludes kug. Aku yang ludesin. :D

Langsung ke resep yak. Ji ro lu gooooo.... Selamat mencobaaa.....


CUMI ASIN TERONG CABE IJO

BAHAN:
 - 100 gram cumi asin, rendam air panas, cuci bersih, potong jadi 3 bagian, jangan lupa buang tulang punggungnya, goreng mpe matang.
 - 1 papan tempe, potong dadu goreng kering.
- 5 buah terong bula hijau, belah menjadi 4 bagian. Goreng setengah matang.
 - 1 buah jeruk nipis, peras airnya
 - 2 lembar daun jeruk
 - 1 lembar daun salam
 - 1/2 sdt merica bubuk
 - 1/2 sdt gula pasir
 - garam, secukupnya. Hati-hati karena cuminya udah asin.

BAHAN HALUSKAN KASAR :
 - 10 buah cabe hijau
 - 5 buah cabe rawit hijau
 - 6 siung bawang merah
 - 3 siung bawang putih
 - 1 buah tomat hijau sedang

CARA MEMBUAT:
Tumis bahan yang telah dihaluskan kasar, daun jeruk, dan daun salam mpe harum. Masukkan bahan lainnya aduk rata. Jangan lupa incip-incip. Kalo rasa sudah pas, sajikan dengan nasi hangat. MANTAAAAPPPH.. :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar