Senin, 16 Maret 2015

RISOLES ROTI TAWAR GORENG



Hai semuaaa...

Assalamualaikun. Wr. Wb

Gara-gara kemaren di sodorin BuCha roti tawar, hmmmm... Kug enak. Ya iyalaaah enak, wong dah berapa tahun gak makan roti tawar. Ibuku selalu stok roti tawar setiap hari. Karena anak-anaknya yang doyan ngemil. Bukan karena untuk sarapan lhoh yak, hehehe. Setelah aku merid, sudah agak melupakan roti tawar. Soale, setiap kali stok, yang ngabisin aku. Lelaki surgaku malah gak begeto doyan, kecuali kalo lagi kelaperan, dan aku pas gak masak. Mau gak mau aku yang ngabisin, daripada mubazir (kadaluwarsa). :D

Gara-gara buCha kemaren jadi kepengen roti tawar. Akhire beli deh, kebetulan pas belanja bulanan. Sengaja beli sebungkus ajjah. Takut mblenger gak kemakan. Pas nyampe rumah baru nyadar, si tanggal kadaluarsanya tadi gak aku cek. Waaaa... Ternyata tinggal 2 hari lagi kadaluarsanya. Waduuuuhhh.... Muter otak nih, yar cepet habis. Teringat dulu pernah baca resep roti tawar goreng. Boleh nih di coba. Sengaja bikin yang simple-simple ajjah. Yar nanti kalo ternyata gak enak, gak nyesel bikinnya, hihihi.

Gorengan pertama. Dari penampilannya sih, notbad laaaahhh... Kayak risoles jadinya. Pas aku coba... Wadaw... Enyak enyak enyaaaak. Lelaki surgaku masuk ke dapur, penasaran kali dia. Soale tumben banget aku subuh-subuh ug udah uplak uplik dapur. Lelaki surga juga minta ngincip. Katanya "enak dek, Good Joooob". Nahloh... Kalo Lelaki surgaku udah bilang GOOD JOB, artinya bener-bener enak. Tiba-tiba pake embel-embel "bawa ke kantor dek". Walah... Ngalamat iki... Aku gak kebagian. Cuma dapet ngincip doank. Sisanya dibawa Lelaki Surga ke kantor. Tapi aku seneeeeng. Bisa bikin Lelaki Surga puas tuh rasanya Amajing (dibaca amazing).. :D.

Kalo bisa sih, lebih efisien beli roti tawar yang gak ada pinggiran coklatnya. Kalo aku malah suka pinggirannya. Soale gimana gitu rasane, agak pait-pait enyak, hehe. Kalo terpaksa beli yang ada pinggiran coklatnya bisa di potong aja. Bagi yang doyan, pinggirannya tinggal dicemil ma hot coklat. Ato bisa di cocol dengan selai. Sesuai selera yak. Kalo mau dibuang ya silahkan, tapi kug yo eman-eman. Jiwa emak-emaknya nongol :D.


Isiannya juga sesuai selera. Karena gak ada sosis, terpaksa pake bakso sapi homemade. Bikinnya juga gampang, kayak bikin bakso ikan tongkol yang pernah aku posting di sini. Langsung ke resep yak. Cekidoooott... Selamat mencobaa...


RISOLES ROTI TAWAR GORENG

BAHAN:
 - 5 lembar roti tawar, potong pinggiran coklatnya (kalo ada), pipihkan dengan penggiling.


 - 5 buah bakso, rebus dahulu, belah jadi 2 bagian atau sosis (potong sesuai selera yak).

BAHAN ISIAN (campur semua bahan, aduk rata):
 - 2 sdm saus tomat botolan
 - 1 sdm saus cabe botolan
 - 1 sdm mayonise
 - sejumput oregano
 - sejumput lada bubuk
 - sejumput garam atau kaldu bubuk instan
 - 2 sdm keju oles, atau keju cheddar parut (sesuai selera yak)

BAHAN PELAPIS:
 - 1 butir telur, kocok lepas
 - tepung panir secukupnya

CARA MEMBUAT:
Ambil selembar roti tawar yang sudah dipipihkan. Beri sedikit bahan isi, dan bakso atau sosis. Gulung seperti membuat risol pada umumnya. Butuh kehati-hatian yak, soale roti tawarnya agak kaku. Susah dibentuk. Olesi bagian ujung roti tawar dengan sedikit kocokan telur, supaya roti tawarnya mau menempel dengan bagian yang lain.

Celupkan gulungan roti tawar ke dalam kocokan telur. Angkat, pindahkan ke tepung panir. Goreng dalam minyak banyak dan panas. Lakukan mpe bahan roti tawarnya abis. Bisa di makan dengan saus sambal atau dengan cabe rawit. Yummmyyy....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar