Jumat, 06 Maret 2015

SUP IKAN ALA SINGAPORE


Hai semuaaa....

Assalamualaikum. Wr. Wb

Postingan pertama di bulan Maret. Gak berasa yak, eeeee udah masuk bulan ketiga. Bentar lagi lebaran, mudik mudik. Tapi duitnya kug gak ngumpul-ngumpul :D.

Ney menu udah aku bikin 4 hari yang lalu. Ya maap, kuota abis, minta dibeliin Lelaki surga malah kelupaan melulu dianya. Eeee malemnya ujan. Gak beli-beli deh. Hadehhh... Parahnya pulsa listriknya juga ikutan tat tut tat tut. Bentar lagi mati ney listrik. Siap-siap aja kegerahan. Begini nih kalo punya motor satu-satunya. Gak bisa cak cek cak cek. Hihihi.

Kembali ke menu yak. Inspirasinya sih dari Sup Singapore'nya mbak Endang. Hasil jadinya, segeeerrr. Paaaass bingit ujan turun. Lahap deh makannya. Tapi agak ribet sih. Kalo di mbak Endang pake daging fillet kakapnya doank. Versiku kali ini fillet nila beserta kepala dan durinya. Kan durinya masih nyelip dagingnya, lumayan buat di isep-isep. Ya maklum laaahh, emak-emak gak mau rugiiii. Duri aja dimasak. Padahal mentok-mentoke yo dibuang. Hehe.

Wokeeeee... Langsung keresep. Cekidooottt... Selamat mencoba yak... ;)



SUP IKAN ALA SINGAPORE
(resep by mbak ENDANG)

Bahan & bumbu kaldu:
- 1 sendok makan minyak untuk menumis
- 2 sendok makan teri
- 1 sendok makan ebi/udang kering
- 5 siung bawang putih, memarkan
- 2 ruas jari jahe, rajang tipis dan memarkan (bagi porsi jahe menjadi 2 bagian)
- 1/2 sendok makan garam
- 1 sendok teh gula pasir
- 2 sendok makan minyak wijen
- 2 sendok makan kecap asin 
- 800 ml air kaldu ayam atau ikan



Bahan sup:
- 500 gram fillet ikan kakap/tengiri/kerapu atau ikan berdaging putih lainnya. Iris tipis (aku juga memanfaatkan kepala ikan beserta durinya)
- 2 buah tomat merah, belah masing-masing menjadi 4 bagian
- 1 sendok makan bawang putih goreng 
- 1 batang daun bawang rajang kasar
- kacang panjang, gak ngitung seberapa (tambahan dari aku)

Pelengkap (optional):
- 1 batang daun bawang, iris serong tipis untuk taburan
- 1 batang daun seledri secukupnya, rajang halus
- daun selada bokor/lettuce, sobek kasar (aku gak pake)
- bawang merah goreng, secukupnya 
- 4 butir cabai rawit merah, iris melintang tipis
- kecap asin 
- minyak cabai (chilli oil), aku gak pake

Cara membuat:
Siapkan pan, panaskan minyak. Tumis bawang putih dan 1/2 porsi jahe hingga harum dan bawang berubah warna. Masukkan teri dan ebi, tumis hingga teri dan ebi menjadi harum dan kering. Menumis teri dan ebi berfungsi untuk membuat kuah tidak terlalu amis. 

Angkat dan buang jahe. Masukkan tumisan ke dalam blender. Tambahkan sekitar 200 ml air dari 800 ml air kaldu dan proses hingga halus.

Tuang hasil blenderan ke dalam panci, masukkan sisa air kaldu, sisa jahe segar, garam dan minyak wijen. Rebus dengan api kecil selama 30 menit. Saring air rebusan. Buang ampasnya dan tuangkan kembali air kaldu ke dalam panci, tambahkan air jika kuah berkurang selama proses perebusan.  

Tambahkan irisan ikan, tomat, bawang putih goreng dan daun bawang. Rebus sebentar hingga ikan matang. Cicipi rasanya, sesuaikan garam. Matikan api.

Note: merebus ikan tidak memerlukan waktu yang lama, berlebihan merebus akan menghilangkan cita rasa manis di dalamnya.

Siapkan mangkuk saji, masukkan  daun selada dan siram dengan kuah kaldu plus irisan ikan. Taburi dengan bawang merah goreng, daun seledri dan irisan daun bawang. Santap selagi panas dengan irisan cabai, kecap asin dan cipratan minyak cabai jika ada. Yummy!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar