Jumat, 06 Maret 2015

MASSAMAN CURRY, kari ala Thai, pedas cethar membahana badai



Hai semuaaaa...

Assalamualaikum. Wr. Wb

Waaaa... Langsung ngebut nih. Resep-resep menu kemaren baru sempet di posting hari ini. Sehari posting 3 resep sekaligus. Wuiliiihhh... Niat bingit yak. Hehehehe. Kejar tayang buuuugg.



Menu kali ini adalah Massaman Curry. Sebelumnya liat acara TV Champion yang di MNC TV tuh, pas temane kug tentang Kari. Udah luama bingit gak bikin Kari. Kuinget-inget, perasaan ada resep karinya mbak Endang yang belom sempet di eksekusi. Gimana mau eksekusi, wong baca resepnya aja puanjange segeto. Termasuk resep yang ribet. Too much bumbu rempahnya. Tapi, terbayar dengan hasilnya. Uwenake booooook. Tapi terlalu pedeeeesss. Ya iyalah, cabe merahnya aja sampe 15 buah. Aku pake cabe merah seger pula. Mungkin next time bisa dikurangin cabenya ;).

Langsung ke resep aja yak, wan tu tri gooooo.... Selamat mencoba,..


MASSAMAN CURRY
(Resep hasil nyontek di JTT)

Bahan:
- 500 gram ayam potong-potong sesuai selera + 1 sendok teh garam + 1/2 sendok teh kunyit bubuk + 1/2 sendok teh merica bubuk. Aduk jadi satu.
- minyak untuk menggoreng ayam
- 10 buah terung lalap yang berbentuk bulat, belah menjadi 2 bagian (aku pake terung hijau yang lonjong kecil)
- 15 batang buncis, potong sepanjang 3 cm
- 2 buah tomat merah, belah 4

Bumbu dihaluskan:
- 6 siung bawang putih
- 6 siung bawang merah
- 15 buah cabai merah kering, rendam air panas hingga empuk (bisa diganti dengan cabai merah keriting biasa), menurutku perbedaannya pada warna kuah. Kalo pake kering warnanya lebih merah menyala.
- 5 buah cabai rawit (skip jika tidak ingin pedas)
- 2 batang serai, ambil bagian putihnya saja
- 2 sendok makan ketumbar sangrai
- 1/2 sendok teh jintan sangrai
- 2 ruas jari lengkuas
- 1/2 sendok teh cengkeh bubuk atau 4 butir cengkeh (aku gak pake, karena aromanya terlalu strong)
- 2 ruas jari kunyit atau 1 sendok teh kunyit bubuk
- 1 sendok teh merica bubuk
- 1/2 sendok teh kayu manis bubuk

Bahan & bumbu lainnya:
- 1 buah bawang bombay, belah dua dan rajang tipis
- 5 siung bawang putih, cincang sehalus mungkin
- 2 buah cabai merah besar, rajang tipis
- 4 lembar daun jeruk, buang batang tengahnya dengan merobeknya
- 3 lembar daun salam
- 2 butir kapulaga
- 2 buah kembang lawang/pekak/star anise 
- 1 sendok makan gula Jawa, sisir halus
- 2 sendok makan kecap ikan (optional)   
- 4 sendok makan air asam Jawa yang kental (rendam 1 1/2 sendok makan asam dengan air panas hingga kental dan buang ampasnya)
- 300 ml air, tambahkan jika menginginkan kuah yang agak banyak 
- 1 1/2  sendok teh garam
- 80 ml santan kental instan + 200 ml air panas

Cara membuat:
Siapkan wajan/pan anti lengket. Beri sekitar 2 -3 sendok makan minyak. Panaskan minyak dan goreng terung hingga permukaannya kecoklatan dan layu. Angkat dan tiriskan. Sisihkan.

Masukkan ayam yang sudah dibumbui dengan garam, merica dan kunyit. Goreng ayam hingga satu sisi sedikit kecoklatan kemudian balikkan dan goreng sisi sebelahnya. Jangan menggoreng ayam hingga matang, kita hanya ingin membuat permukaan ayam sedikit kecoklatan dan mengeluarkan aroma yang harum. Angkat dan tiriskan. 

Menggunakan pan berisi minyak bekas menggoreng ayam, tumis bawang bombay hingga layu dan kecoklatan. Masukkan bawang putih dan irisan cabai merah, aduk sebentar dan tumis hingga bawang matang. 

Tambahkan daun jeruk, daun salam, kapulaga, kembang lawang, aduk dan tumis hingga daun bumbu layu. Masukkan bumbu halus. Tumis hingga matang. Jika minyak berkurang saat menumis tambahkan sedikit. Tumis bumbu hingga harum dan matang tandanya bumbu berubah warna menjadi lebih gelap. Masukkan air asam Jawa, kecap ikan, dan gula Jawa, aduk rata. 

Masukkan tomat dan buncis, aduk rata dengan bumbu dan tumis hingga tomat dan buncis layu. Masukkan ayam, aduk rata. Tuangkan air dan garam aduk hingga rata dan masak dengan api sangat kecil sambil panci ditutup hingga ayam matang, dan air menyusut menjadi setengahnya.

Note: memasak secara perlahan dengan api kecil akan membuat cita rasa masakan menjadi lebih kuat dan bumbu meresap hingga ke dalam serat ayam.

Masukkan santan yang telah diencerkan dengan air, dan terung. Aduk rata dan masak dengan api kecil hingga mendidih, santan matang dan berminyak serta terung menjadi lunak. Cicipi rasanya. Sesuaikan gula dan garam. Angkat dan sajikan dengan nasi panas. Super yummy!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar