Selasa, 08 Desember 2015

KOLAK KACANG HIJAU gak pake santan hloh


Hai semuaa...

Assalamualaikum Wr Wb

Setelah pindah di jakarta, entah kenapa obsesi-obsesiku untuk bereksperimen masakan tiba-tiba menghilang. Apa karena efek semua sudah tersedia, tinggal delivery, tinggal beli. Atau karena suatu hal yang lain (dibaca; pengiritan), hehehe. Masakan sehari-haripun ya itu-itu mulu. Yang simple, gampang, gak butuh banyak waktu. Padahal kalo dinalar nih, semua bahan tersesia, banyak supermarket besar, butuh apapun itu insyaallah pasti ada. Mau bahan masakan korea, ada. Mau bahan masakan Jepang, ada. Mau bahan masakan eropa, ada. Wisss pokoe tinggal masak. Bagi yang demen masak, melihat kelengkapan bahan masakan di kota Jakarta pasti pengennya eksperimen mulu.

Well... Apapun itu, setidaknya aku gak absen untuk meramaikan postinganku di blog, hihihi. Meskipun lagi gak demen eksperimen, yang penting dapur tetep ngebul, perutpun kenyang :D.

Ini adalah kacang ijo favoritku. Dengan bahan yang simple dan past tense (:D) bisa menghasilkan kacang ijo yang mantaaph. Udah lama banget gak bikin begene2an. Terakhir beberapa tahun yang lalu, karena ngebet ingin punya momongan (maklum penganten baru). Hampir setiap hari makan kacang ijo (promil). Awalnya sih semangat 45. Lama kelamaan mblengerrr, dan sumpeh bosen. Ngliat kacang ijo di warung udah eneg duluan. Setelah itu jadi agak ilfil dengan kacang ijo. Sampe saat ini, baru memberanikan diri untuk bikin kacang ijo. Kali ini bukan karena promil, melainkan demi lancarnya (maap) BAB. Hehehe.

Bagi yang kurang suka dengan santan, kacang ijo ini bisa jadi inspirasi untuk menikmati olahan kacang ijo. Selamat mencobaa...


KOLAK KACANG HIJAU
(Resep by modifikasi sendiri)

BAHAN:
 - 300 gram kacang ijo, cuci bersih, rendam dengan air bersih kurleb 2 jam. Jangan merendam semalaman, malah jadi kecambah, hihihi.
 - 1/4 sdt garam
 - 2 sendok centhong gula pasir (sesuaikan yak manisnya menurut selera)
 - 1 lembar daun pandan atau bisa diganti denga vanila
 - 2 ruas jahe, cuci bersih, bakar, kupas kulitnya, keprek atau bisa juga diblender halus dengan air kemudian saring/peras (ini bertujuan untuk menghasilkan kuah yang pedas).
 - 1 liter air

CARA MEMBUAT:
Campur kacang ijo dan air ke dalam panci. Rebus sampe kacang ijo merekah. Masukkan jahe dan bahan yang lain. Masak sampe mendidih. Jangan lupa incip-incip, sesuaikan rasanya menurut selera. Matikan api, sajikan selagi hangat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar