Selasa, 15 Desember 2015

SUP IGA SAPI


Hai semuaa...

Assalamualaikum Wr Wb

Iga sapi, ahay.. Finally I found you. Yess... Sekian lama keinginan untuk bikin sup iga sapi akhirnya terkabul hari ini. Semalam pas ke harmoni swalayan (tempat belanja favorit emak2 di pondok aren), gak sengaja nemu tulisan iga sapi. Cek tanggal packingnya, sipp.. Langsung ambil. Dan hari ini langsung eksekusi.

Sayangnya, aku bikinnya gak pake cinta. Malah pake jengkel. Masak sambil gedumel sendiri. Sebelum masak ada tragedi yang bikin jengkel. Hasil masakannya gimana? Mbuh lah... Karena pake jengkel, kurang maksimal. Sayurnya over cook, berasa makan kolak labu. Bumbunya sempet kurang sip. Setelah ditambah perasa ini itu, alhamdulillah sesuai yang diharapkan. Cuma yang di sayangkan ya itu, sayurnya over cook, kentangnya agak ancur coz aku gorengnya kurang berkulit. Eeerrghhh..... Ya beginilah kalo masak sambil uring-uringan. Jangan ditiru yak man-teman.

Untuk daging iganya, sengaja aku rebus dulu dengan api kecil. Selain untuk membuat kaldu, juga untuk mengempukkan dagingnya. Ku rebus dengan panci biasa (gak punya presto) dari jam 10 mpe 12. Alhamdulillah empuuuk. :)

Andai sayurnya gak overcook.. T.T

Yuk ke resep... Selamat mencoba man-teman..


SUP IGA SAPI ALA GP
(Resep by modifikasi sendiri)

BAHAN REBUSAN:
 - 500gr iga sapi, rebus dengan api besar sampe meletup-meletup (jangan terlalu lama). Buang airnya, cuci bersih iganya. Ini untuk membersihkan iga dari kotoran dan darah yang menempel di dagingnya.
 - 2 ruas jari kayu manis
 - 4 lembar daun jeruk
 - 2 buah kapulaga
 - 2 ruas jari telunjuk jahe, geprek
 - 1 siung bawang putih, keprek

BAHAN:
 - 2 buah wortel ukuran sedang, potong sesuai selera
 - 1 buah labu siam, potong dadu
 - 1 buah kentang ukuran besar, potong dadu, goreng mpe berkulit
 - 2 sdt garam
 - 1 sdt muncung kaldu bubuk
 - 1/2 sdt lada bubuk
 - 1 sdt gula pasir

BAHAN HALUSKAN:
 - 1/4 buah pala
 - 5 siung bawang putih
 - 3 siung bawang putih

CARA MEMBUAT:
Rebus iga sapi bersama bumbu rebusan. Rebus dengan menggunakan api sedang, setelah meletup-meletup kecilkan api ke api kecil. Rebus mpe daging empuk. Bisa ditambahkan air panas jika air menyusut.

Tumis bahan halus mpe wangi. Masukkan ke dalam rebusan iga. Masukkan bahan yang lain. Masak mpe bahan sayur matang. Hati-hati jangan sampe over cook yak. Selain rasanya kurang enak, kandungannya hilang. Jangan lupa incip-incip. Kalo sudah sesuai selera, matikan api kompor, sajikan hangat bersama nasi hangat dan sambal cabe rawit.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar