Rabu, 30 Desember 2015

SEBLAK KUAH PEDAS


Hai Semuaaa...

Assalamualaikum Wr Wb

Hari pertama setelah seminggu pulang kampung. Menu cemilan pertama yang dieksekusi adalah seblak. Gak ada rencana untuk bikin begen-begenean. Karena bontot ipar liburan ke rumahku, spesial dah seblak istimewa untuk bontir (bontot ipar). Bontir doyan banget ma pedas. Cemilan kiloan yang kayak krupuk bentuk lonjong kecil, yang menurutku pedasnya minta ampun, abis dalam sekejap dicemil bontir. Padahal tu cemilan menurutku rasanya cuma cabe kering doank. Semalam nih, sengaja kubikinin sambal bawang dengan cabe rawit 20 buah lebih (kayake 25 deh), belum cabe keritingnya segenggam. Abis ludes des des desss, sampe dikoretin cobeknya. Bontirku penggila pedas. Gak heran, wong mamah mertua pas hamil bontir ngidamnya cabe :D.


Bedewe nih, ini kedua kalinya aku bikin seblak. Yang pertama produk gagal. Karena belom pernah nyobain seblak sebelumnya. Yang kedua ini tenang aja. Aku udah wisata kuliner seblak. Jadi udah tau lah rasa enak seblak yang gimana. Jadi makin berani bikin seblak. Seblakku ini sengaja ku kasih cabe rawit yang banyak, karena spesial untuk Bontir. Kalo gak suka pedes ya bisa dikurangin, ato di skip, dibikin seblak gurih. Kalo berani pedas, tambahin aja sesuai dengan selera.

Ouw iya... untuk kerupuknya, pilih kerupuk yang tebal. Yar krasa kenyel-kenyelnya, kalo tipis gampang ancur. Saranku sih pake krupuk udang ato krupuk ikan. Sayangnya, aku gak tau krupuk yang aku beli di abang sayur keliling namanya krupuk apaan. Pas aku sibuk pilih-pilih krupuk, ada seorang ibu-ibu nylethuk "wah, ada krupuk seblak. Berapa bang itu?". Giliran aku yang nylethuk, "yang mana krupuk seblaknya?". Ternyata krupuk yang saat itu ku pegang adalah krupuk seblak. Memang sih krupuknya keliatan lebih tebel daripada krupuk yang lain. Dan sayangnya, krupuk seblaknya tinggal satu-satunya. Ibu yang nylethuk tadi, karena liat krupuk seblak akhirnya dia juga ikut-ikutan bikin seblak. Sooo alhasil krupuk seblak sekantong dibagi untuk berdua. lagipula, kupikir krupuknya kebanyakan. Eee ternyata pas setelah dimasak malah hasilnya dikit. Lelaki surga terancam gak kebagian nih. Yasudah apa adanya sajaaa...

Yuk langsung aja ke resep. Selamat mencoba...

SEBLAK
(resep kumodifikasi dari Jasmins Kitchen)


BAHAN:
 - 150 gram krupuk seblak, rebus setengah matang
 - 10 buah bakso, iris sesuai selera
 - 1 batang daun bawang untuk taburan
 - 500 ml air
 - 100 ml air kaldu (opsional)
 - 1 sdt garam
 - 1 sdt gula pasir
 - 1/2 sdt kaldu bubuk (optional)
 - 1/2 sdt lada bubuk
  - bawang goreng untuk taburan

BAHAN HALUSKAN:
 - 4 siung bawang putih
 - 3 siung bawang merah
 - 5 buah cabe merah keriting
 - 20 buah cabe rawit merah (disesuaikan dengan selera)
 - 2 cm kencur

CARA MEMBUATA:
Tumis bahan yang dihaluskan mpe matang dan wangi. Beri air, masak mpe mendidih. Masukkan bahan yang lainnya kecuali daun bawang dan bawang goreng. Masak mpe semuanya matang. Jangan lupa untuk incip-incip. Kalo semua udah sesuai selera, matikan api kompor. Sajikan selagi hangat dengan taburi daun bawang dan bawang goreng.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar