Minggu, 07 Februari 2016

MANISAN BENGKOANG DAN KEDONDONG ala Mamah Nyah Kiki yang gak pake cuka


Hai semuanyaa...

Assalamualaikum Wr Wb

Aku ni gak ngidam lhoh yak. Mentang-mentang telat 2 bulan, teruz bikin manisan buah, pada heboh "ciye ciyee yang ngidam", Aamiin Ya Allah. Jadi kepikiran deh telat biasa atao telat hamil. hihihihi. Yang terbaik aja deh, yang penting sehat.

Lagi kesel juga nih ma abang sayurnya. Dari kemaren pengen bengkoang, titip abang sayur gak dibawain. katanya gak nemu di pasar. Terpaksa beli semangka. Besoknya, yang gak ada niatan untuk beli buah, coz stok buah masih ada semangka dan pear. Eee... malah abangnya bawain bengkoang. Yowizlah langsung tak beli. Lagian yo aku masih kepengen bengkoang. Rencananya sih buat stok buah aja. Gak ada rencana dibikin asem-asem atau rujak-rujak geto. Iseng-iseng nanyain kedondong, "di pasar ada dondong gak bang?, "gak ada ketoke mbak. Gak pernah ngliat akhir-akhir ini". Eeeee.. besoknya dibawain dondong. Beli buah lagiiiiii. Abangnya nh bikin aku tekor. Ini masih tanggal 6 lhoh, dompet udah nipis. Belom urusan pulsa, ditambah listrik pulak. Bismillah, the power of pengiritan...

Keinget salah satu teman, Nyah Kiki. Dia pamer bikin manisan bengkoang dondong, Katanya dia lagi kangen ma emaknya, biasanya bikin begene-begenean. maklumlah penganten baru cuiiinnn (sepertinya aku bakal di salip lagi iki). Langsung aku buru-buru ke rumah dia, biasalaah... ada cemilan, ada aku, apalagi cemilan gratongan, hahaha.

Pertama ngliat wujud asinan NyahKi agak heran juga. Soale beda ma asinan buah yang pernah aku liat selama ini. Kuahnya gak bening, alias agak buthek (dikasih asam madura). Teruz, herannya lagi, ada buah bengkoangnya. Perasaan kalo asinan tuh buah yang masih mentah geto kan, yang asyem-asyem gitu, kayak mangga, dondong. Lha ini kug bengkuang?. Parahnya lagi, manisannya NyahKi rasanya cuma asyem sama pedes, gak ada rasa manis-manisanya geto. Ato akunya yang salah, akhir-akhir ini lidahku agak eror. Teruz ada rasa agak sepet, mungkin dari asam jawanya itu kali yak. Meskipun geto.. teteeeepp abiiiizzz. Gue doyan, hahaha.

Akhirnya 2 hari yang lalu nekat lah bikin manisan ala Mama NyahKi, tentunya dengan rasa yang sesuai dengan lidahku yak. dan tralaaaa... segeerrrrr, tapi ada rasa agak sepet-sepet gimana gitu. Tapi tetep enak. Baru aku coba hari ini setelah aku diemin di kulkas kurleb 2 hari. Pas buka wadahnya, "lhoh, kug sithik?. Perasaan aku bikin manisannya banyak je. Wong kedondonge sekilo, teruz bengkoange setengah kilo. Mosok buahe menciut? opo iyok isa menciut?. Aku tanya deh ke Lelaki surga, ternyata di yang makan. Menurut Lelaki surga gak pedes, menurutku pedes bzanget sampe mulutku berasa terbakar geto. Padahal biasane aku yang doyan pedes. Mbuhlah, penting kata Lelaki surga manisane enak :D.


Menurutku ini manisan buah sehat, soale gak pake cuka. Teruz gak perlu nunggu lama-lama untuk menyantap ni manisan. Disantap langsungpun juga enak. Dulu aku pernah bikin manisan blimbing wuluh, gak pake cuka juga tapi dieminnya minimal seminggu, yo kelamaan, tapi asemnya alami.

Yuk bikin manisan sendiri. Lebih sehat dan lebih ajiiip... Selamat mencoba...


MANISAN BUAH ALA Mamah NYAHKI

BAHAN BUAH (bisa disesuaikan dengan selera):
 - 500 gram bengkoang, potong sesuai selera
 - 1 kg kedondong, potong2

BAHAN KUAH:
 - 2 buah cabe merah, haluskan kasar
 - 3 buah cabe rawit merah, haluskan kasar
 - setengah bungkus asam madura/ asam jawa (1 bungkus kayake 250gram), larutkan dengan air hangat, peras-peras mpe keluar sarinya.
 - 1,2 liter air
 - 200 gram gula pasir (sesuaikan selera)

CARA MEMBUAT:
Rebus semua bahan kuah mpe mendidih.
Taroh bahan buah ke dalam wadah. Siram kuah ke wadah buahnya (bisa langsung siram, atau di saring dulu untuk kuah yang seperti punyaku itu). Diamkan dingin. Kemudian masukkan ke dalam kulkas, diamkan semalaman untuk hasil yang maksimal. Kalo gak sabar ya biasa langsung dinikmatin setelah dingin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar