Kamis, 18 Februari 2016

LONTONG SAYUR LABU SIAM

Maaf yak fotonya seadanya. Keburu laverrr 😊

Hai semuaaa...

Assalamualikum Wr Wb

Dibalik menu ini ada kisah yang bikin kebingungan. Listrik padam, otomatis airpun ikut gak nyala. Maklumlah pake pompa air, parahnya gak pake tandon. Jadi gak ada stok air. Kalo listrik padam yo wassalam kabeh. Paarahnya lagi, ngintip di balik jendela, memastikan kalo bukan pemadaman lokal, ternyata hasilnya bingung. Tetangga depan rumahku nyala lampunya. Sedangkan sebelahnya mati semua. Pertanyaanku, listrik padam juga atu lampu teras mereka udah dimatiin ato malah sengaja gak dinyalain?. Lari ke arah belakang rumah, ngintip jendela belakang, lampu tetangga belakang rumah nyala semua. . Iseng-iseng keluar rumah keliling komplek untuk lebih memastikan. Ketemu beberapa tetangga, Alhamdulillah beberapa bernasib sama sepertiku. Lucunya lagi, beberapa listrik lancar jaya. Para emak-emak pada ngumpul di jalanan komplek pada ngeluh mati listrik, dan gak punya air. Sampe-sampe ada yang ngungsi untuk pinjem kamar mandinya karena panggilan alam. Berhubung hidup mayoritas dengan listrik, so bingung mau ngapa-ngapain. Apalagi airnya juga ikut mati. Makin bingung lagi buat dapur emak-emak. Mau masak nasi aja gak bisa. Pada beli nasi bungkus di warung.

Itu emak-emak yang lain. Lebih gampangnya makan di warung. Sedangkan aku yang lagi ngirit total aka pelit :D, gimana caranya biar bisa makan, tp gak jajan, dapur tetap ngepul. Mau nanak nasi secara tradisional, tapi gak punya panci kukusan. Kepikiran bikin lontong plastik. Sebelumnya aku pernah sekali bikin lontong plastik tapi pake magicjar. Nekad bikinlontong plastik pake panci biasa. Udah ketar-ketir duluan, jadi gak yak?. Gak lama kemudian tradaaaaa... lontongku jadi, meskipun dari bentuk dan tekstur ancuurrr. Yang penting matang dan layak di makan. Alhamdulillah, sambil menunggu lontong dingin, masak sayur labu siam. Eeee... tiba-tiba mesin airnya bunyi. Alhamdulillah, horeee nyala listriknya. Yowislah, lanjut masaknya.



Resep sayur labu siam andalanku adalah di Mbak Endang JTT. Makasih mbak buat resepnya. Ada beberapa bahan yang aku skip dan aku ganti. Sesuai dengan isi kulkas. Dan lauknya cukup pake tempe mendoan. Kalo di Mbak Endang pake daging sapi, kalo aku cukup ayam fillet. Untuk lontongnya nyontek Di Sini. Berasnya sesuaikan dengan kebutuhan.



Selamat mencobaa..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar