Senin, 22 Februari 2016

TUMIS BABY CORN (PUTREN) DAN WORTEL


Hai Semuaa...

Assalamualaikum Wr Wb

Perlu diketahui, ini pertama kalinya aku makan baby corn aka putren. Sebenernya gak ada niatan untuk beli begeto-begetoan di abang sayur. Ouw iya, kebetulan mamah mertua pas berkunjung nih. Beliau juga ikut nimbrung di abang sayur. Pas kebingungan dengan petanyaan "masak apa yak?", mamer dengan sigap menyentuh baby corn, "ini aja, ini sama wortel enak". Aku memberanikan diri untuk beli baby corn. Ragu juga sih, bakal doyan kagak. Dari wujudnya kan kurang meyakinkan geto, hehe. Dan setetlah dimasak, aromanya jagung banget (yaiyalaaahh.. namanya juga bayi jagung). Setelanh ku incipin, ternyata endesss. Aku doyan banget. Alhamdulillah. Rasanya kayak jagung manis, tapi lebih crunchy. Ditambah dengan wortel yang manis, makin endess. Tambah buncis kayake enak juga deh.

ikan bandeng prestonya oleh-oleh dari mamer.
tau aja mamer kalo menantunya lagi pengen bandeng presto. Makasih Mamah.

Sebenernya aku gak suka sayur, tapi karena sayur itu baik dan aku ada wasir juga, mau gak mau harus rajin makan sayur dan buah. Klao buah mah aman-aman saja, kan buah manis, enak pulak. Kalo sayur? Liat bentuknya aja males. Setelah menikah, aku rutin masak sayur. Makin ke sini makin aku mengenal rasa sayur, dan bagusnya lagi aku mempunyai sayur favorit. Dan pastinya aku lebih mengenal rasa sayur. Aku aja yang gedenya gene udah mulai menyukai sayur. Apalagi kalo diterapin ke anak-anak. Mungkin kalo anak-anak udah dibiasain makan sayur sedini mungkin, insyaallah gampang makan sayurnya. 

Udah ah, langsung ke resep yak.. Selamat mencoba..


TUMIS BABY CORN DAN WORTEL
(Resep By modifikasi sendiri)

BAHAN:
 - 3 buah baby corn, potong bulat
 - 2 buah wortel, potong bulat juga
 - 3 siung bawang putih, cincang halus
 - 3 siung bawang merah, cincang kasar
 - 2 lembar daun salam
 - 1 ruas lengkuas, geprek
 - 1 sdm saus tiram
 - 1/2 sdt lada bubuk
 - garam secukupnya, hati-hati karena saus tiram udah asin
 - 1/2 sdt gula pasir
 - 1/2 sdt kaldu bubuk instan (opsional)
 - 3 sdm larutan maizena
 - 100 ml air

CARA MEMBUAT:
Tumis bawang merah, bawang putih, daun salam, dan lengkuas sampe harum. Masukkan bahan sayur. Tumis sebentar, kemudian tuangkan airnya. Masak mpe sayur matang, bumbui dengan garam, lada bubuk, gula pasir, saus tiram, dan kaldu instan (opsional). Aduk mpe rata. Incipin rasanya. Kalo rasa sudah pas, tuangkan larutan maizena. Aduk mpe mengental. matikan api kompor, sajikan bersama nasi hangat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar