Selasa, 25 Februari 2014

GADO-GADO

 
Hai semuaa...

Assalamualaikum Wr. Wb

Cuaca hari ini panas. Menurutku malah kepanasan. #huft berkeringat. Kali ini aku mau berbagi resep masakan gado-gado. Dah pada tahu kan dengan makanan ini. Bagi yang tinggal di Jawa mah mpe mblenger kali yak denger gado-gado. Jaman aku masih gadis dan tinggal di Solo, ada rasa underestimate dengan gado-gado. Setelah pindah di Jambi.. Hmmmmm,,, jajan gado-gado rasanya gak banget, gak ada yang enaaakkk. Kalo bahasa jawanya "ra nggadheg". Merasa bersalah dengan gado-gado yang aku remehin dulu, akhirnya bikin sendiri dah. hehehehe. Dan ternyata bikin gado-gado agak ribet yak (ato karena aku yang banyak kerjaan). Mungkin karena aku udah banyak kerjaan jadinya berasa capeeekkk banget. Tapi capeknya terobati setelah makan gado-gadonya, dan biz makan langsung tidur. Bangun tidur, segeeeerrr..:D. Bagi yang tinggal di Jawa bersyukurlah masih bisa merasakan gado-gado yang super maknyussss... hehehehe.

Ini ke dua kalinya aku bikin gado-gado, dan dengan resep yang berbeda dari percobaan pertama. Bukan karena percobaan pertama produk gagal yak, hanya saja yang resep pertama bahan-bahannya terlalu buanyak, dan jadi bikin malez. Percobaan kedua bahannya sedikit aku kurangi dari bahan pertama. Untuk rasa sih mesih menang yang pertama. Tapi tetep enak kug.  Pokoe wis njowoni bangeth :D.

Pas rencana bikin gado-gado, gak tau kenapa kesialan datang (emang lagi hari apes gue kali yak). Sengaja pergi ke pasar, rencananya mau cuma beli santan (yang penting). Eeeeee... mpe pasar gak ke inget sama sekali, dan akhirnya beli yang gak penting. pas perjalanan pulang baru keinget, mau balik ke pasar malez bayar DLLAJ nya lagi (meskipun cuma seribu). Dan akhirnya sambil menuju jalan pulang, sambil nengok kanan kiri kali aja ada warung. Dan akhirnya ku menemukannya. Dan ternyata tidak menjual santan, adanya cuma kelapa parut. Pikirku daripada mpe rumah jalan kaki ke warung, yasudah deh sekalian aja. Saat kutanya berapa yuk? (panggilan mbak di Jambi), "enam ribu". Hyaaaaaaa... malah lebih mahal daripada yang di warung deket rumah. Biasanya 3 ribu, eeeee malah 2 kali lipatnya. Apeeeeesssss........ Biarlah, apes-apes geto mewarnai hidupku (aseeeekkk.. :D).

Kembali ke resep, yang mau bikin gado-gado yang simpel, monggo dicontek. Untuk gado-gado yang versi pertama next time yak aku share resepnya. Selamat Mencobaa...


GADO-GADO NIKMAT

BAHAN:
 - 2 buah wortel ukuran sedang, potong sesuai selera, rebus
 - 3 buah kentang ukuran sedang, potong dadu, rebus
 - 100 gram toge atau kecambah, rendam di air panas
 - 200 gram tempe, potong dadu, rendam dengan garam, bawang putih, dan air. Kemudian goreng.
 - 200 gram tahu, potong dadu, rendam dengan air garam, dan bawang putih, kemudian goreng.
 - 2 butir telor rebus, belah jadi dua

BAHAN SAUS KACANG:
 - 150 gram kacang tanah, goreng, haluskan
 - 3 lembar daun jeruk, sobek-sobek
 - 2 sdm kecap manis (bisa ditambah ato dikurangi)
 - 50 gram gula merah, sisir
 - 400 ml santan
 - 2 sdm air asam jawa
 - garam secukupnya

BUMBU HALUS:
 - 3 buah cabe merah, potong2, kemudian goreng mpe layu
 - 15 buah cabe rawit, belah jadi 2, goreng mpe layu
 - 3 cm kencur, goreng
 - 3 siung bawang putih, goreng
 - 1 bungkus terasi, bakar

CARA MEMBUAT:
Tumis bumbu halus, dan daun jeruk mpe wangi, kemudian masukkan kecap manis dan bahan saus yang lain. Aduk terus mpe mendidih. Jangan lupa incip-incip. Kalo rasa sudah pas, matikan apai kompor. Siap di hidangkan dengan bahan sayur, tahu tempe, dan telur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar