Rabu, 26 Februari 2014

SERUNDENG AYAM Sang Ibu


Beberapa hari yang lalu, ada tetanggaku (depen rumah) maen ke rumahku, dan membawa nasi dan serundeng sepiring (numpang makan). Liat serundeng eringat jaman waktu aku masih kecil dan hidup di Kalimantan. Ibuku tersayang sering banget bikin menu ini. Disimpan di toples, dan untuk persediaan hari-hari berikutnya. Sering banget aku buka toplesnya, dan menggado serundengnya. Waktu itu nikmaaaattt banget. Kayak makanan mahal. hehehehe.
Gara-gara teringat masa laloe, so besoknya langsung bikin deh. Sempet tanya resep ma sang Ibu pas beliau kebetulan nelpon. Berhubung gak aku catat modal ingatan, so aku ingat-ingat deh. hohoho. Tapi ada sedikit tambahan dari aku, misal serai. Kata Ibuku gak pake serai. Dalam hatiku "mungkin tambah enak kali yak kalo tambah serai". Dan alhasilnya, wew... enyak looohhh. Kata Lelaki surgaku "enak dek". Tapi menurutku kurang manis dikiiiittt. Tapi kata Lelaki surgaku "kurang apa yak dek.. gak ada kog.. udah pas". Whateverlah, yang penting Lelaki Surgaku sudah bilang enak :D. 
Yang disayangkan kalo bikin ini ya capeknya itu. Ngaduk kelapanya mpe matang dan berubah warna itu loh yang bikin keringat bercucuran netes-netes. Sampe si Kipas angin jadi sasaran #masak sambil kipas anginan. Tapi setelah jadi, gak capek kog njumputin serundengnya, enak siiihhhh. Jadi pingin nyrumput-nyrumput terus. Yang mau nyicip serundeng ala aku monggo dicontek resepnya. Selamat mencoba....

 SERUNDENG AYAM sang Ibu

BAHAN:
 - 500 gram ayam, potong, cuci bersih
 - 300 ml santan kental
 - 300 gram kelapa agak muda, parut, sangrai mpe coklat dan kering
 - 3 lembar daun jeruk, sobek-sobek
 - 2 lembar daun salam
 - 2 sdm air asam jawa
 - 1 batang serai, geprek

BAHAN HALUSKAN:
 - 10 siung bawang putih
 - 4 siung bawang merah
 - 4 cabe merah
 - 2 cm lengkusa
 - 2 cm jahe
 - 1 cm kunyit, bakar
 - 1 sdm ketumbar, sangrai
 - 1/4 sdt jinten, sangrai
 - 2 sdt garam
 - 2 sdt gula pasir
 - kaldu bubuk optional

CARA MEMBUAT:
Tumis bahan halus, daun jeruk, daun salam,dan serai mpe matang dan wangi. Masukkan santan kental dan air asam. Aduk rata. Jangan Lupa incip-incip. Masukkan ayam, masak mpe ayam matang dan berubah warna. Lanjutkan masukkan kelapa sangrai. Aduk mpe rata. Masak mpe kelapa agak kering.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar