Selasa, 04 Februari 2014

IKAN GORENG SELAR PEDAS


 Hai hai... Iam baaack ;). Sudah berapa hari yak aku gak nengok ini blog. kayaknya dah lama bingit. Untuk memulainya kembali, postingan pertamaku setelah sekian lama off adalah Ikan selar goreng pedas.Ikan selar ini ukurannya kecil kecil. Bukan salah satu favoritku. Tapi karena murahnya itu jadi "tergoda" untuk membelinya. Apalagi kalo lagi irit :D. Sebelnya kalo ada stok ikan ini, bingung mau diapain. Bingungnya karena bosen. Mentok-mentoknya digoreng garing teruz dimasak balado. Gak bisa dimacem-macemin. Pernah ku bikin goreng tepung, ternyata durinya gak ikut garing. So waktu makan durinya nyucuk2 di gusi. Ikan ini bisa dibilang merempongkan. Makanya bukan jadi favorit. Hehehehehe. Karena saking bosennya dengan menu ikan goreng balado, so iseng-iseng dibikin begene2an. Trnyata hasilnya enak juga. Hehehehehe. Yang mau nyobain monggo... Selamat mencobaa...

IKAN SELAR GORENG PEDAS

BAHAN:
 - 250 gram ikan selar
 - 1 sdt garam
 - 1/2 sdt lada halus
 - 1/2 sdt gula pasir
 - 1 buah jeruk nipis, peras airnya

BAHAN LAINNYA:
 - 4 siung bawang merah, iris tipis
 - 2 siung bawang puih, cincang kasar
 - 3 buah cabe merah, iris tipis serong
 - 10 cabai rawit atau sesuka hati, potong tipis melintang
 - 2 cm jahe, cincang kasar
 - 2 cm lengkuas, geprek
 - 2 lembar daun salam
 - 2,5 sdm kecap manis
 - 2 buah tomat merah ukuran sedang, potong kotak
 - garam, dan gula pasir sesuai selera
 - 100 ml air

CARA MEMBUAT:
Lumuri ikan selar dengan garam, lada halus, gula pasir dan jeruk nipis. Diamkan selama 30 menit, simpan di kulkas supaya ikan bisa menyerap bumbu secara maksimal. Kemudian goreng dalam minyak panas mpe garing. 
 
Tumis bumbu iris, daun salam, dan lengkuas (kecuali tomat) mpe matang dan harum. Masukkan air, bumbui dengan kecap manis, garam dan gula pasir. Aduk rata, diamkan mpe air mendidih dan sedikit menyusut. Jangan lupa incip-incip. Masukkan ikan selar goreng dan tomat. Aduk rata. Matikan api kompor. Sajikan hangat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar