Rabu, 28 Mei 2014

BUTTER RICE and GARLIC BUTTER SHRIMP


Hai Semuaaa....

Assalamualaikum Wr. Wb

Duuuuhhh..... kucingnya ikut nampang. Ahihihihi. Sudah menjadi kebiasaan tu kucing, setiap kali kalo liat aku bawa piring, langsung deh kucingnya deketin aku. Duduk bersamaku, dan menemaniku makan. Berharap dapet jatah makan juga kaliii. Pas banget kug gayanya kayak gto so ku foto sekalian deh.

Langsung ke topik utama. Critanya lagi sregep-sregepnya bikin nasi warna warni. Kemaren sempet bikin nasi hijau ma orange. Yaaaaa.... efek dari penasaran. Lagi pula mumpung belom punya anak, besok kalo anaknya susah makan, bikinin aja nasi warna warni. Pasti lahap makannya. Ahihihihi.

Sebenernya emang tujuannya bikin yang aneh-aneh dan lucu-lucu untuk sang buah hati kelak. Sedih banget liat banyak anak kecil yang susah makan, yang gak doyan sayur. Pengalaman dari rumah sebelah. Kebetulan sebelah rumahku ada penitipan anak. Kadang aku maen ke situ. Ada beberapa bahkan banyak anak yang makannya susah. Banyak juga yang gak doyan sayur. Makannya cuma nasi doank di kasih kuah. Dalam hatiku, "nih tempat, katanya yang punya ahli gizi. Masa anak-anaknya makan sembarangan". Itu yang bikin aku prihatin. Gimana gak prihatin, balita kan massa pertumbuhan, masa makannya kurang diperhatikan. Ngasal kasih makan aja yang penting udah makan. Huft. Masa bodo ah, yang penting bukan anakku. Hahahahaha.... egoisnyaa.

Dari pengalaman teman-teman yang kebetulan sudah punya baby, katanya kalo dah punya anak apa lagi anaknya masih bayi bakal susah ngatur waktu. Buat sembahyang aja susah pa lagi masak. Duuuuhhhh segetonya yaaakkk. Karena perkataan temen-temen, akhir-akhir ini lebih mengoleksi dan bereksperimen masakan yang simple dan cepat saji.

Menu ini tergolong gampang bikinnya, dan so pasti bahannya juga simple. Paling cuma bikin sambal terasinya yang ribet karena kudu nguleg-uleg. Untuk nasinya itu, seadanya aja yang ada di rumah. Sempet ada tetanggaku yang bilang rasanya kayak nasi lemak di Malaysia (masa sih?). Pernah aku makan nasi lemak di rumah makan malaysia di area kampusku, hmmmmmm.... rasanya hambar. Cuma rasa minyak aja. Lebih enakan nasi uduk. Whatever lah, yang penting enak dan bisa dimakan. Hehehehe.

Yuuuukkk langsung ke resep aja yak... selamat mencoba...


BUTTER RICE and GARLIC BUTTER SHRIMP

BAHAN UDANG:
 - 300 gram udang ukuran sedang, buang kulit dan atau kepalanya (sisakan buntutnya).
 - Garam secukupnya
 - Lada putih bubuk secukupnya
 - 1 ruas jari kunyit, haluskan
 - 8 siung bawang putih di cincang kasar
 - 1 batang daun kari
 - 2 sdm butter
 - 1/2 bonggol kubis ukuran kecil

CARA MEMBUAT:
Panaskan wajan, beri butter. Masukkan bawang putih dan kunyit mpe harum. Masukkan sisa bahan yang lain. Aduk rata. Masak mpe keseluruhannya matang.

BAHAN NASI:
 - 2 gelas beras (aku pk gelas yang dari magicom). Cuci bersih
 - 2 ruas jari kunyit, haluskan
 - 3 cm kayu manis
 - 2 butir kembang lawang
 - 2 butir kapulaga
 - 2 siung bawang putih, haluskan
 - 1 sdm butter
 - air santan atau air kaldu secukupnya
 - 1 batang serai, geprek
 - garam dan penyedap rasa secukupnya

Campur semua bahan jadi satu, masukkan ke magic jar. Masak mpe matang. Sajikan bersam udangnya dan krupuknya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar