Jumat, 09 Mei 2014

TONGSENG DAGING SAPI (akhirnya kumenemukan resep tongseng yang ku mau ^_^ )


Tongseng adalah salah satu makanan favorit aku. Kalo di Solo, masakan ini dah menjamur di mana-mana selain pecel dan gado-gado. Yang menjadi masalah adalah, aku mencari menu tongseng di tempat perantauanku sekarang susaaaaaaaahhhhhh. Aku menemukan satu rumah makan yang menyediakan menu tongseng. Satu satunya tongseng di Bangko. Kebetulan yang punya orang Jawa. Aku tahunya karena mereka ngomong bahasa Jawa, hehe. Pertama kali mencoba tongseng ala orang Jawa di Bangko. Saat nunggu tongsengnya hadir di mejaku, sudah terbayang kelezatannya. Hmmmmm.... mpe nelen ludah. Makin gak sabar dan sedikit emosi, karena pelayanannya yang lamban. Bahkan sangat lamban. Perut sudah lapar stadium akut, rasanya si mbaknya pengen tak teriakin "cepetan mbaaakkk". Padahal saat itu pengunjungnya cuma aku dan Lelaki surgaku ajjah. Masa pelayanannya mpe selama itu. Warungnya sepi, kupikir mungkin pas gak jam makan, so sepi deh. Yang aku suka makan di warung itu adalah viewnya yang bagus. Ibaratnya kalo di Jogja, dan di semarang tu "bukit cinta". tapi tentunya masih bagusan di sono laaahhh. Meskipun gak sebagus di semarang dan jogja, yang penting isa buat malming dan kencan bersama Lelaki Surga tercinta. Aseeeeekkk.

Pas hidangan hadir di meja "horeeee... maakaaan maakaann". Tapi yang bikin aku janggal "lhoh... tongsengnya kog kayak gene?". Sudah terlihat jelas di wajahku, kalo aku kecewa dengan penampilannya. tidak seperti tongseng di tempat langgananku di Solo. Dan setauku tongseng dimana-mana sama aja deh penampilannya. Yaaaa... seperti di tempat langgananku. Penampilan di warung "bukit cintanya bangko" lebih kayak sate kambing tapi yang versi tusuknya dibuang. Terus dikasih lalapan tomat, irisan kubis tipis2, dan irisan cabe rawit. Cuma yang membedakan dengan sate kambing, tonsengnya ini pake kuah santan, kuahnya kenthal dan sedikiiittt. Kalo rasa, menurutku seperti gulai tapi dikasih kecap buanyak. Yaaaaaaaahhhh.... kecewa deh. Ingin makan tongseng enak, lha kog malah jadi tongseng versi gulai. Jadi perutnya ngambek. Gak puas makan tongseng gulai, akhirnya menuju tempat makan yang lain, yang rasanya udah jelas di lidahku. Pesen dibugkus, mpe rumah langsung di makan deh. Wah... itu laper ato rakuuusssss....

Dan akhirnya, aku bertekad membara bikin tonseng dewe. Pertama bikin, produk gagal. Gak sesuai dan gak seperti tongseng di tempat langgananku. Masih penasaran, bikin lagi yang kedua kalinya. Masih produk gagal juga. Dan ketiga, hufh... produk gagal lagiiiii. Padahal aku sudah nyari resep di sono sini di mbah google. Hyaaaaa.... bikin gregetan. Tapi, aku gak putus asa... Pas mudik lebaran tahun lalu, sengaja aku menuju tongseng langgananku. Dan dengan PeDenya, aku menanyakan resepnya langsung ma mbah si pemilik warung. Awalnya sih beliau stengah hati, namanya aja resep rahasia, apa lagi aku gak ada hubungan apa-apa dengan mbahnya, cuma hubungan pelanggan aja. Tapi setelah ku rayu-rayu, dan kuceritakan penderitaanku di tempat perantauan, akhirnya mbah ngasih kertas ada tulisan resepnya. Horeeeee..... mbah langsung tak peluk mesra. Ahihihihi... Makasih mbaahh. Tapi resep yang dikasih mbah tu resep dasarnya.

Sesampainya di tempat perantauan... Langsung kupraktekan resep dari mbah. Bahannya sih gampang-gampang. Setelah ku icip-icip.. Hyaaaaa.... Enaaaakkkkk.... Akhirnya aku berhasil... meskipun ada sedikit rasa yang berbeda dengan tongsengnya mbah, tapi 96% bisa kubilang Sukses. Duh... senengnyaaaa.... Aseeekkk... mungkin karena sugesti kali yak, kubandingin dengan resep-resep produk gagalku kemaren hampir sama kug. Mungkin karena resep ini resep spesial langsung dari mbah tongseng, so tersugesti kalo ney tongseng pasti enak... Whatever lah.. yang penting sekarang aku bisa bikin tongseng.. aku pinter masak. ahihihihi.. (menghibur diri).

Yang mau tongseng, yuk hayuuk dicobaaa.... Selamat Mencobaaa...



 TONGSENG SI MBAH TONGSENG

BAHAN:
 - 300 gram daging sapi, bisa pake daging kambing juga, potong kecil-kecil tipis
 - kubis secukupnya, aku pake 1/2 bonggol ukuran sedang
 - 6 siung bawang merah, iris tipis
 - 4 siung bawang putih, cincang kasar
 - 2 buah cabe merah, iris serong
 - 5 buah cabe rawit, iris kecil-kecil atau utuh
 - 1 sdt lada bubuk
 - 2 buah tomat ukuran sedang, potong kotak-kotak
 - 1 buah jeruk nipis, peras airnya
 - garam secukupnya
 - 150 ml santan kental
 - 250 ml air
 - 1 sdt gula pasir, atau disesuaikan dengan selera
 - kecap manis secukupnya

 CARA MEMBUAT:
Tumis bawang putih dan bawang merah mpe harum. Masukkan cabe, tumis sebentar. Disusul dengan memasukkan potongan daging, masak mpe daging berubah warna. Masukkan air, masak mpe air matang, kemudian susul dengan satan, aduk cepat yar gak pecah-pecah. Bumbui dengan garam, gula pasir, dan kecap manis. Jangan lupa incip-incip. Masukkan kubis, masak mpe kubis agak layu. Trakhir tomat, dan air jeruk nipis. Aduk rata sebentar. Matikan api kompor. Sajikan hangat bersama nasi putih.

2 komentar:

  1. Begitulah penderitaan wong jogja solo pecinta daging kambing kl diperantauan mbak hiiiii....

    BalasHapus