Senin, 12 Mei 2014

IKAN GORENG ACAR KUNING


Hai semuaaaa....

Assalamualaikum Wr. Wb

Ceritanya lagi bales dendam. Beberapa hari yang lalu, sempet bikin acar kuning, tapi kurang sesuai dengan harapan. Tapi tenaaang, acar kuning versi yang ku posting sekarang sudah top markotop, dah kayak acar kuning kalo di acara pesta-pesta itu tuh. Biasanya kalo di Jawa khususnya Solo, kalo ada pesta nikahan pasti ada menu acar kuningnya. Itupun kalo acaranya versi "piring terbang". Kalo yang prasmanan kayaknya jarang aku jumpai.

Acar bukan termasuk makanan favoritku, tapi kalo di mie ayam, biasanya sudah disediain acar biasa (buakan acar kuning) di mejanya. Naaaahhh,,, namanya mahasiswa, ngirit duit, sooo acarlah yang bikin kenyang. Maksudnya, mie ayamnya dikasih acar buanyak-buanyak. Soale makan mie ayam satu porsi gak bikin kenyang. Si acarlah yang jadi sasaran. Apalagi kalo acarnya asem-asem segeeerrr. Wuiiihhh... jadi kebayang deh. Itu sih masa-masa gak penakku. Masa-masa dimana duit selalu aja kurang. Minta uang saku ke ibu, hmmmmm... belum waktunya. Yaaaaa... begitulah masa-masa anak kuliahan, yang indah dan sengsara. Ahihihihi...

Sekarang, jamane wis bedo, tapi sih penak jamanku iki. Hehehe. Sekarang lebih fokus ke Lelaki Surga. Alhamdulillah, masalah keuangan gak seperti jaman kuliah lagi. Masalahnya merantau di hutan. Banyak duit tapi gak ada yang dibeli. Wkkkkkkk. Mudik ke Solo, tiba-tiba kekuarangan duit. #capek deeehhh.

Di tempat perantauan, cuaca selalu panas. Bayangin makan acar tu berasa segeeeerrr bingit. Gak heran kalo di sini apa-apa pake acar versi Palembang. Maksudnya acar pem empek tu loh. Di sini kalo beli martabak asin, pasti dikasih kuah pempek juga "loh, ini empek empek ato martabak asin?". Tapi enak juga, meskipun martabak manisnya bisa ku bilang tidak seenak di Jawa. Tertolonglah dengan kuah empek empeknya.

Kembali ke acar kuning. Kata lelaki surgaku enak, mpe nambah makannya. Kalo dah nambah geto aku seneeeennnggg bingit. Berharap nt Lelaki Surgaku tambah endud. Sangat susah menggendutkan dia. Tapi aku gak putus asa, setiap hari masak enak yar enduuudd. Go enduuuuddd.

Langsung ke resep yak.. ouw iya, aku dapat resepnya dari Catatan Nina. Thanks yak mbak Nina 😄.... ciek, duo, tigoooo,,,,


IKAN GORENG ACAR KUNING

BAHAN:
 - 500 gr ikan apa saja, bisa pake nila, gurame, kakap, dsb
 - 1 sdt garam
 - 1/2 sdt merica bubuk
 - 1 sdm air jeruk nipis / lemon
 - minyak secukupnya untuk menggoreng dan menumis

#rendam ikan dengan bahan di atas, masukkan ke dalam kulkas, diamkan kurleb 30 menit. Kemudian goreng mpe matang, tiriskan.

BAHAN ACAR KUNING:
 - 1 buah timun ukuran kecil, belah 2, buang bijinya, potong korek api
 - 3 buah wortel ukuran kecil, potong korek api
 - 5 butir bawang merah, iris agak tebal
 - 1 batang serai, geprek
 - 2 lembar daun salam
 - 2 lembar daun jeruk, sobek-sobek
 - 1 ruas lengkuas, geprek
 - 8 buah cabe rawit (atau sesuai selera), potong kecil-kecil atau utuh
 - 2 buah cabe merah, iris serong
 - 1 buah tomat (aku gak pake)
 - 1 daun bawang, (gak pake)
 - 2 gelas air atau secukupnya
 - 3 sdm air jeruk nipis (sesuai selera), aku pake cuka 1 sdt
 - garam, gula pasir dan merica bubuk secukupnya atau sesuai selera

Bumbu Halus :
 - 8 siung bawang putih
 - 5 butir bawang merah
 - 3 butir kemiri, sangrai (aku gak pake)
 - 5 cm kunyit, sangrai atau bakar
 - 1 ruas jahe

CARA MEMBUAT:
Tumis bumbu halus, daun salam, daun jeruk, serai, dan lengkuas mpe harum. Masukkan wortel, rimun, dan bawang merah. Aduk mpe semuanya tercampur dengan minyak. Masukkan air, masak mpe sayur matang. Masukkan bahan yang lain, jangan lupa untuk incip-incip, kalo udah pas rasanya masukkan ikan gorengnya. Aduk pelan dan sebentar. Langsung matikan api kompor. Tutup wajan. Biarkan selama kurleb 2 mpe 5 menit. Aiap dihidangkan.

SELAMAT MENCOBAAA... 😘

Tidak ada komentar:

Posting Komentar