Jumat, 16 Mei 2014

OPOR AYAM


Hai semuaaa....

Assalamualaikum Wr. Wb

Lebaran masih 2 bulan lagi, tapi bikin opornya udah nyicil dari sekarang. Hahahaha. Piye bingit loh. Biasanya yang dicicil tu pakaian lebarannya. Ini opornya yang dicicil duluan. Ini pertama kalinya aku bikin opor. Buat persiapan aja kalo besok mama mertua minta dibantuin bikin opornya. Kalo ditanyain bumbu opor kan bisa langsung cak cek cak cek. Yar dikira aku pinter masak. Ahihihihi.

Pernah sekali liat ibuku bikin opor. Bahan yang aku ingat mpe sekarang cuma kayu manis, kembang lawang, cengkeh, jinten, biji pala, sama kapulaga. Kebetulan itu semua terbungkus di kertas bekas hasil dari beli bumbu opor di pasar. Selain itu ada serai, bawang merah dan putih, ada juga butiran kecil-kecil, aku gak tau itu ketumbar atau merica. Maklumlah saat itu aku gak begitu tertarik dengan masak memasak. Bedain jahe sama kunyit aja gak ngerti. Ngertinya setelah nikah. Naaaahhh.... bahan yang lain aku gak tau. Akhirnya untuk lebih yakin, aku serching-serching di gugel. Tapi kug beda ma opor ibuku. Sekian lama sercing-sercing, akhirnya ketemu juga di mbak Endang, ku baca-bahannya sepertinya seperti opor bikinan ibuku. Kebetulan juga judul opornya mbak Endang "opor ala my mom". Jangan-jangan mom kami sama. Hahahaha. Gak mungkin lha yaw. Aku kan anak cewek satu-satunya. Akhirnya kucontek dah. Makasih mbak Endang..

Pernah aku makan opor dari seseorang, rasanya kug hambar. Warnanya pun pucat gak seperti opor ibuku. Dulu aku menyimpulkan bahwa opor paling enak ya opornya ibuku. Sampai-sampai aku berfikir mau buka warung opor. Pasti gak ada yang nyamain resepnya ibuku. Maklumlah pikiran anak kecil. Ahihihi.

Resep opor ini aku coba langsung berhasil. Brarti gampang bikinnya. Sengaja aku tambahi kubis, soalnya bingung juga nyari sayur yang cocok dimakan bersama opor tu apa. Pernah liat ada teman bikin opor dicampur dengan kubis. Soooo... kubislah yang menjadi pilihan. Tapiiiii.... setelah makan ney opor, berasa ada yang kurang. Yup.. kurang sambel gorengnya. Sayangnya aku gak ada persediaan, so gak bikin deh. Next time aja deh. Dimakan sama krupuk bandungpun juga enak. Berhubung di sini gak ada yang jual krupuk bandung, so krupuk ikan jadilah, bentuknya juga sama kog.



Langsung ke resep aja yak. Selamat mencobaa...


OPOR AYAM KAYA REMPAH

BAHAN:
 - 1 ekor ayam, potong menjadi 8 bagian + 2 sendok teh garam + air perasan air jeruk nipis dari 1 butir jeruk, diamkan 15 menit dan cuci bersih.
 - 300 ml santan kental
 - 500 ml air
 - 1/2 bonggol kubis, potong seperti bikin sup

BUMBU HALUSKAN :
 - 1 sendok makan ketumbar, sangrai
 - 5 butir kemiri, sangrai  (aku gak pake)
 - 1/2 sendok teh merica bubuk
 - 1/2 butir pala
 - 6 butir bawang merah
 - 4 butir bawang putih
 - 3 cm jahe
 - 2 cm kunyit
 - 1/4 sendok teh jintan
 - 3 buah cabai merah besar, buang bijinya
 - minyak untuk menumis

BAHAN LAINNYA :
 - 5 lembar daun jeruk
 - 5 lembar daun salam
 - 2 ruas besar lengkuas, memarkan
 - 2 batang serai, ambil bagian putihnya dan memarkan
 - 1 batang kayu manis
 - 2 buah kembang lawang
 - 2 butir kapulaga
 - 5 butir cengkeh
 - 1 sendok teh kaldu bubuk
 - 1 1/2 sendok teh garam
 - 2 sendok makan gula merah, sisir
 - 2 sendok makan air asam jawa

Pelengkap:
 - bawang goreng yang banyak untuk taburan

CARA MEMBUAT :
Tumis bumbu halus, daun jeruk, daun salam, serai, kayu manis, kapulaga, kayu manis, dan cengkeh mpe harum. Masukkan ayam aduk rata mpe ayam terbumbui. Beri sedikit air aduk rata. Lanjutkan dengan memasukkan sisa air. Masak mpe air mendidih, selanjutnya tuang santan. Aduk rata secara terus menerus biar santan gak pecah-pecah. Jangn lupa bumbui dengan garam, gula merah, kaldu bubuk, dan air asam jawa. Masukkan kubisnya. Masak sebentar. Jangan lupa juga untuk incip-incip. Kalo rasa sudah pas, matikan api kompor. Terus di aduk skitar 2 mbit supaya santan tidak pecah. Sajikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar