Senin, 12 Mei 2014

NASI BAKAR TERI ASIN TUMIS SAWI PUTIH


Hai Semuaaaa...

Assalamualikum Wr. Wb

Ceritanya sih lagi rajin, makanya berani masak begini-beginian. Kalo gak rajin yaaaa gak bakal mau ribet. Saking rajin dan semangatnya, pagi-pagi udah masuk kebon milik tetangga, metik daun pisang. Sampe-sampe ada orang yang kebetulan lewat "rajinnya, pagi-pagi udah masak".

Nasi bakar ini keinget waktu masih kuliah. Namanya anak kuliahan, doyan wisata kuliner murah meriah tapi enaaakkk. Salah satunya nasi bakar. Waktu itu gak sengaja liat ada warung makan baru. Dari penampilan ke"bali-bali"an. Sepertinya seru kumpul ma temen sambil makan di situ. Apalagi baru buka, biasanya kan ada diskon, ahihihihi.

Beberapa hari kemudian, ngajakin teman-teman makan di situ. Di pintu masuknya nuansa Bali ketara banget. Tapi setelah masuk ada beberapa campuran adat Jawanya. Musiknya pun Kroncong Jazz. Okelaaahhh... Asik Seru. Tapi sayangnya kurang sejuk alias agak gerah. Lebih baik malam aja kesitunya.

Menu spesial disitu adalah nasi bakarnya. Pertama makan di situ, "wuiiihhh... mantaph" soalnya porsinya besaaarrr. Gue bingit deh. Karena porsi dan rasanya yang enak itu, aku jadi ketagihan makan di situ. Kunjungan kedua, "kug agak berkurang nasinya". Kunjungan ketiga, "loh... kug kecil". Kunjungan keempat dan seterusnya "hasyemik, sithik, gak enak pula". setelah itu kecewa berat. Malez ke situ kecuali kalo di ajak temen. Tapi akunya tidak mau merekomendasikan makan di situ lagi. heehehehe.

Naaaahhh... sekarang dengan semangat menggebu-gebu, langsung praktek bikin nasi bakar sendiri. Bikinnya menurutku memang ribet, bahkan harus berani kotor-kotoran. Apalagi kalo bakarnya pake kompor. Hmmmmmm.... Kalo malez jangan berani-beraninya nekad bikin begene-begenean. Tapi setelah dimakan, wuiiihhh.... sama yang di rumah makan itu masih enakan bikinanku banget, bisa sampe puas pula makannya. Maknyuuusss....

Yang lagi rajin dan mau bikin begene-beginian monggo dicoba.., I got the recipe from here. Thanks sista.. so helpfull... :D


NASI BAKAR TERI ASIN TUMIS SAWI PUTIH

BAHAN NASI:
 - 2 gelas beras, cuci bersih (aku pake gelas kecil yang bonus dari ricecookernya)
 - 1/2 sdt garam
 - 2 lembar daun salam
 - 2 batang serai, geprek
 - santan secukupnya (aku lupa nakarnya, yang pasti jarak antara beras dan santan 1 garis jari telunjuk

 #Campur semua bahan jadi satu, masukkan ke dalam ricecooker, masak seperti biasa. tunggu mpe matang.


BAHAN TUMISAN:
 - 1 ikat kemangi, ambil daunnya (aku pake sawi putih iris tipis-tipis. Adanya itu dikolkas)
 - 50 gram cabai hijau
 - 1 buah tomat ukuran besar
 - 3 siung bawang merah, iris halus
 - 1 siung bawang putih, cincang kasar
 - 1 batang bawang prai, iris serog (aku gak pake)
 - garam dan gula pasir secukupnya

#Tumis bawang merah, putih, dan cabe merah mpe harum. masukkan sisa bahan lainnya. Masak mpe masing-masing matang merata.

#untuk ikan teri asinnya digoreng garing ajjah.

Cara menyajikan:
 Siapkan daun pisang, bentuk silinder, tekuk bagian salah satu ujungnya, tusuk dengan tusuk gigi, pastikan gak ada yang bocor. Masukkan nasinya sedikit dulu kemudian tumisannya dan ikan terinya. Masukkan nasinya lagi. Tutup ujungnya, tusuk dengan tusuk gigi. Kemudian siap dibakar. Siap sajikan selagi panas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar