Selasa, 20 Mei 2014

IKAN GORENG SAUS SALSA


Hai semuaaaa....

Assalamualaikum Wr. Wb

Emanglah, kalo ikan kadang bikin bingung, mau diapain lagi eyaaakkk. Beda dengan daging ayam atau daging sapi, dibikin apa aja tetep cocok en enak. Kalo ikan kan paling dibegeto-begetoin doank, goreng, kukus, bakar. Kalo digoreng bosen, kukus bosen juga, kalo bakar malez, bikin kotor dapur n teflon. Hehehehe. Mending-mending kalo dipanggang, tinggal masukin oven, masalahnya aku gak ada oven. Kalo ada yang jual fillet ikan masih untung, bisa dibikin sesuka hati. Tapi kalo ada durinya kan sempet bingung. Mentok-mentoknya digoreng plus cocol sambel. Salah satunya sambel salsa ini nih. Terinspirasi dari Top Cheff Ausi (kalo gak salah), terus serching-serching di youtube. Aku lupa ngopy alamatnya. Wong ngasal serching dan buka-buka videonya. Hehehehe.

Sebenernya saos salsa ini termasuk gampang bingit. Tapi yang bikin susah ya dapetin beberapa bahan utama. Berhubung ini sambal dari meksiko, so bahan seperti corriander, thyme, rosemary, dan oregano susah dapetin di sini. Kalo tinggal di Jawa mungkin bisa menemukan bahan-bahan tersebut di supermarket. Nemuin minyak ikan aja kudu menempuh jarak minimal 5 jam. Kudu sekreatifnya aku kalo pengen makan yang dipengenin. Apalagi lidahku doyan banget ma makanan bule. Contohnya, kalo lagi pengen pizza, ya kudu bikin dewe. Saosnya pun bikin dewe. Yaaaa harap maklum, di sini masih dusun. Sedikit cerita, sebenernya kisah dari lelaki surgaku. Pernah lelaki surgaku piknik bareng temen-temen kantornya. Aku sengaja gak ikut, coz aku emang gak mau ikut. Ada salah 2 anak magang sengaja diajak juga. Sudah mpe sana, teruz di ajak makan di KFC, si anak magang nanya "ini cara pesennya gimana?". Sampai di depan kasir "kog mahal-mahal yak, aku gak makan aja". Dan akhirnya ditraktir ma salah satu kawan lelaki surga. Malemnya diajak makan di excelso cafe. Lelaki surgaku dan temen-temennya pada pesen syeak, eeeee.... si anak magang "ada bakso gak, aku bakso aja deh yang sudah jelas rasanya. Kalo pesen itu (steak) takut gak enak". Hadeeeeehhhh.... kug lucu bingit tu anak magang. Aku dicritain lelaki surgaku mpe ngekek. Yaaaaa itu sebagian orang dusun sini yang masih lugu. Tapi gak semuanya gto. Masih ada kug yang gaul.

Kembali ke topik utama, ikan saos salsa. Karena aku terburu-buru bikinnya, so hasilnya kurang sesuai selera. Sebelumnya selalu enak kug. Yaaa harap maklum, tukang sayurnya baru datang jam 11an, sedangkan lelaki surgaku istirahat makan siang jam 12. Seharusnya jam 11 aku udah siap memasak, ini belom siap sama sekali. Yasudah deh, hasilnya begini. Tapi tetep enak kog kata lelaki surga. Emang dia selalu bilang enak setiap kali aku masak. Yar aku mau masak terus kali yak. Ahihihi. Langsung ke resep aja yak kalo begeto. Selamat mencobaaaa....


IKAN GORENG SAOS SALSA

BAHAN IKAN:
 - 2 ekor ikan apa saja, nila, kakap, aku pake ikan gak tau namanya. Yang pasti ekornya warna kuning. Hehehe
 - 1 buah jeruk nipis, peras airnya
 - 1 sdt garam
 - 1/2 sdt lada bubuk

# campur semua bahan, masukkan ke dalam kulkas yar bumbu cepat meresap, diamkan selama 30 menit. Panaskan banyak minyak goreng, goreng ikan mpe matang. Tiriskan.

BAHAN SAOS SALSA:
 - 2 buah tomat merah ukuran besar, rebus bulat-bulat mpe tomat berkerut-kerut
 - 3 siung bawang putih
 - 5 buah cabe merah
 - 8 buah cabai rawit, atau sesuai selera
 - 2 sdm olive oil, atau minyak goreng biasa
 - 1 butir jeruk nipis ukuran besar, peras airnya
 - daun ketumbar secukupny, aku gak pake
 - 1 lembar daun rosemary dan thyme, aku gak pake
 - 2 sendok teh oregano kering, aku gak pake
 - garam dan gula pasir secukupnya
 - 1 sdm minyak ikan

CARA MEMBUAT:
Tumbuk kasar bawang putih, cabe merah, dan cabe rawit. Jangan halus-halus yak. Punyaku yang digambar itu kehalusan. Coz aku pake blender, eeeeee... tiba-tiba kug udah halus. Hehehehe. Lebih amannya di iris-iris aja. Bawang putih cincang kasar, cabe rawit potong kecil-kecil, cabe merah potong serong, dan tomatnya diblender halus.
Panaskan minyak goreng atau olive oil, masukkan bumbu di atas, tumis mpe wangi. Sebentar aja. Kemudian masukkan sisa bahan yang lain. Jangan lupa incip-incip. Kalo udah pas. Matikan api kompot. Siram ke ikan gorengnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar