Sabtu, 07 Juni 2014

ACAR TELUR PUYUH with NASI HIJAU and BUTTER KUBIS



Hai semuaaaa....

Assalamualaikum Wr. Wb

Banyak yang komentar tentang blogku ini. Hmmmmm..... banyak juga yang bilang "sempet-sempet men", yang artinya "kog sempat". Yaaaaa beginilah kegiatanku sehari-hari. Ngeblog menjadi salah satu cara "menghibur diri". Sebenarnya aku gak begitu suka dengan tulis menulis. Tapi karena keadaan yang memaksaku "why not".

Banyak temanku yang bilang "kurang gawean ae" (dibaca: kurang kerjaan aja). Jujur sih, waktu luangku buanyaaaakkk banget. Bisa dibilang aku beruntung, karena gak seperti teman-temanku yang malah kekurangan waktu. Andai aku bisa berbagi waktu, aku akan mengobral waktu yang aku punya. Kalo rentenir jual uang, aku jual waktu. Hahahaha.

Bayangin aja, bangun tidur bikinin sarapan lelaki surga, bersih-bersih rumah, cuci piring, kadang cuci pakaian (itupun pake mesin cuci), kadang nguras kamar mandi, lanjut nonton tv sambil nunggu sayur lewat. (Kalo udah lewat) masak memasak. Setelah jam 12 siang, benar-benar gak ada kerjaan. Cuma nonton tv, tidur siang mpe jam setengah 5, teruz mandi, biz itu maen ke tetangga dekat mpe maghrib. Santae bingit kan kerjaan gueee. So ngeblog deh yang jadi sasaran. Yar kliatan kreatif juga. Hehehehe.

Bdw ke topik utama yak. Kali ini aku postingin resep (katanya) masakan Msia. Namanya acar telor puyuh. Sebelas dua belaslah ma balado telor puyuh. Bedanya ada tambahan cuka dan daun kari. Daun kari ini yang bikin khasnya masakan Msia, kalo di Endonesah bisa diganti dengan kemangi. Kebetulan juga, di dekat rumahku ada pohon daun kari, so tinggal petik deh.

Resepnya kuperoleh dari tetangga baruku, yang kebetulan mantan TKW di Msia. Pernah dia memberiku acar telor bikinannya, dan aku tertarik. Aku tanyain resepnya, dia senang hati memberikannya kepadaku. Untungnya dia wanita yang royal. Gak seperti tetanggaku yang lainnya. Preeettt. Hihihihihi.

Beberapa hari kemudian, aku mempraktekannya, sesuai dengan resepnya. Pertama kali bikin langsung berhasil, rasanya sudah sama dengan punya tetanggaku itu.

Apalagi makannya pake nasi lemak hijau ala aku. Tambah mantaaappph. Bikin lahap makannya. Tapiiiii.... ternyata lelaki surgaku tidak begitu suka dengan nasi lemak. So nafsu makannya jadi malez dan gak bergairah. Hufht... padahal aku suka loh. Never mind.





Ouw iya.... itu gambar nasi lemaknya ancur. Ceritanya lucu, pas mau difoto penampakan masih bagus dan cantik. Eeeeee pas jepret malah mbleber geto. Yaaahhh, anggeplah nasi berapi (dibaca: gunung berapi). Hehehehe. Memalukan.

Bdw kubisnya itu seharusnya untuk lalapan. Berhubung aku gak begitu suka lalapan kubis, yasudah deh aku tumis aja kubisnya pake butter ma kecap asin doank. Tetep enak kug.... 😄. Kalo ada timun, ya aku lalap dengan timun.

Naaahhhh, yang mau mencoba (katanya) masakan Msia ini monggo dicontek. Selamat mencoba eyaaakkk.....



ACAR TELUR PUYUH

BAHAN:
 - 35 butir telur puyuh
 - 1 buah bawang bombay ukuran kecil, potong memanjang
 - 1/2 sdm cuka
 - 2 buah bunga lawang
 - 3cm kayu manis
 - 2 butir kapulaga
 - 1 sdm kecap
 - Garam dan gula pasir secukupnya
 - 2 sdm cabe bubuk (yar yambah pedas)
 - 50 ml air
 - 1 batang daun kari

BAHAN HALUSKAN:
 - 5 siung bawang merah
 - 2 siung bawang putih
 - 3 buah cabe merah
 - 7 buah cabai rawit
 - 1/2 sdt jintan

CARA MEMBUAT:
Tumis bumbu halus, bawang bombay, kembang lawang, kayu manis, dan kapulaga mpe harum. Masukkan telur puyuh, aduk rata. Masukkan airnya, bumbui dengan garam, gula pasir, kecap manis, cuka, dan daun kari. Aduk rata. Tunggu mpe airnya menyusut. Jangan lupa untuk incip-incip. Kalo rasa sudah pas matikan api kompor. Sajikan hangat.

NASI LEMAK HIJAU ala GP

BAHAN:
 - 2 gelas beras (gelas yang bonus dari magic jar)
 - air kaldu secukupnya
 - pasta pandan secukupnya
 - 1 siung bawang putih, haluskan
 - 1 ruas jari jahe, haluskan
 - 1 sdm butter atau margarine
 - 3 cm kayu manis
 - 2 butir kapulaga
 - 2 buah kembang lawang
 - 1 batang daun pandan
 - 1 batang sereh, geprek

CARA MEMBUAT:
Campur semua bahan jadi satu, masukkan ke dalam magicjar, aduk rata. Masak seperti memasak nasi biasa. Tunggu mpe matang.


BUTTER KUBIS

BAHAN:
 - 1/2 bonggol kubis ukuran kecil
 - 1 sdm butter
 - kecap asin secukupnya

CARA MEMBUAT:
Panaskan butter, masukkan kubis. Pastikan kubis tercampur rata dengan butternya. Kemudian tuang kecap asin sedikit demi sedikit. Jangan lupa sering di incip-incip. Kalo rasa sudah pas, matikan api kompor. Sajikan panas.

2 komentar:

  1. hhmmm... nyam nyam,...
    Terima kasih banyak atas resep yang sangat lezat ini!

    BalasHapus
  2. Iyaa.... sama-sama...
    Selamat menikmati.... :D

    BalasHapus