Minggu, 15 Juni 2014

GULAI KEPALA IKAN


Hai semuaaaa....

Assalamualaikum Wr. Wb

Orang sini (Jambi) demen bingit ma gulai. Ya iyalaaahhh... makanan sini kog. Dikit-dikit masak gulai. Ada tetanggaku, sering ku tabyain "masak apo makwo?", jawabnya "nak gulai pucuk ubi" atau "nak gulai ikan", atau "nak gulai ayam". Perasaan setiap hari masak gulai mulu. Ga ada yang laen po?.

Kalo pas aku belanja ikan di pasar. Seperti biasa, belanja di tempat langgananku. Kalo ada penampakan kepala ikan, pasti ada aja ibu-ibu yang nylonong nanyain harga kepala ikan. Iseng-iseng ku tanya "nak dimasak apo makwo?", katanya "dimasak gulai dek". Selalu saja begitu.

Biasanya yang sering di jadikan gulai kepala ikan adalah kepala ikan tongkol atau ikan sisik. Bahkan harga kepala ma harga daging berbeda. Kalo beli seekor beda lagi. Gak tau kalo di Jawa gimana. Mungkin sama kali yak.

Kebetulan kemaren beli ikan ukuran besar (gak tau namanya). Kata yang jual sih enak. Beli seekor. Naaaahhhh.... iseng-iseng khusus kepalanya mau kubikin gulai. Sayangnya aku salah pilih ikan. Ikanku ini sama-sama berdaging merah, tapi gak seenak tongkol atau sisik. Rasa dagingnya hambar. Padahal ikannya udah aku rendam dengan air garam semalaman loh.

Untuk resep gulai asli padang, aku tanya ma tetanggaku. Aku kalo nanya orang lain tentang resep ini resep itu, langsung dijawab, alias mereka langsung tau dan langsung nyebutin bahannya satu-satu dan detail. Nah kalo giliran aku yang ditanyain resep, kudu buka blog dulu. "Tunggu dulu yak, aku lupa bahannya apa aja". #payah. Hehehe

Kalo bikin gulai, menghaluskan bumbunya kudu bener-bener halus. Dulu aku pernah diwanti-wanti dengan tetanggaku "kalo bumbu gulai kudu halus. Kalo bumbu untuk sambal kasar". Pada saat itu aku masa bodoh, apa bedanya, paling cuma tekstur, kasar atau lembut. Rasa sama saja. Pernah aku sengaja bikin bumbu gulai (versiku) yang kasar, ternyata memang berbeda. Lebih enak pake bumbu halus, kalo yang kasar ada rasa sedikit pahitnya (gak tau kenapa). Dan pada saat itu baru mengerti kalo bumbu gulai memang kudu halus. Hehehehe.

Sebelumnya aku pernah posting berbagai jenis dan resep gulai, ini resep yang paling sederhana. Cekidooooottt... selamat mencoba...

GULAI KEPALA IKAN

BAHAN:
 - 1 buah kepala ikan, sebaiknya belah jadi dua. Lumuri dengan air jeruk nipis dan garam supaya amisnya ilang.
 - 2 lembar daun salam
 - 1 ruas lengkuas, geprek
 - daun kunyit, cincang kasar
 - 1 batang serai
 - 250 ml air plus 1 bungkus santan instan yang ukuran kecil
 - garam dan kaldu bubuk secukupnya

BUMBU HALUSKAN:
 - 4 siung bawang merah
 _ 4 siunh bawang putih
 - 3 buah cabe merah
 - 1 ruas jari kunyit

CARA MEMBUAT:
Tumis bumbu halus, serai, daun salam, daun kunyit, dan lengkuas mpe harum. Masukkan kepala ikan, pastikan kepala ikan terolesi bumbu secara merata. Masukkan air. Masak mpe air mendidih. Masukkan santan instan. Aduk pelan-pelan mpe keseluruhan matang. Bumbui dengan garam dan kaldu bubuk. Jangan lupa untuk incip-incip. Matikan api kompor, sajikan hangat bersama nasi hangat dan lalapan pucuk ubi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar