Rabu, 18 Juni 2014

AYAM GORENG TERIYAKI with VEGETABLES


Hai semuaaaa....

Assalamualaikum Wr. Wb

Yuhuuuuuuu..... gak terasa sudah tanggal 18. Sebentar lagi puasa, horeeeeee, 2 minggu lagi. Gak terasa juga, usia pernikahan kami mendekati tahun ke 2 di bulan agustus nanti. "Semoga menjadi keluarga samawa, dan keturunan yang terbaik di sisi Allah. Aamiin".

Menu kali ini adalah ayam saus teriyaki. Berbeda dengan ayam teriyaki lain. Yang lain pake daging ayam fillet. Kalo ayam teriyaki ku ini sengaja gak aku fillet. Soale aku dapet daging ayam bagian paha (susah filletnyaaa). Hehehehe



Seperti biasa, asal cemplang cemplung seadanya di rumah. Lha kug hasil akhirnya setelah di incip-incip, rasanya 90% sama persis dengan ayam teriyaki ala resto-resto. Khususnya resto dat* 'n ch*t. Berarti tebakan resepku bener. Terakhir ke resto itu, sengaja sok pintar menebak nebak bahan-bahannya. Hehehehe.

Bedanya teriyakiku dengan yang di resto, rasanya lebih strong di resto. Teriyakiku terasa lebih kalem. Hihihihihi. Untuk sayurnya aku bikin salad rebus yang simpel dan menawan (haiyah). Ini salad hasil karanganku sendiri. Aku kurang begitu suka dengan sayur mentah, tapi kalo kepepet ato lagi pengen yo why not. Tergantung kondisi dan situasi ;D.

Langsung ke resep aja yak kalo begitu. Tu wa ga gooooo.... selamat mencoba...

AYAM GORENG TERIYAKI WITH VEGETABLES

BAHAN:
 - 250 gram ayam potong lumuri dengan garam dan lada bubuk diamkan selama kurleb 30 menit
 - 1/4 buah bombay ukuran sedang, potong memanjanh
 - 3 siung bawang putih, cincang kasar
 - 1 ruas jahe cincang halus
 - 2,5 sdm kecap asin
 - 2 sdm saus teriyaki
 - 1/2 sdt lada bubuk
 - garam dan gula pasir secukupnya

BAHAN VEGE:
 - 250 gram kembang kol, potong per kuntum
 - segenggam daun sawi hijau
 - 1 buah jagung manis, sisir
 - 2 sdm olive oil (disesuaikan selera)
 - 1 buah jeruk nipis, parut kulitnya (jangan mpe kena kulit warna putih, karena pait)
 - 1-2 buah jeruk nipis, peras airnya
 - garam dan lada bubuk secukupnya

CARA MEMBUAT:
AYAM TERIYAKI: panaskan 2 sdm minyak goreng dan lelehkan 1 sdm butter. Goreng ayam dengan api kecil, tutup wajan. Sering-sering ditengok yak, takut gosong. Jangan lupa di balik ke sisi satunya. Kalo dah matang tiriskan.
Tumis bawang putih, bombay, dan jahe mpe harum. Beri sedikit air, kira-kira 100 ml. Bumbui dengan saus tiram, dan kecap asin. Garam, gula pasir, dan lada bubuk. Hati-hati daLam penggunaan garam. Karena kecap asin dan saus teriyaki sudah asin. Masukkan ayamnya. Tutup wajan sebentar, yar meresap ke daging ayamnya. Tunggu mpe air menyusut dan agak mengental. Matikan api kompor. Sajikan hangat.

VEGE: Rebus semua bahan sayur. Tiriskan. Siapkan mangkok agak besar. Campur sayur dengan semua bahan vege. Jangan lupa tetep pake incip-incip. Aduk rata. Sajikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar