Senin, 09 Juni 2014

TUMIS KANGKUNG BUMBU KUNING dan PERKEDEL TAHU


Hai Semuaaaa....

Assalamualaikum Wr. Wb

Menu ini sudah kusajikan hari sabtu kemaren. Kalo udah masuk weekend, masaknya yang simpel-simpel. Kerjaan rumah numpuk. Cuci piring, masak, cuci pakaian, bersih-bersih rumah, nyetlika. Hari sabtu yang menyibukkan. Terkadang kalo gak sempet nyuci pakaian, terpaksa malem-malem nyucinya. Untung gak bau apek. Terselamatkan, hihihihi.

Sengaja bikin menu kangkung, dan tahu karena: pertama, kangkung adalah sayur satu-satunya yang ada di kulkas. Sudah dalam keadaan di potong2 dan bersih. So tinggal cemplang cemplung. Yang kedua, tahu adalah lauk yang gampang. Gak kudu nunggu dicairkan dulu. Soalnya ikan dan daging yang di kulkas sudah membeku. Aku malas nunggu nyairke, kesuwen. Pake yang gak beku aja.




Rencana, mau bikin telor puyuh juga, di bumbu balado. Tapi pas mobil sayur lewat, yang keinget cuma tahunya doank. Sudah sempet mikir lama juga, tapi tetep gak keingey juga. So telor gatot.

Pengennya menyajikan menu spesial meskipun cara bikinnya simple. Malah cuma 2 menu itu yang nongol. Kangkung dan perkedel tahu. Bagiku sih kurang spesial. Kalo kata Ahmad Dhani "faktor X nya gak ada", ahihihihi. Kalo kata Jupe sih "aku ra po po". Lagi pula nanti kan malming, jadwalnya dinner spesial. Aseeeekkk.



Meskipun kurang spesial, tapi tetep enak kog. Kangkungnya yang pedas manis, dan perkedel tahunya yang gurih bikin lidah nendang-nendang kegirang. Cucok boooo.... :D

Kangkungnya ku bikin bumbu kuning aja. Resepnya sama persis kog ma resep kacang panjang favoritku ini. Resep bahannya aku tulis ulang deh di postingan ini. Dari pada buka-buka postingan yang lama, kan bisa irit kuota. Hahahaha.


Ini nih resepnya. Silahkan mencoba..... gud luck eyaaakkk....


KANGKUNG BUMBU KUNING

BAHAN : 
 - 1 ikat kangkung
 - 2 lembar daun salam
 - 2 cm lengkuas, geprek
 - 100 ml air (sesuai selera) 

BUMBU HALUSKAN:
 - 3 buah cabe merah
 - 10 buah cabe rawit (sesuai selera ato bisa dskip)
 - 6 siung bawang merah
 - 4 siung bawang putih
 - 2 cm kunyit
 - 1 bungkus trasi abc
 - garam dan gula pasir sesuai selera

CARA MEMBUAT:
Tumis bumbu halu, daun salam, dan lengkuas mpe wangi. Masukkan kangkungnya. Pastikan semua kangkung tercampur rata dengan bumbu. Beri air. Aduk rata. Tutup sebentar. Kira-kira 1 mpe 2 menit. Jangan lupa incip-incip. Kalo rasa sudah pas, matikan api kompor. Sajikan hangat.

PERKEDEL TAHU



BAHAN:
 - tahu putih kira-kira 250 gram. Haluskan
 - 2 siung bawang putih, haluskan
 - 1/4 sdt garam
 - 1 sdt merica bubuk
 - 1/2 sdt kaldu bubuk
 - sejumput pala bubuk
 - 2 batang daun sledri, iris tipis

CARA MEMBUAT:
Campurkan semua bahan, aduk rata. Ambil sedikiiitt adonan, kemudian goreng di minyak panas. Goreng mpe matang. Tiriskan. Kemudian cicipi rasanya. Kalo rasa sudah pas, bisa dilanjutkan dengan sisa adonan sampai adonan habis. Goreng mpe matang. Sajikan selagi hangat.

1 komentar:

  1. Halo Mitha!

    Apa kabar? Salam kenal dari kami myTaste Indonesia, Kami melihat bahwa Anda memiliki resep-resep yang lezat dan sangat menarik di blog Anda ini.

    MyTasteIndonesia.com adalah sebuah Jejaring Sosial buat Anda yang menyukai masakan dan juga yang pemilik blog seperti Anda. Banyak blog yang telah menjadi anggota dan mendapatkan keuntungan dari publikasi di situs kami.

    Anda dapat menambahkan blog Anda pada daftar Top Food Blog kami dengan mengikuti link ini: http://www.mytasteindonesia.com/top_food_blogs

    Terima kasih atas perhatiannya.

    Salam myTaste Indonesia,
    Immanuel Kabuhung

    BalasHapus