Minggu, 15 Juni 2014

PEPES TEMPE

Hai semuaaaa....

Assalamualaikum Wr. Wb

Ceritanya lagi pengiritan duit. Sebulan lagi lebaran, harus mudik dan bawa duit buanyak. Yar dikira orang kaya. Hahahahaha. Gak geto juga kaleee. Cerita sebenernya karena kemaren udah kluar duit buanyak. Karena banyak yang dibutuhkan.

Yang menjadi dampak dari pengiritan adalah menu masakan. Biasanya sering makan ikan, daging, ikan, daging. Jarang bingit masak tempe tahu telor. Kali ini diselang seling hari ini tempe tahu atau telor, besok ikan, besoknya lagi tempe lagi, besoknya lagi ayam, dst. Entah akan bertahan sampe kapan seperti itu. Mentok-mentoknya bosen dengan tempe tahu telor, dan kembali seperti semula. Hahahaha... (cuma gaya aja sok pengiritan).

Pernah dulu juga niatnya mau pengiritan kayak gene. Aku dah capek bikin menu tempe tahu yang ku neko-neko (yar gak bosen). Eeeee malah Lelaki surga malemnya (sepulang dari kantor) bawa oleh-oleh ayam *FC. Atau ngajakin makan di luar. Kalo dah begitu berarti tanda bosaaaan. #tapok jidat.

Gak tau deh kalo sekarang gimana ceritanya. Bisa bertahan sampe satu bulan atau hanya seminggu doank. Tunggu cerita selanjutnya. :D


Kali ini menunya adalah tempe dan tahu. Niatnya yar gak bosan, ku bikin pepes tempe. Tahunya kugoreng biasa. Teruz dicocol sambel bawang. Enak sih, hanya saja bahan yang ku pakai untuk pepes tempenya seadanya di rumah. Kayak bumbu perkedel. Hehehehe.

Yar pepesnya kliatan lain dari pada yang lain, ku campur ma jamur kuping. Jamur ini bikin pepes tempenya lebih nikmat. Ada rasa krenyes-krenyesnya. Mantaapph.


Yang disayangkan, tahu yang ada di warung tinggal dikiiiittt. Hanya 7 buah kecil-kecil. Yaaaa daripada gak ada. Karena kurang banyaknya itu, malemnya Lelaki surgaku beli gorengan. Gorengannya tempe ma bakwan doank. Kupikir sudah bosen, ternyata masih amaaan. Hehehe


Langsung aja ke resep yak. Cekidooottt.... selamat mencoba...

PEPES TEMPE

BAHAN:
 - 250 gram tempe, haluskan (aku remet-remet pake tangan)
 - 1 butir telur kocok
 - 4 buah jamur kuping kering ukuran besar, rndam air panas mpe mengembang
 - 1 ikat kemangi, petiki daunnya saja (aku gak pake)
 - 2 sdm kecap ikan atau kecap asin
 - 2 batang daun bawang, cincang kasar
 - 2 buah cabe merah, iris serong tipis
 - garam dan kaldu ayam secukupnya
 - daun pisang untuk membungkus

BAHAN HALUSKAN:
 - 5 siung bawang merah
 - 5 siung bawang putih
 - 1 sdt merica bubuk
 - 1 sdt ketumbar bubuk

CARA MEMBUAT:
Campur tempe dengan semua bahan termasuk bumbu halus kecuali daun pisang. Jangan lupa di incip-incip. Kalo rasa sudah pas, langsung ke step pembungkusan. Sebelumnya bagi adonan menjadi 4 bagian. Siapkan selembar daun pisang, ambil 1 bagian adoanan rapikan, kemudian bungkus. Sematkan tusuk gigi di setiap ujungnya. Lakukan hal serupa mpe adonan habis. Panaskan kukusan, masukkan pepes tempe, kukus kurleb 15 menit. Dinginkan.


Siapkan teflon anti lengket, panggang pepes tempe di teflon, mpe daunnya agak kering. Jangan khawatir kalo ada daun yang gosong. Sajikan selagi hangat.


SAMBAL BAWANG
BAHAN:
 - 2 siung bawang merah, goreng
 - 5 siung bawang putih, goreng
 - 2 buah cabe merah, patah-patah, goreng
 - 10 buah cabe rawit, itis ujungnya, goreng
 - garam dan kaldu bubuk secukupnya

CARA MEMBUAT:
Haluskan semua bahan. Sajikan.

TAHU GORENG
BAHAN:
 - 7 buah tahu putih, ukuran kecil
 - 1 sdt garam
 - 1/2 sdt kaldu ayam
 - air secukupnya

CARA NEMBUAT:
Campur air, garam, dan kaldu ayam mpe rata. Rendam tahu ke larutan garam tersebut. Diamkan kurleb 30 menit di dalam kulkas. Panaskan minyak goreng, goreng mpe kuning kecoklatan dan matang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar