Sabtu, 14 Juni 2014

IKAN GORENG DI PULAU SAYURAN



Hai semuaaaa...

Assalamualaikum Wr. Wb

Menu ini efek nonton master chef junior. Si Zidane bikin aku ngidam. Sudah lama aku gak makan ikan goreng dicocol sambel kecap. Sebenernya ini menu favoritku waktu masih gadis dulu. Apalagi kalo ikannya di bakar.

Ibuku dulu sering juga bikin begene-begenean, tapi gak pake ikan, malah pake tahu goreng doank. Cuma geto aja nafsu makanku berguncang. Nambah lagi dan nambah lagi. Apalagi makannya rame-rame, jadi gak mau kalah deh.

Menu ini hampir ku lupakan selama 2 tahun. Aku jarang bikin sambal. Misal bikin paling sambal terasi atau sambal matah.

Berkat Zidane kemaren, aku teringat dengan masa gadisku dulu. Sebenernya Zidane menyajikan sambal dabu-dabu. Yaaaaa... hampir mirip kan. Kebetulan kali ini jadwalnya mengolah ikan, so dibikin menu ini aja. Mantaaaph.




Sayangnya pas masak ini, pas aku lagi puasa. So harus nahan dulu mpe maghrib. Lucunya, pas makan siangnya Lelaki surga, aku lupa nyiapin sambal kecapnya. Hadeeeehhh.... #efek sambal kecapnya masuk di kulkas (takut disemutin). Ditambah lagi, kata Lelaki surga ikannya kurang asin. Ahihihihi... #efek mengandalkan feeling yang gak tepat.

Berhubung di kulkas masih ada stok sayur sawi, sooooo pake aja deh. Niatnya sih mau pake lalapan timun dan tomat. Tapiii.... daripada sawinya nganggur, mendingan di tumis aja. Sengaja ku tambahin wortel dan jagung manis, yar makin cantik warnanya.

Sayurnya aku tumis pake saos teriyaki. Pengennya pake saos tiram, kembali ke stok di kulkas. Adanya saos tiram, jadilaaaahhh. Kata Lelaki surgaku "sayurnya enak dek". Padahal gak aku tanyain loh. Ahihihihi.



Adzan maghrib sudah terdengar, saatnya berbuka. Tapiiii.... Lelaki surga belum pulang (lembur), soooo terpaksa nahan lagi deh. Soale kalo makan sendirian gak enak. Untuk mengganjal perut, makan seadanya dulu deh. Minum es sprit* (minuman favoritku). Yaaaa aku tau gak baik untuk tubuh, tapi namanya doyan ya why not. Hehehehe. Pengganjal laparnya ngemil kacang telor ma krupuk ikan.

Akhirnya bisa makan jam setengah 8. Lelaki surga sampe rumah, langsung aku lari ke dapur nyiapin makanan. Gak pake sholat isyak dulu, langsung santaaaaapp. Nikmatnyaaaaa. Bener-bener surga dunia. Hehehehe. Yang pastinya aku nambah sepiring lagiii. Enyak enyak enyak.

Yang mau merasakan menuku ini, monggo di contek resepnya. Selamat mencobaaa....

IKAN GORENG di PULAU SAYUR

BAHAN IKAN:
 - 500 gram ikan apa aja bisa nila, kakap, dll (aku gaj tau yang aku pake ikan apaan)
 - 4 siung bawang putih, haluskan
 - 1 ruas kunyit, haluskan
 - 1 ruas jahe, haluskan
 - 1/2 sdt merica bubuk
 - 1 sdt garam

# lumuri ikan dengan bahan yang lain. Aduk mpe tercampur rata. Diamkan 30 menit di dalam kulkas. Kemudian goreng di minyak goreng panas yang banyak. Tiriskan.

BAHAN SAYUR:
 - 200 gram sawi hijau
 - 200 gram wortel, kupas , potong korek api
 - 259 gram jagung manis, sisir
 - 5 siung bawang merah, iris tipis
 - 2 siung bawang putih, cincang kasar
 - 2 sdm saos teriyaki
 - 50 ml air
 - garam dan penyedap rasa secukupnya (ingat, hati-hati karena saos teriyaki sudah asin)

# tumis bawang putih dan merah mpe harum. Masukkan saos teriyaki. Aduk rata. Lanjutkan dengan jagung manis dan wortel. Kira-kira sudah setengah matang, masukkan sawi hijaunya. Aduk rata. Beri air, aduk rata. Bumbui dengan garam dan penyedap rasa. Jangan lupa incip-incip. Jika rasa sudah pas, pastikan semua bahan matang. Terakhir masukkan larutan maizena. Aduk mpe kental sebentar saja. Matikan api kompor. Sajikan.

RESEP SAMBAL KECAP:
 - 3 siung bawang putih, iris halus
 - 10 buah cabe rawit, iris kecil2
 - 1 buah tomat ukuran kecil, potong dadu kecil
 - 1 sdt merica bubuk
 - kecap manis secukupnya (ngasal nyampur)

# siapkan mangkuk kecil. Masukkan semua bahan ke dalam mangkuk. Aduk rata. Siap dicocol dengan ikan gorengnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar