Senin, 16 Juni 2014

IKAN GORENG KECAP ASIN dan TUMIS KEMBANG KOL KACANG PANJANG


Hai semuaaa....

Assalamualaikum Wr. Wb

Ini menu sudah aku buat hari minggu kemaren. Seperti biasa, kalo weekend gene berkutat ke dapurnya gak seperti di hari-hari biasa. Masaknya cuma untuk maksi ajah. Soale makan malamnya jajan di luar. Yaaaaa..... sensasi baru geto. Biar fresssshhhh.... ;D

Ini resep hasil ngasal-ngasalanku. Lebih tepatnya hasil dari kebingungan. Lha aku bingung mau masak apa, jadine ngasal cemplang cemplung. Yang penting bumbu dasar garem ma lada selalu tersedia, hehehe. 

Pas buka kulkas liat kecap asin. Dulu aku selalu kehabisan kecap asin. Setelah beli yang botol besar "kug gak abis-abis siiiihh". Untungnya masa kadaluwarsanya masih luammmaaa. Aman laaahhh.

Tiba-tiba saja terbesit olehku, biasanya aku ngrendam daging ayam pake air garam. Naaahhh, kalo diganti ma kecap asin gimana yak. Kan sama-sama rasa asin. Karena hari ini adalah jadwalnya aku mengolah ikan, oke deh, mencoba membumbui ikan dengan kecap asin. Aku diamkan selama 1 jam lebih (penasaran kalo didiamkan semalaman). Berhubung aku masih kirang yakin dengan amis ikannya, so kutambahi irisan jahe, bawang putih, daun bawang, dan daun seledri.

Hasilnya... hehehehe, enak loohhh, apa lagi kalo pake ikan fillet. Sepertinya lebih enak. Aku pake ikan yang masih ada tulangnya. Kebetulan ikanku ini durinya tajem-tajam. Pas makan kalo ketemu duri nyluncep nyluncep di gusi. Tapi nafsu makanku wow. Lahaaaaappp bener. :D

Langsung ke resep yiak.... selamat mencoba....



IKAN GORENG KECAP ASIN DAN TUMIS KEMBANG KOL KACANG PANJANG

BAHAN:
 - 500 gram ikan seauai selera,bisa pe nila, kakap, dll
 - perasan air jeruk (1 buah)
 - 1/2 cup kecap asin (sekitar 65 ml)
 - 1 batang daun bawang, cincang kasar
 - 2 batang daun seledri, cincang kasar
 - 2 siung bawang putih, cincang kasar
 - 1 ruas jahe, iris tipis
 - 1/4 sdt garam
 - 1/2 sdt lada bubuk

# campur semua bahan jadi satu, kecuali ikan. Aduk rata. Masukkan ikannya. Aduk pelan-pelan. Diamkan kurleb 30 menit di dalam kulkas.
Panaskan teflon anti lengket. Masukkan 2 sdm minyak goreng, dan 1 sdm butter. Masukkan ikan yang sudah di rendam. Tunggu mpe sisinya matang dan berubah warna. Tiriskan.

BAHAN TUMIS:
 - 1 sdm butter
 - 1 sdm minyak goreng
 - 200 gram kembang kol, potong perkuntum
 - 2 lonjor kacang panjang, potong sesukanya
 - kecap asin, sisa rendaman ikan
 - sedikit garam, dan lada bubuk sesukanya.

# panaskan minyak goreng dan butter. Masukkan bahan sayur. Pastikan sayurnua semua teroles rata dengan minyak. Bumbui dengan garam dan lada bubuk sesikit saja. Karena rendaman ikan sudah asin. Lanjutkan dengan memasukkan rendaman ikan tadi. Aduk rata. Jangan lupa di incip-incip. Terakhir, tuang larutan maizena, aduk mpe kental. Matikan api kompor. Sajikan hangat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar