Kamis, 19 Juni 2014

AYAM PANGGANG TUMIS KACANG PANJANG dengan TERASI


Hai semuaaa....

Assalamualaikum Wr. Wb

Hasil keisenganku kali ini adalah memanggang ayam pake magic jar. Kedengarannya sih konyol, namanya aja iseng. Sebelumnya aku pernah bikin lele panggang pake magic jar juga. Hasilnya fantastic. Bisa jadi pengganti oven. Hehehehe (mekso). Ini hasil ayam panggangnya. Not bad laaahhh.




Pernah juga aku bikin bolu panggang pake magic jar. Hasilnya wow, amazing. Pernah juga iseng-iseng bikin kue kering dengan cara yang sama, hasilnya ahay renyah. Meskipun bagian bawahnya agak gosong. Hehehehe. Gak punya oven magic jar pun jadi.

Tapi ingat yak, magic jar itu kan slow cooker, jadi matangnya agak lama. Harus di ceklekin berkali-kali. Dan harus sering di lihat-lihat, yar tau kadar kematangannya.

Ide memanggang menggunakan magic jar berawal dari tetanggaku. (Maaf) perekonomian dia bisa di bilang kurang mampu. Sering gak ada uang, sampe-sampe anaknya (1 smp, dan 3 sd) kerja sebagai kuli bangunan, dibayar 5rb per hari. Untuk makan mereka mengandalkan dari dermawan yang mau membagi masakannya. Pernah gas dia habis, dan gak bisa beli gas. Otomatis gak bisa masak. Dia nekad masak tumis sayur di magic jar, dan alhasil sempurna. Meskipun agak lama. Karena hal itulah yang menimbulkan beberapa ide untuk membuat sesuatu menggunakan magicjar.

Aku sebenernya suka banget makan daging ayam, yang kalo di potong keluar air dari dagingnya, kalo bahasa ala chef nya (kalo gak salah) juicy. Produk gagal selalu aku alami untuk mendapatkan daging yang juicy. Memang susah sih. Itu dulu, sekarang sudah menemukan triknya, meskipun juicynya gak se ekstrim yang di tipi-tipi. Hehehehe.

Setiap hari masak memasak, sudah terbiasa dengan bahan-bahan dapur. Dulu setiap hari selalu sercing-sercing resep di google. Pas kuota habis, nangis darah. Bingung mau masak apa. Mentok-mentoknya nanya ibu atau orang lain. Sekarang sudah berbeda. Malah sok bikin masakan ala chef geto #tapok jidat. Tapi untuk resep tertentu, masih tetep nyontek blog dulu. Hehehehe. Yaaaaa.... setidaknya sekarang bisa berkreasi dengan bahan seadanya di dapur.

Langsung ke resep aja yak.... selamat mencobaaa...




AYAM PANGGANG TUMIS KACANG PANJANG DENGAN TERASI

BAHAN:
 - 250 gram daging ayam
 - 4 siung bawang putih, haluskan
 - 1 ruas jari jahe
 - 1 ruas jari kunyit
 - 1 sdt lada bubuk
 - garam dan gula pasir secukupnya

# lumuri ayam dengan bahan yang lain. Diamkan kurleb 30 menit di dalam kulkas. Panaskan 2 sdm minyak goreng dan 1 sdm butter. Goreng ayamya dengan menggunakan api kecil. Kalo sisi liarnya sudah kuning kecoklatan, balik ke sisi yang lain, lakukan hal yang sama. Siapkan loyang (kalo aku pake wadah magicjar yang buat bikin nasi tu loh), panggang mpe matang. Kalo pake magicjar (kalo aku) nyekliknya dua kali. Kalo dah matang siap sajikan.

TUMIS KACANG PANJANG
BAHAN:
 - 100 gram kacang panjang, potong 1 cm
 - 3 siung bawang merah, iris halus
 - 3 siung bawang putih, cincang kasar
 - 1 sachet terasi a*c, bakar
 - 1/2 sdt lada bubuk
 - garam dan gula pasir secukupnya
 - 50 ml air

CARA MEMBUAT:
Tumis bawang merah dan bawang putih mpe harum. Masukkan terasi bakar. Aduk mpe hancur. Masukkan kacang panjang, aduk rata. Pastikan kacang panjang terlumuri minyak secara merata. Masukkan air, bumbui dengan lada, garam, dan gula pasir. Aduk rata. Jangan lupa incip-incip. Masak mpe keseluruhannya matang dan airnya agak menyusut. Matikan api kompor, sajikan hangat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar