Selasa, 23 September 2014

CAKE PISANG KUKUS LORENG-LORENG HIJAU COKLAT



Hai semuaaaa....

Assalamualaiku. Wr. Wb

Dapet pisang dari teman lama. Tapi pisangnya jelek. Aku gak tau sih, pisang apaan. Yang penting pisang. Hehehe.

Padahal pisangnya warna kuning matang, dan cantik. Eeeeee.... pas dimakan kug daging pisangnya keras, dan ada rasa sepetnya. Rencana mau dibikin langsung cake pisang. Gara-gara daging yang masih keras, sooo nunggu benyek ajak. Dah di tunggu 4 hari gak empuk-empuk. Sayang dibuang (masih bisa di makan kug), akhirnya ku paksa untuk bikin cake pisang. Soale dah kepingin cake pisang berhari-hari yang lalu.

Nyontek resep dari sang ahli, mbak Endang. The best dah. Belum pernah aku dapet resep gak enyak dari mbak Endang. Selalu enaaaakkkk terus. Dan selalu berhasil bikinnya. Tarararangkyu.... :D

Komentar para teman-teman dan tentunya mas Lelaki Surga, semuanya bilang enak. Hanya saja kata trmen-temen, pasta pandannya kebanyakan. Warnanya norak. Kliatan banget kalo pake pasta pandan. Terlalu nyentreng. Tapi untuk rasa enaaak. Cuma warna ijonya aja yang nyolok.

Malah parahnya, saking keseringan bikin cake. Ada salah satu tetangga berencana untuk bawa pisang ma happy call ke rumah. Maksudnya minta dibikinin cake gto. Hadeeeehhh... ya gak papa sih. Asal pas aku lagi mood aja en kurang ada kerjaan. Kalo lebih bagusnya mending pesan cake aja sama aku. Hahaha.... malah bisnis. Dikiranya aku bisa bikin cake. Wong masih nyontek sana sini kug. Kuota abis, ya gak bisa masak. Hihihihihi. Niatnya bikin blog gaweanpawon ini kan untuk pengingatku. Dan tentunya contekanku. #tapok jidat...

Tapi gak papa dink, jadi tukang bakery. Teruuusss.... ada yang mau pesan? #yuuukkk diborong diborong diboroooonggg.... ayo donk diborooongg...




Kembali ke topik utama. Untuk proses memasaknya gak ikut-ikutan pake kukusan alias di kukus. Iseng-iseng pake magic com. #padahal males nyuci panci kukusan yang segede itu (emangnya gede yak..hmmmm). Tralaaaa.... ternyata jadiii. Meskipun bagian bawahnya ada gosong2nya gto. Laen kali harus pake lapisan alumunium foil. Gosongnya gak parah-parah banget kug. Cuma bagian paling bawah doank. Untuk tekstur tetep lembuuuuttt. Tapi lebih gampang gogrok. Pas di iris cakenya ato pas di makan. Pasti ada serpihan cake bercecer. Bdw, aku kog suka yang bagian gosongnya. Hehehe. Untuk lapisan atasnya kayak bulan. Bolong bolong cetek.




Cara masaknya pun sama kayak masak nasi biasa. Cuma di ceklik 3x matang deh. Jadi ceklik pertama, tunggu mpe pindah ke warm. Tunggu sekitar 10 menitan. Ceklik lagi ke cook. Ulangi mpe 3x ceklik. Awalnya sih was-was. Takut bantat dan produk gagal. Pas ngecek kematangan, wuaaaaaa.... mengembang sempurna. Duuuhhh.... senengnyaaaa. Gak butuh happy call lagi. Sepertinya lebih butuh oven listrik deh... hihihihi (malah nglunjak).

Langsung ke resep aja yak kalo begeto... wan tu tri goooooo..... selamat mencobaaa...



CAKE PISANG LORENG-LORENG
(resep asli from here )

BAHAN:
- 650 gram pisang ambon, emas, raja atau kepok yang sangat matang, hancurkan hingga lumat
- 3 butir telur ukuran besar, kocok lepas
- 2oo ml minyak sayur atau zaitun
- 200 gram gula pasir
- 1 sendok teh garam
- 350 gram tepung terigu serba guna atau protein rendah (misal Segitiga Biru atau Kunci Biru)
- 2 sendok teh baking powder (pastikan fresh, double acting dan cek masa kedaluarsanya)
- 1/2 sendok teh baking soda
- 1/2 sendok teh vanili bubuk atau 1 sendok teh vanila ekstrak
- 2 sendok teh pasta coklat (saya menggunakan pasta Black Forrest)
- 2 sendok teh pasta pandan hijau

Cara membuat:
(Versi Kukus) Siapkan loyang bulat diameter 20 cm. Olesi mentega dan taburi tepung pada permukaannya. Sisihkan. Siapkan dandang kukusan, beri air agak banyak. Panaskan hingga air mendidih.

(Versi Magic Com) Aku pake wadah magic com. Olesi minyak dan tepung. Tuang adonan ke dalamnya. Masak seperti masak nasi biasa. Ceklik ke cook. Diamkan mpe pindah ke Warm. Kalo udah ke warm, biarkan 10 menit. Setelah 10 menit kemudian ceklik lagi ke cook. Ulangi mpe 3x ceklik (tergantung kematangan).

Siapkan mangkuk, masukkan bahan kering seperti tepung terigu, garam, vanili bubuk, baking powder dan baking soda. Aduk hingga rata menggunakan spatula.

Siapkan mangkuk besar, masukkan pisang lumat, gula, minyak dan telur kocok, aduk menggunakan spatula hingga tercampur dengan baik. Tuangkan campuran tepung ke dalam adonan pisang bagi dalam dua tahap. Aduk perlahan dengan spatula hingga tercampur baik. 

Note: jika tepung bergumpal-gumpal, mikser sebentar dengan kecepatan rendah sekitar 1 menit hingga tepung bercampur baik dan gumpalan hilang.

Bagi adonan menjadi dua bagian, satu bagian diberi dengan pasta coklat atau pasta black forrest sementara bagian lainnya diteteskan dengan pasta pandan hijau. Aduk hingga tercampur rata. 

Menggunakan sendok sayur tuangkan satu sendok adonan coklat ke dasar loyang. Kemudian dengan sendpk sayur yang memiliki ukuran yang sama ambil adonan hijau dan tuangkan secara hati-hati di atas adonan coklat yang telah kita tuangkan sebelumnya di loyang. Lakukan kegiatan ini secara berselang-seling hingga hampir mencapai tinggi loyang. Jika anda menggunakan loyang bulat diameter 20 cm maka adonan bisa untuk dua buah loyang cake. 

Masukkan loyang berisi adonan ke dalam kukusan yang telah panas mendidih. Tutup permukaannya dengan kain bersih yang menyerap air. Tutup rapat dengan penutup kukusan.

Kukus selama minimal 45 menit dengan api sedang tanpa dibuka sama sekali selama proses pengukusan. Jika cake telah matang, keluarkan dari dalam kukusan, biarkan sejenak hingga hilang uap panasnya. Balikkan cake di piring dan potong-potong sesuai selera.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar