Selasa, 30 September 2014

OREO CHEESE CAKE KUKUS


Hai semuaaa.....

Assalamualaikum. Wr. Wr

Hari jumat kemaren, bikin cake ultah bareng bu Cha. Ini pertama kalinya aku bikin cake gak sendirian, dan pertamakalinya bikin cake ultah untuk orang laen, selain Lelaki Surgaku. Sempet dag dig dug.... takut produk gagal dan mengecewakan. Malah jadi pikiran mpe hari Minggu. Kalo gak enak kan aku jadi malu. Image aku bisa bikin cake pudar duonk. #haiyah... emang siapa yang punya pikiran kalo aku isa bikin cake.

Komen bu Cha rasanya enak en yummmyyyy, tapi agak bantet. Mungkin kelamaan di kulkas kali yak. Kata Mas Irwan juga enak. Di pikiranku, enak beneran ato enak-enakan. Kali aja mereka bilang enak karena sungkan ma aku. Hihihihi.... negthink duluan.

Hari seninnya, ternyata bu Cha sengaja nyisain cakenya buat aku. Itu poto pemberian bu Cha. Maap yak, cakenya amburadul. Maklum, masuk dalam tuppy jadinya ancur geto. Hihihihi. Setelah aku nyicip sepotong... huwaaaaa.... ekspresiku sumringaaaaah bingit. Baru ku sadari, aku bisa bikin cake. Dan cakenya enyaaaaak. Sebenernya makan sepotong kurang. Eeeeee.... baru di tinggal mandi bentar dah diabisin Lelaki surga. Next time bikin lagi aaahhh. Alhamdulillah, cakeku gak malu-maluin, meskipun agak bantat. Bantatnya karena kelamaan di simpen di kulkas kali yak. Soale pas sebelum masuk kulkas, mengembang sempurnaaa.




Ada cerita tentang whippy creamnya. Biasanya aku pake krim kental. Ini pertama kalinya aku bikin toppingnya dari whippy cream merek haan, yang bubuk itu loh. Di kardusnya ada cara membuatnya. Tapi ada rasa ragu. Takut gagal. Aku beli yang 200gr. Ku pikir 200 gr itu sedikit. Setelah di mikser, huwaw.... jadi buanyaaaaakkkk, dan kebanyakan. Akhirnya bersisa banyak deh. Lha wong cakenya pake loyang bulet kueciiiilll. Nih poto cakenya, nyempil di tengah-tengah. Hehehehe....



Pokoknya, cake ini recomended deh.... aku sukaaaaa bingit.... #perasaan ini yang kedua kalinya. Kug baru nyadar kalo enak. Hihihihi.

Wokeeee.... langsung ke resep yak.... ji ro lu goooooo.....

OREO CHEESE CAKE KUKUS
Resep by dapur vanila

BAHAN:
 - 7 btr telur
 - 130 gr gula pasir halus
 - ¼ sdt garam
 - ½ sdm emulsifier
 - 175 gr terigu protein rendah
 - 25 gr susu bubuk
 - ½ sdt baking powder
 _ 100 ml santan kental instan
 - 50 gr margarin, lelehkan
 - 100 gr oreo tanpa krim, cincang kasar

Bahan lapisan tengah: 4 lbr keju slice

CARA MEMBUAT:
Campur terigu, susu bubuk dan baking powder.  Ayak.  Sisihkan
Campur santan dan margarin/butter leleh. Aduk rata.  Sisihkan.
Kocok telur, gula, garam dan emulsifier sampai mengembang.  Masukkan campuran terigu sambil diayak dan diaduk perlahan.  Tambahkan campuran margarin, aduk rata. Masukkan oreo, aduk rata lagi.
Tuang ½ bagian di loyang kotak 22 x 22 x 7 cm yang dialas kertas roti tanpa dioles margarin.
Kukus di atas api sedang selama 15 menit.  Tata keju.  Tuang sisa adonan.  Kukus lagi selama 25 menit sampai matang.

Untuk TOPPINGNYA:
 - 100 gr whippy cream haan (di kira-kira sendiri aja yak), campur dengan 200ml air es. Aduk rata.
 - 3 sdm mentega putih
 -1 sachet susu kental manis
 - 100 gr keju chedar parut

Cara membuat:
Campur semua bahan kecuali keju parut, kocok menggunakan mikser dengan kecepatan rendah. Kocok mpe mengembang. Jangan terlalu lama mengocoknya, soalnya kalo kelamaan whippy creamnya bisa mencair (katanya sih begeto, hehehe). Kalo sudah mengembang, oleskan ke cakenya mpe rata dan rapi. Taburi dengan keju parut. Sajikan. Selamat mencobaaa....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar