Sabtu, 20 September 2014

LASAGNA KUKUS TAHU SAUS TIRAM (lasagna ala Endonesah)


Hai semuaaaa....

Assalamualaikum. Wr. Wb

Ini nih lasagna meksoooo. Yaaaa.... hasil dari kepengen lasagna, tapi gak kesampaian ya begene nih #mesake tenin yak. Inspirasinya dari Bu Sisca Soewitomo. Beliau termasuk cheff favoritku nomer 2 setelah cheff Bara. Hehehehe. Aku bisa masak yo karena mereka. Numpang certa yak. Dulu semasa masih kecil (masa SMP kali yak), aku suka bingit nonton acara masaknya Bu Sisca. Dulu kan Bu Sisca sering nongol di salah satu stasiun TV Swasta. Setiap kali Beliau nongol, aku selalu siap bolpen sama buku. Mencatat semua masakan yang dipraktekin Bu Sisca. Tapi cuma nyatet thok. Gak pernah di praktekin. Terus Bu Sisca udah (bisa dibilang) gak nongol lagi di TV. Penggantinya waktu itu Cheff Bara, yang pastinya di channel yang berbeda. Masakan yang disajikan Cheff Bara lebih menarik, dan variatif. Kalo Bu Sisca seputar masakan nusantara, kalo Bara lebih mendunia. Hehehehehe. Selain itu, Bara ganteng. Ada manis-manisnya gto deh. Item manis. 😄. Naaaahhh.... akhirnya berani mempraktekan segala macam masakan setelah nikah. Gagal berhasil gak masalah. Yang penting melepas penasaran. Kegagalan awal dari keberhasilan #hassseeekk. Sekarang, disaat aku membutuhkan para cheff, malah mereka gak nongol. Misalkan ada cheff, itupun kurang kreatif (bagiku). Pengennya sih Bara is the best. Dan anehnya, kalo aku masak dari resep Bara pasti hasilnya selalu enak. Gak tau yak kenapa. Mungkin karena udah ngefans duluan kali yak. So yang dipegang Bara pasti enak. Hahahaha. Bdw aku demen Bara tapi kug di Blog gak ada resepnya Bara. Waaaahhh.... kalo itu gak tau juga yak kenapa. Yang pasti alasan utamanya adalah lupa taking picture before actually eat. Contohnya lasagna kukus roti tawar, pizza bollognise, fettucine, dll.

Kembali ke topik utama. Sempet menuku ini keasinan. Setelah aku uplak uplik alhamdulillah perfectooooo. Mas Lelaki Surga mpe nambah looohh. Aku sueneng deh kalo mas Lelaki Surga nambah makannya. Berasa masakanku paling wenak sak jagad raya merdeka #meksoooo, hahahahaha.


Begitul penampakan lasagna ala endonesah. So nyummmyyy. Yang mau mencicipi silahkan bikin sendiri. Aku kasih contekan resepnya. Tenangke atimu bunda-bunda.... 😄


LASAGNA KUKUS TAHU SAUS TIRAM 

BAHAN:
 - 3 buah tahu, kurleb 150 - 300 gram, belah dua melebar
 - 150 gr daging ayam giling
 - 1 sdm tepung terigu
 - 1 butir telur, kocok lepas
 - 1/2 sdt lada bubuk
 - garam dan gula pasir secukupnya
 - kaldu bubuk (optional)
 - 1 batang daun bawang

BAHAN SAUS TIRAM:
 - 2 sdm saus tiram
 - 1 sdm saus tomat
 - 1 sdm saus cabe botolan
 - 1 sdm minyak goreng
 - 1 sdt minyak wijen
 - 1/4 sdt merica bubuk
 - garam secukupnya
 - 2 ruas jahe, cincang halus

BAHAN PELENGKAP:
 - 1 batang daun bawang
 - 1 buah cabe merah
 - daun ketumbar (aku gak pake)
 - 1 buah wortel potong kotak kecil-kecil

CARA MEMBUAT:
Siapkan wadah tahan panas, tata tahu ke dalam wadah. Di wadah yang lain, Campur ayam giling, tepung terigu, telur, garam, merica, dan gula pasir, aduk rata. Masukkan di lapisan atas tahunya. Di wadah yang lain (pake wadah bekas campuran daging ayam), campur semua bahan saus, aduk rata. Oles ke lapisan atas ayam tadi. Oles yang rapi. Taburi dengan bahan pelengkap. Panaskan panci kukusan yang di isi air, tunggu mpe mendidih. Masukkan lasagna saus tiram ke dalam kukusan. Tutup, diamkan kurleb 15-20 menit. Matikan api kompor, angkat lasagnanya. Potong sesuai selera. Sajikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar