Selasa, 09 September 2014

Mudahnya Membuat PIZZA HOMEMADE Menggunakan Magic com


Hai semuaaaa....

Assalamualaiku Wr. Wb


Hayooooo..... siapa nih yang gak kenal dengan si Pizza, si bundar yang yahuuuttt... tapi gak pake bolong tengahe yaaa. Bagi yang belum kenal, kog kasihan bingit yak nasib elooo... hehehehe... #peace. Pastinya udah pada tau donk. Sering nongol di iklan tipi kug. Kebangeten banget kalo gak tau 😄.

Sebelumnya aku sudah pernah posting resep pizza goreng homemade yang menurutku kurang perfectooo. Masih penasaran dengan adonan rotinya yang empuk. Berkali-kali bikin dan bereksperimen masih kurang sesuai dengan yang ku inginkan. Sampe akhirnya aku dapet telpon dengan seseorang yang ada diseberang pulau sana, indhut namanya. Yang konon katana beliau sering bikin pizza menggunakan magic com. Hmmmmm.... baru kusadari, dulu aku pernah bikin bolu pake magic com. Dan alhasil berhasil. Aku gak kepikiran bikin pizza menggunakan cara yang sama. Ini gak dikukus loh yah. Tapi kalo menurutku dipanggang. Tapi namanya magic com, si slow cooker, so bikinnya agak lama. Kalo biasanya aku bikin bolu bisa "ceklak ceklik" magic com mpe 3x baru matang. Kalo pizza ini cuma sekali "ceklik" biarkan ke warm selama kurleb 30 menit, and whollhaaaa... jadi deh pizzanya.

Pada saat proses pemanggangan, aroma pizzanyaaaa haruuummmm. Gak sabar pegen ngemplok tu pizza. Apalagi pas sudah waktunya di angkat dari magic com, wuiiihhh.... mantaaaphh. Suapan pertama, hmmmmm.... nyummmyy.. tapi sayangnya adonan rotinyat erlalu tebal. Mungkin karena pas proses menguleni bahannya ada kecerobohan yang sering aku lakukan #tapok jidat. Tapi aku akui, resep pizza yang ini lebih enak daripada pizza goreng homemade. Adonan roti pizza ini lebih empuk, tapi agak seret. Mungkin karena efek kebanyakan tepung kali yak. Next time aku coba lagi, sampe aku menemukan adonan roti pizza yang persis di Pizza Hut. Haaaaahhh.... sepertinya kug mustahil... hehehehe... yang penting teruz berjuang demi masa depan yang cerah. #haiyah....

Untuk saus, ada 2 jenis saus. Saus merah dan saus putih. Saus merah dari tomat merah n garlic. Kalo saus putih dari susu cair dan keju. Ada kesalahan yang aku lakukan terhadap saus putihnya. Seharusnya menggunakan keju quick melt. Dengan pedenya aku memotong kotak2 keju cheddarku (keju biasa). Alhasil, kejunya gak mau meleh. Makanya jadinya seperti gambar ini. Dasar aku sembrono. Kalo pake cheddar harusnya diparut, bukan potong kotak-kotak.


Gak jadi masalah sih, yang penting kan rasanya enak, dan bisa dimakan. Bdw rasa rotinya hambar. Kalo mau lebih mantap kasih garam ma bawang putih. Sepertinya menurut bayanganku lebih enak deh.

Bahan topping aku pake seadanya di rumah. Ada sosis dan bawang bombay doank. Bawang bombaynya ku potong dadu. Boleh kug dipotong memanjang. Yaaaa disesuaikan dengan selera masing-masing.


PIZZA HOME MADE MAGIC COM

BAHAN ROTI:
 - 250 gr tepung terigu protein sedang
 -  3 sdm susu cair
 - 1 butir telur, kocok
 - 1/2 sdm olive oil, bisa pake minyak goreng biasa
 - 1 sdm margarin
 - Air es secukupnya
 - 1/2 sdm ragi a.k.a fermivan

CARA MEMBUAT:
Campur semua bahan. Ulenin mpe kalis. Kalo sudah kalis biarkan selama 30 menit ditutup dengan lap bersih yang basah. Sambil menunggu mpe 30 menit, bikin sausnya.

BAHAN SAUS MERAH:
 - 300 gram tomat merah
 - 2 siung bawang putih, haluskan
 - 3 sdm saus sambal botolan, bisa diseauaikan pedasnya
 - garam secukupnya
 - 1/4 sdt lada bubuk

CARA MEMBUAT:
Blender tomat mpe halus. Tumis bawang putih mpe harum. Masukkan tomat yang diblender. Bumbui dengan garam, dan lada bubuk jangan lupa incip2. Kalo rasa sudah pas, matikan api kompor.

BAHAN SAUS PUTIH:
 - 100 ml susu cair
 - 100 gr keju chedar parut (bisa menggunakan keju quick melt, potong dadu)
 - 1 sdm tepung terigu
 - garam secukupnya

CARA MEMBUAT:
Campur susu cair dengan tepung. Rebus adonan susu, masukkan keju. Aduk rata mpe keju meleleh dan kental. Kalo kekentalan bisa ditambah susu cair atau air biasa. Matikan api kompor.

BAHAN TOPPING:
 - sosis
 - bawang bombay
 - jamur kancing kalengan (aku gak pake)
 - paprika (aku gak pake)
 - bubuk oregano untuk taburan
(Bahan topping bisa disesuaikan dengan selera masing3)

CARA MENGOLAH:
adonan roti yang telah didiamkan 30 menit, ulenin kembali sebentar. Bentuk adonan bulat pipih seperti roti pizza pada umumnya. Adonan rotinya sesuai dengan wadah magic com. Jangan lupa wadah magic com diolesi dengan minyak goreng dan tepung. Masukkan adonan roti ke dalam wadah magic com. Olesi dengan saos merah, beri bahan topping, lanjutkan dengan saus putih. Masak ke dalam magic com, seperti masak nasi biasa. Klik tombol cook. Kalo tombol sudah pindah ke warm, tunggu selama 30 menit. Siap sajikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar