Kamis, 06 Maret 2014

BIHUN GORENG SINGAPORE


Hai Semuaaa...

Assalamualaikum Wr. Wb

 Selalu penasaran dengan masakan "bule". Bukan berarti aku gak bangga dengan masakan pribumi. Namanya manusia, sah-sah aja duonk kalo penasaran. Ingin juga merasakan makanan bule. ahihihihihi...

Resep ini aku peroleh dari webnya mbak Endang. Thank you so much mbak yu. Jangan ngambek yaw kalo aku sering nyontek resepnya mbak :D. Perbedaan bihun singapore ini dengan yang lain adalah penggunaan kari instan. Aromanya yang khas, bikin nambah dan nambah teruz.

Beberapa hari yang lalu, ada tetangga baruku ngasih bihun goreng. Tapi menurutku rasanya kurang sedap. Gara-gara tetanggaku itu, aku jadi gregetan pengen bikin bihun yang enak. Rasanya tu pengen pamer ke dia "ini loh yang namanya bihun goreng". Tapi whateverlah, anggap aja dia baru belajar masak (maklum pengantin baru). Hahahahahaahaha. 

Sebenernya aku masih penasaran dengan bihun goreng ala mbah-mbah yang jualan kelililing. Waktu aku kecil dulu, sering ke rumah nenekku. Setiap pagi pasti ada mbah-mbah yang jualan keliling sambil nggendong bakul yang isinya berbagai macam makanan yang dibungkus kertas koran. Salah satunya ya bihun favoritku. Rasanya tu manis gurih. Beberapa kali bikin dan menerka-nerka resepnya, kug gak bisa seenak yang dijual mbah-mbah itu. Dan akhirnya bendera putih yang ada di otakku. #huft.

Kembali ke bihun singapore, komentar Lelaki sugaku "enak dek". Duh senengnya hatiku ini. Pa lagi Lelaki surgaku nambah mulu. "tambah endud yak sayank" :D. Bdw langsung ke resep yak.. Selamat mencobaaa.....

BIHUN GORENG ALA SINGAPORE

BAHAN:
 - 200 gram bihun, rebus, tiriskan
 - 150 gram udang ukuran sedang, kupas, cuci bersih, lumuri dengan jeruk nipis
 - 5 buah cumi-cumi, potong cincin, cuci bersih, lumuri dengan jeruk nipis
 - 3 buah wortel ukuran sedang, potong korek api
 - 100 gram buncis, potong 2 cm
 - 2 batang daun bawang, cincanh kasar
 - 3 batang seledri, cincang kasar

BAHAN LAIN:
 - 1 buah bawang bombay ukuran kecil, cincang kasar
 - 5 siung bawang putih, cincang kasar
 - 2 siung bawang merah, cicang kasar
 - 2,5 sdt kari bubuk
 - 1/2 sdt kunyit bubuk
 - 2 sdt merica bubuk
 - 1 sdm saus tiram
 - 2 sdm kecap asin
 - garam dan gula pasir sesuai selera

CARA MEMBUAT:
Tumis bawang bombay, bawang putih, dan bawang merah mpe harum dan matang. Masukkan sisa bahan bumbu yang lain. Aduk rata. Kemudian masukkan cumi dan udang. Masak mpe cumi dan udang matang. Selanjutnya masukkan bahan sayur. Masak mpe sayur matang. Kemudian masukkan bihun yang sudah direbus, daun bawang dan daun seledri. Aduk mpe rata. Jangan lupa uuk incip-incip. Kalo rasa sudah pas, matikan api kompor. Sajikan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar