Minggu, 16 Maret 2014

TORTILLA FRESH TOMATO SAUCE


 Hai Semuaaaa....

Assalamualaikum Wr. Wb

Gak berasa ketemu weekend lagi. Cepet bingit yak waktunya muter. Weekend alone at home. Menjadi gadis untuk dua hari satu malam. Yup.... Lelaki surga weekend ini gak bisa menemaniku seperti biasanya. Dia ada acara bersama teman-temannya di Jambi, 5 jam dari rumahku. Selalu ada yang berbeda kalo lagi jaoh-jaohan. Ada sesuatu yang hilang, antara semangat dan gak semangat hidup. Tapi kalo gak semangat teruz jadi gak asik. Alhasil, uplak uplik di dapur deh. Behubung Lelaki Surga gak ada di rumah, so acara masak memasaknya jadi sesuka hatiku. Seperti saat ini, menu makan siangku adalah tortilla fresh tomato sauce. Resepnya aku adaptasi dari hasil serching-serchig di youtube. Dan akhirnya nyoplok sana nyoplok sini, jadilah tortilla fresh tomato sauce ala aku. Hehehehe.



Langsung ke resep... Enjoy....

TORTILLA FRESH TOMATO SAUCE

BAHAN TORTILLA:
 - 120 gram tepung terigu all purpose
 - 1/2 sdt garam
 - 1 sdt baking powder
 - 2 sdm margarin
 - 60 gram air hangat

BAHAN ISI TORTILLA:
 - fresh tomato sauce sesuai selera
 - 1 buah sosis, belah dua memanjang, sayat tipis-tipis, kemudian goreng atau panggang mpe matang
 - keju cheddar parut

BAHAN FRESH TOMATO SAUCE:
 - 5 buah tomat merah, blender kasar (jangan mpe halus)
 - 2 siung bawang merah, cincang halus
 -1/2 buah bombay ukuran sedang, potong memanjang
 - garam dan papper for taste
 - 2 sdm cabai bubuk atau paprika bubuk

CARA MEMBUAT:

TORTILLA: Campur tepung terigu, garam, dan baking powder. Aduk rata. Masukkan margarin, aduk mpe berbutir-butir kecil. Kemudian tuang air hangat. Aduk rata. Bisa pake tangan atau spatula. Bagi menjadi 4 bagian, bentuk bulat bulat. Diamkan selama 15 menit. Kemudian giling, bentuk bulatan tipis. Kalo aku karena gak punya penggiling, so gelaspun jadi. Ambil 2 plastik bening. Letakkan adonan ke salah satu plastik, kemudian tutup dengan plastik yang lain. Penyet dengan menggunakan gelas, bisa pake piring juga. Penyet mpe membentuk bilatan seperti yang di kebab itu tuh. Buka plastiknya perlahan-lahan. Lepaskan adonan dari plastik satunya secara pelan-pelan, kemudian panggang di wajan panas. Wajannya gak pake minyak. Masak mpe matang. Tanda matang jika masing-masing sisinya ada warna gosong. Kemudian isi dengan bahan isi.




FRESH TOMATO SAUCE: tumis bawang putih, dan bombay mpe harum. Usahakan tekstur bombay crunchy. Masukkan tomat yang diblender kasar. Bumbui dengan garam, lada bubuk, dan cabai bubuk atau paprika bubuk. Aduk rata. Jangan lupa incip-incip. Matikan api kompor, sajikan bersama tortilla.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar