Kamis, 13 Maret 2014

TUMIS KECIPIR LEZAT


Hai semuaaaa.....

Assalamualaikum Wr. Wb

Lagi bosen di rumah. Alhasil pagi-pagi jalan-jalan ke pasar. Ya maklumlah, gak ada mall, pasarpun jadi. Ke pasar bener-bener jalan-jalan. Niatnya gak beli apa-apa. Persediaan ikan masih ada di kulkas. Hanya sayur sih yang belom ada. Niatnya beli sayur di mobil sayur keliling aja. Padahal ke pasar, kenapa gak sekaliaaannn...??. Wong namane gak ada kerjaan, yo gak pa pa tho kalo ke pasar cuma jalan-jalan thok. Hahahahaha. #stresss. Aku ada teman deket yang juragan sayur di pasar. Sudah capek jalan-jalannya, mampir ke toko temen. Yah... cuma ngobrol-ngobrol, ngrasani wong lewat. Kebiasaan saat gadis lanjut terooozz :D. 

Saat asik berjalan-jalan, gak sengaja liat kecipir. Hmmmmm.... aku gak pernah makan kecipir. Setelah aku pikir-pikir "why not dengan kecipir" dan aku putuskan untuk membelinya. Nyampe di rumah bingung mau dibikin apa. Teringat waktu kecil dulu, saat aku tinggal bersama nenekku di Demak. Ada tetangga yang jual pecel dan rujak. Nenekku kadang menyuruhku untuk membeli pecal atau rujak. Saat membeli pecal, si penjual selalu tanya ke aku "kasih iki ogak?" sambil menunjuk ke berbagai jenis sayuran. Sering aku melihat ada kecipir di salah satu sayur rebusnya. Dan saat si penjual menunjuk ke kecipir, aku selalu menggeleng dan "gak dikasih itu". Entah kenapa aku underestimate dengan kecipir. Aku belom pernah merasakannya, tapi saat melihat tu kecipir dengan bentuknya yang aneh, aku seperi merasakan sesuatu yang gak enak. Dan ini aku pertama kalinya makan kecipir. Alhasil ternyata kecipir enak juga, hehehehe. 

Kecipirku ini niat awalnya mau dibikin pecal. Tapi melihat jam dinding yang menunjukkan jam setengah 12, akhirnya tumis kecipirlah jadi pilihan. Soale mepet, sebentar lagi Lelaki Suga pulang. Sekarang aku gak underestimate ma kecipir lagi :D.  Bdw ini tumisan biasa dan berbahan dasar yang gampang. Tapi rasanya menggugah selera. Nyuummmyyy..... (slurp). Yang mau mencoba, tu wa ga gooooo..

TUMIS KECIPIR LEZAT

BAHAN:
 - 200 gram kecipir, potonh sesuai selera
 - 1 sdm larutan air asam
 - 100 ml air kaldu atau air biasa
 - 5 siung bawang merah, cincang kasar
 - 3 siung bawang putih, cincang halus
 - 4 buah cabai merah, iris serong
 - 1 sdm ketumbar sangrai, haluskan
 - 2 cm lengkuas, geprek
 - 1 bungkus terasi abc, bakar
 - 1 sdm gula merah
 - garam, dan gula pasir secukupnya

CARA MEMBUAT:
Tumis lengkuas, bawang merah dan putih mpe harum. Masukkan cabe merah, ketumbar, dan terasi. Tumis mpe cabe layu, dan terasi hancur. Masukkan kecipir, aduk rata, tutup panci sebentar. Diamkan mpe kecipir setengah matang. Kemudian masukkan air. Masak mpe air mendidih. Masukkan air asam, garam, dan gula pasir. Jangan lupa untuk mencicipi.Matikanapikompor,sajikan hangat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar