Kamis, 27 Maret 2014

CUPCAKE UBI KUKUS


Hai Semuaaaa....

Assalamalaikum Wr. Wb

 Hadeeehhh.... Lusa dah weekend. Cepet bener. Cupcake ini sudah aku bikin weekend kemaren. Eeeeeeee.... besok udah weekend lagi. Kalo weekend2 bikin pening kepala. Harus mikir "bikin cemilan apa eyaaak?". Sudah menjadi kewajiban dan keharusan untuk bikin cemilan kalo weekend2, kecuali kalo lagi gak di rumah. Hehehehe. Bangun tidur langsung uplak uplik dapur. Ibaratnya, sebelum Lelaki Surga bangun tidur, si cemilan sudah harus ready to eat. Saking pentingnya si cemilan, bersih-bersih rumahnya belakangan deh. Hehehehehe. Untung belom ada si kecil, jadi amaaannlaaahh, rumah gak berantakan.

Tapi eee tetapiii... sering juga malesnya melanda. Pernah karena aku malez bikin cemilan, akhirnya colut ke pasar. Tujuan utamanya sih beli cemilan. Sayangnya, untuk rasa nyleneh. Semua pedagang cemilan udah tak incipi, tapi gak nemu jajanan yang enak. Lagipula bosen juga, jajanannya itu itu melulu. Soooo... mau gak mau aku harus bikin cemilan dewe.

Minggu kemaren bingung banget mau bikin cemilan apaan. Bener-bener buntu ide. Bahan di rumah adanya cuma ubi. Mau dibikin cake ubi, kug males. Mau dibikin donat ubi, tambah malez gorengnya. Mau direbus biasa, kug kurang spesial. Hadeeeehhh... pusing gillaaaa. tapiii... tiba-tiba dapet bayangan fresh. Dulu aku pernah liat temenku yang lagi bikin cupcake ubi. Akhirnya aku ingat-ingat bahannya. Tapi kurang yakin sih. So kutanyakan langsung deh ma tersangkanya, si Cuplik, panggilan kesayanganku untuk dia. Ahihihi. Langsung Kucoba bikin. Uplak upkik dapur, dan alhasil... Hmmmmm... Not bad laaahh. Sayangnya kurang manis dikiiit, en bau amis dari telornya kecium. Efek melupakan ekstrak vanilinya. Kata suamiku dan tetanggaku enak. Jadi pantaslah untuk aku nongolin di blog. Hehehehe.

Sempet iseng-iseng kutaburi dengan biji wijen sangrai, tambah enak kug. Memperkaya rasa. Asseeeekkk... :D

 Kalo yang ini tanpa biji wijen. Bdw jangan liat dari bentuknya eyaaakk,,, hehehehe. yang permukaannya gak rata itu karena efek potongan ubinya kebanyakan, sedangkan adonan tepungnya dikit. harap maklum. Yang penting kan rasanya. Enaaakk.


Lets Start to bereksperimen. Wan Tu Tri Goooooooo.....


CUPCAKE UBI KUKUS

BAHAN:
 - 200 gram ubi, cuci bersih, rebus atau kukus, kupas kulitnya, setengah bagian dihaluskan, setengahnya di potong dadu kecil
 - 150 gram tepung terigu, ayak
 - 2 sdt baking powder, ayak bersama dengan tepung
 - 1 butir telur, pisahkan putih dan kuningnya
 - 80-100 gram gula pasir (sisihkan 1 sdm gula pasir di wadah berbeda)
 - 1/4 sdt garam
 - 1 sdm minyak goreng
 - 6 sdm air
 - ekstrak vanili secukupnya
 - biji wijen putih sangrai secukupnya utuk taburan

CARA MEMBUAT:
Dalam wadah kecil, aduk rata minyak goreng, air, gula pasir, dan kuning telor. Dalam wadah yang lain, kocok putih telor, bersama 1 sdm gula pasir dan vanila ekstrak mpe mengembang dan kaku, menggunakan kecepatan tertinggi. Kemudian kecilkan kecepatan yang paling rendah masukkan campuran kuning telor. Aduk rata (bisa menggunakan spatula). Selanjutnya masukkan tepung terigu dan baking powder sedikit demi sedikit. Aduk rata menggunakan spatula. Masukkan ubi halus, aduk rata, selanjutnya masukkan ubi yang dipotong dadu, aduk rata. Siapkan cetakan tahan panas, dan kertas roti. Aku menggunakan cetakan bolu, bisa menggunakan cetakan yang lain. Masukkan adonan ke dalam cetakan (kalo pake biji wijen sangrai, taburi pada saat ini). Selanjutnya masukkan ke dalam dandang yang airnya sudah mendidih (jangan lupa tutup dandangnya dilapisi kain). Kukus kurleb selama 20 menit dengan api sedang. Untuk menecek sudah matang ato belom, bisa menggunakan tusuk gigi yang ditusukkan ke dalam cake, jika tidak ada adonan yang lengket ke tusuk gigi, brarti cake sudah matang. Angkat dari dandang, kemudian keluarkan dari cetakan bolunya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar