Jumat, 07 Maret 2014

GULAI OMELET BAYAM KUKUS


Hai semuaaa....

Assalamualaikum Wr. Wb

Resep masakan kali ini adalah omelet bayam kukus kuah gulai. Masakan ini terinspirasi oleh seseorang (gak kenal) yang sedang mengadakan acara pernikahan. Waktu awal pindah ke Bangko, aku ada perasaan penasaran dengan kondangan versi bangko. Acaranya apa kayak di Jawa. Stiap kali lewat rumah orang yang nduwe gawe, kug gak serame di Jawa. Saking penasarannya, aku mpe tanya ma tetanggaku si kak Nia. Syukur alhamdulillah kak Nia perhatian ma aku. Pas dia ada undangan pernikahan, yang diajak njagong bukan suaminya, tapi aku. Hahahahahaha, dengan senang hati kuterima. Asek asek josss. Kebetulan undangannya pas hari kerja. So gak masalah dengan Lelaki surgaku. Yang penting sudah ijin. 


Behubung aku gak kenal, so gak pake sumbangan. Numpang makan aja. hehehe. Sempet aku tanya ke kak Nia "mbak, nyumbang piro?". Jawabannya mencengangkan yang bikin aku "haaaaahhhh... tenane loh". kak Nia cuma masukin duit 10ribu di amplopnya. Kata kak Nia, 10ribu itu udah tinggi kalo di sini. Malah ada yang nyumbang 5ribu, parahnya lagi banyak yang amplop kosong. Kak Nia juga bercerita waktu pengalaman nikahannya. Pas saatnya buka kotak sumbangan, dan buka amplop, alhasil undangan 500 orang, amplop kosongnya ada 100 lebih. Pelit beneeerrr #tapok jidat. Kebetulan berangkat njagonge bareng ma kawan kak Nia (lupa namanya). Kak Nia ku suruh tanya, temennya tu nyumbang berapa. Sama dengan kak Nia yang nyumbang 10rb. Ealaaahhh... Emasnya jentrek-jentrek di leher, pergelangan tangan, dan jari-jarinya, dandan menor-menor nomblok-nomblok, Lha kug nyumbange sepuluh ewu thok, ra isin karo emase wi. 


Setelah sampe lokasi njagong, Dari pintu masuknya udah terlihat berbeda dengan di Jawa, mengisi buku tamu, nyemplungin amplop, minta souvenir (kalo gak minta, gak di kasih), lanjut mengambil makanan yang sudah disediakan. Dan itu letaknya bersampingan dengan meja buku tamu. Pestanya prasmanan. Tapi makanannya cuma disediakan 4 jenis saja. Dan itu menu rumahan, dan terlihat gak spesial. Hanya lauk (ayam kampung, telor rebus (bentuknya cantik), dan tempe tahu), dan sayurnya (gulai omelet bayam). Tidak ada menu yang lain, hanya itu. Minumannya aqua gelas, dan es timun (sirup, dan timun serut). Es timunnya gak ambil sendiri, tapi di ambilin ma among tamunya. Itupun pake gelas plastik kecil (gelas yang kayak aqua gelas itu).

Aku ada tertarik dengan menu gulai omelet bayamnya. Menurutku unik banget. Dan penampilannya cantik (beda jaoh dengan hasil karyaku di atas). hehehehe. Tapi untuk rasa hampir sama laaahhh. Lembut dari omelet bayamnya, dan kuah yang gurih. Sayangnya omeletku kekurangan telor. So kurang cantik bentuknya. Pas dipotong, banyak yang hancur. Bdw langsung ke resep aja yak... Tu Wa Ga Goooooo....... Selamat Mencobaaa....


 GULAI OMELET BAYAM KUKUS

BAHAN OMELET BAYAM:
 - 1 ikat bayam atau secukupnya (dikira-kira aja)
 - 5 butir telur, kocok
 - garam dan merica secukupnya

BAHAN KUAH GULAI:
 - 300 ml santan kental
 - 400 ml air
 - 3 cm kayu manis
 - 2 butir kapulaga
 - 1 buah kembang lawang
 - 3 lembar daun jeruk
 - 2 lembar daun salam
 - 1 batang serai, geprek - 1 lembar daun kunyit, iris halus
 - garam,dan gula pasir secukupnya
 - penyedap rasa, optional

BUMBU HALUS:
 - 1 sdt ketumbar, sangrai
 - 1/2 sdt jinten, sangrai
 - 5 buah cabai merah
 - 10 buah cabai rawit atau sesuai selera
 - 4 siung bawang merah
 - 3 siung bawang putih
 - 2 cm jahe
 - 2 cm lengkuas
 - 1 ruas kunyit

CARA MEMBUAT:
OMELET BAYAM: Siapkan loyang atau wadah tahan panas, olesi dengan minyak goreng. Ambil sedikit bayam, kemudian tata ke dalam loyang, kemudian tuang sedikit kocokan telur (dikira-kira aja). Kemudian ambil lagi sedikit bayam, tata dalam loyang, tuang sedikit kocokat telur. Ulangi mpe bayam dan telur habis. Kemudian kukus selama kurleb 15 menit. Masukkan ke dalam dandang yang airnya sudah mendidih. Jika sudah matang, keluarkan dan dinginkan. Masukkan ke freezer (jangan terlalu lama) supaya gampang saat dipotong (optional).Kemudian potong ukuran 2 atau 3 cm.


KUAH GULAI: Tumis bahan halus, serai, kayu manis, kapulaga, kembang lawang, daun jeruk, daun salam, dan daun kunyit mpe harum dan bumbu halus matang. Masukkan air, masak mpe mendidih. Tuanh santan kentalnya. Aduk terus mpe santan mendidih. Bumbui dengan garam, gula pasir, dan penyedap rasa (optional). Jangan lupa incip-incip. Masukkan omelet bayamnya. Aduk rata pelan-pelan. Matikan api kompor. Sajikan hangat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar