Selasa, 11 November 2014

CATERPILLAR BREAD (roti ala breadtalk)



Hai Semuaaaa....

Assalamualaikum. Wr. Wb

Masih semangat bereksperimen dengan doublepan baruuuu. Duuuhhh.... pamer doublepan mulu nih. Bukan pamer... maklum aje, barang baru pasti kan sering dipake. Pasti lama-lama juga bakal bosen sendiri. Hihihi....

Ternyata e ternyata... bikin kue kering pake doublepan bisa loh. Aku belum mempraktekkan sih. Hanya saja aku udah bikin roti ala breadtalk pake doublepanku ini. Yaaaa... meskipun gak seenak breadtalk, tapi jadilah, secara hidup di sini gak ada begeto-begetoan. Kalo mau beli breadtalk harus 6 jam perjalanan dulu. Kasian yak gue. Mau gak mau harus berkarya dulu kalo mau memanjakan ini perut.






Ney menu udah aku bikin weekend kemaren. Bikinnya juga penuh perjuangan. Padahal kalo dibayangin mah gampang. Tinggal ngulenin, fermentasi, bentuk bulat-bulat, fermentasi lagi, olesi bahan toping, panggang deh. Manggang pake doublepan cepet bingit, padahal pake api kecil. Tapi dalam kenyataannya ribet. Bagi yang belum biasa seperti aku nih, ruweeeeet. Tapi hasilnya memuaskan kug. Enak gurinak, hehehe. Ouw iya, manggang pake doublepan, hasilnya beda loh pake oven. Lebih garing pake oven. Biasanya kalo pake oven bagian atasnya kan ikut berwarna coklat-coklat geto. Kalo pake doublepan hasilnya putih pucet. Apa karena aku lupa ngolesin kuning telur ato emang kayak geto yak. Tapi kalo tekstur dalemnya dan rasanya sih teteeeep nyummmyyy. Meskipun gak sesempurna oven, aku gak menyesal kug memilih doublepanku. Haiyyyaaaahhhh..... lebay dyeeehhh. :D

Langsung ke resep yak.... ji ro lu goooooo.... Selamat Mencobaaa.... :)



CATERPILLAR BREAD
(Resep dapurlincak)

Bahan :
 - 120 ml air hangat
 - 120 ml susu segar (tawar) hangat
 - 1 butir telur, suhu ruang
 - 76 gr butter/margarin, lembutkan dengan garpu
 - 100 gr gula pasir
 - 1 sdt garam
 - 480 gr tepung terigu protein sedang
 - 2 1/2 sdt ragi instan (fermipan)
 - 1/4 sdt gula pasir

Polesan :
 - 1 butir telur, kocok lepas
 - 1 sdm susu 

Topping:
saus tomat, saus cabe, saus bolognise, keju chedar parut, sosis, mayonise, oregano, tuna kalengan suwir2, abon sapi, daun , merica hitam butiran tumbuk kasar.

Cara membuat :
Campur ragi dengan air hangat dan1/4 sdt gula. Aduk hingga larut dan diamkan selama 10 menit hingga berbusa.

Dimangkuk, campur terigu, garam, gula, telur, butter, susu hangat dan campuran ragi. Aduk dengan tangan sampai terigu menjadi adonan lembut (jangan diuleni). Tutup adonan dengan plastik wrap dan diamkan selama 1 jam (tergantung suhu ruang).

Setelah adonan mengembang hingga 2x lipat. Kempiskan adonan dan istirahatkan lagi selama 2 menit.

Bagi adonan dan bentuk sesuai selera. Letakkan di loyang yang diolesi sedikit margarin, beri polesan.

Panggang dalam oven dengan suhu 180'C selama kurang lebih 10 menit. Kalo aku panggang pake doublepan. Tapi aku gak ngitungin waktunya sih. Di kira-kira aja. Masak pake api paling kecil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar