Kamis, 06 November 2014

IKAN BAKAR PEDAS MEMBARA


Hai semuaaa....

Assalamualaikum. Wr. Wb

Untuk menepati janjiku di postingan sebelumnya. Aku postingin masakanku menggunakan doublepan baruuuu. Hihihihi. Sejujurnya ini bukan masakan pertamaku setelah membeli doublepan. Percobaan pertamaku menggunakan doublepan ternyata gagal. Gagalnya karena aku yang sok tau. Ceritanya tuh begene... doublepan baru, semangat memasak menggebu-gebu. Untungnya pas Lelaki surga dianas ke luar kabupaten (kebanyakan tuh dinas ke luar kota, lha ney luar kabupaten :D). Jadinya gak pulang makan siang. So aku punya banyak waktu untuk bereksperimen di dapur. Menu yang terpilih adalah Bingka Pisang. Awalnya oke oke aja. 15 menit kemudian, aku buka tuh doublepannya. Aku pikir udah mateng. Terus keinget waktu liat diiklannya tuh, pannya di balik pas bikin cake. Aku balik lah doblepanku. Dan aku mendengar suara aneh dari dalam double pan. Dan saat ku buka... huwaaaaaaa.... ternyata belom mateng sempurna. Jadi belepotan dimana-mana mpe ngotorin komporku. Hadeeeeehhh..... aku biarin aje deh tu mpe mateng. Tapi bentuknya ya berantakan geto. Ney bentuknya setelah matang.



Saking penasarannya. Sorenya sengaja bikin ikan bakar untuk menu makan malam. Kan Lelaki Surga udah pulang. aHAY.... ;). Dan tralaaaaa.... berhasil horay. Karena takut gosong, sering aku buka-buka. Jadi matengnya agak lama. Next time aku kasih waktu kali yak, yar sa ngira-ngira mateng gak nya. Soalnya capek juga nungguin depen kompor buka tutup doublepannya. Hadeeeehhh.... cape deeehh... hihihihi....

Langsung ke resep aja yak. Lagi gak fokus nulis nih. Si mata kegoda ma acaranya sarah sechan, kebetulan bintang tamunya lagi serururururuuuu.... hihihihi....
Tu wa ga gooooo.....



IKAN PANGGANG PEDAS MEMBARA
(Reseb by modifikasi sendiri)

BAHAN:
 - 500 gram ikan tongkol, buang kepalanya (gak usah buang durinya) + 1 buah jeruk nipis peras airnya + 1 sdt garam

BAHAN HALUSKAN:
 - 15 buah cabe merah keriting
 - 10 buah cabe rawit
 - 8 siung bawang merah
 - 4 siung bawang putih
 - 1 sdt ketumbar bubuk
 - 1 sdt kaldu bubuk ato garam sesuai selera
 - 1 sdm gula merah sisir

CARA MEMBUAT:
Campur ikan dengan bumbu halus. Pastikan semua ikan terolesi dengan bumbu halus. Siapkan doublepan, tuang sedikit minyak. Taroh ikannya ke pan. Tutup doublepan. Masak kira2 15 menit. Buka doublepannya balik ikannya (masih parno membolak balik doublepannya). Tutup lagi. Masak sekitar 5-10 menit. Matikan api kompor. Sajikan hangat. Bdw gunakan api keciiiiill banget. Kalo terlalu gede takutnya gosong di luar, dalemnya masih mentah.

Note: untuk menit-menitnya tuh sesuai dengan besar kecilnya api kompor. Kalo gak ada doublepan, bisa pake teflon biasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar