Minggu, 30 November 2014

STEAK DAGING SAPI dengan SAUS LADA HITAM



Hai semuaaaaa....

Assalamualaikum.  Wr. Wb

Ini menu favoritku bingit. Semasa masih di Solo, sampe mblenger makan begene-begenean. Setelah pindah di Bangko, harus bikin sendiri. Sebenernya ada sih warung steak, dan satu-satunya di Bangko. Dari pengalaman beberapa temen yang pernah mencobanya, kebanyakan sih pada kecewa. "Dagingnya duikiiiiiiiit", "rasanya radak asem". Karena komentar mereka, daku gak ada keinginan untuk mencoba. Alhasil, dengan sedikit tenaga, hooooppp.... steak daging sapinya siap dilahap.

Aku udah beberapa kali bikin steak, tentunya dengan resep dan rasa berbeda. Yang sempet nongol di blog cuma steak ayam krispi ala warung steak. Yang laennya tak berjejak.

Steak kali ini dengan saus lada hitam. Rasanya gak kalah ma yang di resto-resto di Jawa. Ouw iya... aku sudah menemukan, gmn caranya bisa ngempukkin dagingnya. Biasanya aku takut kalo bikin steak daging sapi, alhasil selalu ku potong kayak sukiyaki yar matang dan empuk merata, atau ku cincang, yar lebih gampang makannya. Sekarang eike sudah berani, bikin steak yang kayak di resto-resto tuh, tanpa potong sukiyaki dan cincang mencincang. Cukup bermodal buah nanas, sedikiit aje. Aku menggunakan kurleb seperempat buah nanas, diblender halus, campur ke 250gr daging sapi. Diamkan kurleb 1 jam. Hasilnya beda loh. Sebelumnya serat dagingnya rapet-rapet, setelah di lumuri nanas seratnya lebih longgar. Alhasilnya, setelah jadi, bener-bener empuk loh.

Langsung ke resep yaaaakkk.... lets goooooo.... selamat mencobaaa...

STEAK DAGING SAPI dengan SAUS LADA HITAM
(resep by modifikasi sendiri)

BAHAN:
 - 250 gram daging has dalam, potong sesuai selera aja yak, lumuri dengan seperempat buah nanas yang dihaluskan. Diamkan kurleb 1 jam. Jangan terlalu lama, karena bisa membuat daging menjadi terlalu lembek, bahkan bisa menjadi bubur (katanya begeto). Cuci bersih. Pastikan tidak ada nanas yang menempel di daging.

BAHAN PERENDAM:
 - 2 siung bawang putih, haluskan
 - 1 sdt lada hitam, tumbuk kasar
 - 1/4 sdt lada putih bubuk
 - 1 sdm saus inggris
 - 1 sdm kecap manis
 - 1/2 sdt oregano (optional)

BAHAN SAUS LADA HITAM:
 - 1 sdm margarine untuk menumis
 - 1 buah bawang bombay ukuran kecil, rajang kasar
 - 4 siung bawang putih, rajang kasar
 - 2 sdm saus tiram
 - 1 sdm kecap asin
 - 1 sdt kecap inggris
 - 2 sdm kecap manis
 - 300 ml air kaldu ato air biasa
 - kalo rasa kurang asin bisa ditambah garam
 - 1 sdt lada hitam, tumbuk kasar
 - sisa bahan bumbu perendam
 - 1 sdm tepung maizena, larutkan dengan 3 sdm air putih

BAHAN PELENGKAP:
 - 2 buah wortel ukuran kecil, belah jadi 2. Rebus
 - 6 lonjor buncis, belah 2, rebus
 - 2 buah kentang, belah 4, goreng

CARA MEMBUAT:
Masukkan daging ke dalam bahan perendam, diamkan di dalam kulkas kurleb 1 jam (aku semalaman). Setelah 1 jam, panggang daging di atas teflon yang panas dan sudah terolesi margarin atau minyak goreng. Tunggu sisi yang bawah matang, kalo sudah matang dan berubah warna, balik dagingnya. Tunggu matang. Hanya satu kali balik yak. Jangan banyak-banyak, kata bu Farah Queen bisa merusak tekstur dan rasa. Kalo udah matang, sisihkan. Kalo mau dipotong, tunggu agak dingin. Jangan dalam keadaan panas. Kata bu farah queen, harus diistirahatkan dulu dagingnya (alesannya aku kurang tau).

Siapkan panci kecil, beri 2 sdm margarin, tumis bawang putih dan bombay mpe harum. Masukkan air kaldu atau air. Lanjutkan dengan bahan yang lain kecuali maizena. Jangan lupa untuk sering mencicipi. Kalo rasa sudah pas, baru kasih maizena. Aduk mpe agak mengental. Sajikan bersama steaknya dan bahan pelengkapnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar