Sabtu, 15 November 2014

SETELAH 2 MINGGU MENGGUNAKAN HAPPYCALL DOUBLEPAN

Hai semuaaaaa.......

Assalamualaikum. Wr. Wb

Lagi malas posting resep. Tapi gak malas kug untuk narsis di blog ;D. Postingan kali ini tentang happycall doublepan. Udah 2 minggu nih bereksperimen masakan dengan doublepan satu ini. Pertama pake doublepan jadi kagok dan ragu-ragu. Biasanya bikin cake pake kukusan. Sekarang tiba-tiba hadir si doublepan. Ragunya karena takut gagal. Mungkin karena udah kepikiran gagal jadi gagal beneran deh. Gagalnya tu kurang matang ato malah kematengen (dibaca gosong).

Selama 2 minggu ini aku udah menghasilkan 4 macem masakan. Diantara duanya adalah produk gagal. Gagalnya dari segi penampilan. Kalo rasa mah enuk enuk saja. Buktinya abis. Hehehehe.... setelah 2 minggu pemakaian, baru ku tahu ada beberapa kekurangan kalo pake happycall doublepan.

Pertama, memasak menggunakan doublepan kan langsung nempel di api. Jadi cepet matang dan rentan gosong juga. Jadi kudu sering di cek dan supaya matangnya merata doublepannya kudu digeser-geser. Jadi apinya gak fokus di tengah.

Kelemahan kedua adalah, bikin cake pake doublepan tu bagiku gak jelas. Dibilang panggang, tapi hasilnya gak seperti dipanggang, gimana yak, susah juga menjelaskan. Dibilang panggang tapi gak panggang, dibilang kukus juga gak kukus. Hasilnya tu antara panggang dan kukus. Bagian bawah garing, tapi bagian atas masih basah. Jadi yar ikut garing daoublepannya harus di balik. Masak lagi sebentar. Tapi hasil garingnya menurutku berbeda dengan yang pake oven.

Kelemahan ketiga adalah, saat proses pemanggangan cake, hasilnya ada bolong-bolongnya. Soalnya kena tetesan uap dari bagian atas doublepan. Jadi harus sesekali dibuka kemudian dilap pake tisu. Itupun masih ada bolong-bolongnya. Tapi untuk tekstur bisa moist kug :).

Yang keempat, setelah cake matang, yang jadi masalahnya adalah gimana cara ngeluarin cake dari doublepannya. Kalo pake loyang kan tinggal tumplek, beres deh. Naaaahhh... kalo doublepan gimana caranya?, ngasal numplek hasilnya malah ancur donk. Namanya aja doublepan. Atas bawah ketemu pan. Susah kan ngeluarinnya. Pake doublepan kudu lebih ekstra. Harus nunggu dingin dulu baru bisa di angkat pake tangan. Itupun kudu ati-ati banget. Takutnya cakenya bisa remuk ato retak-retak. Menggunakan doublepan kudu mikir kreatif. Akhirnya kalo cake udah matang, buka daoublepannya. Terus ambil kertas roti ato alumunium foil secukupnya (melebihi dari ukuran doublepannya), taroh di atas cakenya. Kemudian tutup doublepannya, balikkan. Buka doublepan, naaaaahhh.... angkat deh dengan cara pegang kertas roti ato alumunium foilnya, en then angkat, pindahkan ke piring.

Kelemahan yang kelima adalah dalam hal cuci mencuci. Bayangin aja, doublepan segede itu dan seberat itu. Mau dicuci rempong deh. Nyabunin sini nyabunin situ, wuih ribet. Aku aja nyucinya sambil jongkok. Nyuci di kamar mandi. Soale kalo nyuci di wastafel berisik. Nabrak ini nabrak itu. Nyuci jongkok aja masih klontang klontang. Belum lagi gagang maghnetnya, jangan sampe ketutup pas nyucinya. Duuuuh.... ini tugas yang paling berat.

Meskipun ada 5 kelemahan itu, gak bikin aku males kug untuk menggunakan doublepan. Malah doublepan bikin aku semakin berfariasi dalam bereksperimen masakan. Sebelum punya doublepan, aku masak dengan cara yang itu-itu saja. Tetep semangat dengan doublepan... horreeeyy.

1 komentar:

  1. Kok aku ngakak ya baca kelemahan kelima. Klontang klontang 🤣🤣
    Btw trimakasih mb review nya, semoga masakan2 makin endul yaah 🥰

    BalasHapus