Selasa, 04 November 2014

CREPE PISANG GULUNG ISI COKLAT KEJU



Hai semuaaaa...

Assalamualaikum. Wr. Wb

Asline mau bikin kolak pisang. Tapi jebulnya pisangnya dah kematengen. Kalo dipaksa bikin kolak takut mblenyek. Cari alternatif laen. Dibikin cake tapi kug yo bosen. Udah kebayang rasane makan cake pisang. Cari alternatif laen tapi kug yo pake buntu. Hasyemik. Mentok-mentoke nyari pencerahan di google. Eeeeeee nemu resep crepe pisang isi coklat keju di webnya (seperti biasa) mbak Endang JTT. Alhamdulillah.... nemu varian pisang baru.

Kebetulan, nanti malam ada acara yasinan (orang meninggal), karena dari pihak keluarga belum kembali ke Bangko (nguburnya di Padang, meninggalnya juga pas di Padang). So kami sebagai tetangga yang so sweeeeeet, berinisiatif untuk yasinan di rumah tetangga yang mau ditempatin. Yo maklum tho yo, rumahe yang bersangkutan masih tertutup rapat, numpang di rumah tetangga dulu. Alhamdulillah banget tetangga-tetangga sini saling peduli.

Untuk konsumsi juga kesadaran pribadi. Kalo mau ada yang bawa ya monggo. Kalo gak ada yasudah, cuma baca yasin thok, gak enek acara mangan. Hehe. Berhubung aku mau bikin cemilan, akhirnya sekalian aja bikin banyak buat yang yasinan. Bikin banyak jebulnya hasile cuma sithik. Hedeeeeh. Sengaja juga bagi-bagi ame kawan-kawan deket. Biasalah, Bucha, Yuk Karni, daaaaannnn gak ketinggalan si Tyo keteblung.




Kalo kata Bucha enak kug. Kata Lelaki Surga enak juga. Kata Yuk Karni juga enak. Kata mamak tyo juga enak. Hmmmmm... enak tenanan ato enak-enakan. Sing nyoba aku kug biasa ae yo...? Po karena aku uwis kekenyangen makan nasi padang sebungkus habis bersih. Haaaahhh... nasi padang loh, bayangin aje perutku segede apa tuh. Padahal, Lelaki surgaku aja masih sisa buanyak loh. Nahloh nahloh. Tumben makanku banyak. (Haiyah biasane mangan sak sumur loh yak). Tuing tuing

Yuuuuukkkk... tengok resepnya. Selamat mencobaaaaa.....



CREPE PISANG ISI COKAT KEJU
(resep by JTT)

Bahan:
- 3 buah pisang kepok/pisang raja/pisang emas atau pisang lainnya yang telah benar-benar matang, lumatkan hingga halus menggunakan garpu atau jemari tangan
- 100 gram tepung terigu
- 3 sendok makan gula pasir
- 1/2 sendok teh garam
- 1/4 sendok teh vanili bubuk
- 1/2 sendok teh baking powder
- 1 butir telur, kocok lepas
- 150 ml susu cair (saya melarutkan 1 sendok makan susu bubuk + 100 ml air) 

Isi:
- Sedikit mentega atau selai favorit
- Coklat meses
- Keju cheddar parut, secukupnya

Cara membuat:
Siapkan mangkuk, masukkan tepung terigu, gula, garam, baking powder, dan vanili bubuk. Aduk rata menggunakan spatula. Tambahkan susu cair, telur kocok dan pisang yang telah dilumatkan. Aduk rata dengan spatula hingga menjadi adonan yang smooth.

Siapkan penggorengan datar anti lengket. Sapukan sedikit minyak atau margarine di permukaannya. Panaskan penggorengan diameter sekitar 15 cm. Ambil satu sendok sayur adonan dan tuangkan di wajan. Ratakan dengan menggulirkan penggorengan ke kiri dan ke kanan hingga seluruh permukaan penggorengan tertutup adonan. 

Masak hingga bagian bawah mengeras, kemudian balikkan crepes dan masak sisi lainnya hingga matang, coklat keemasan. Angkat. Lakukan hingga semua adonan habis.

Letakkan satu lembar crepes di piring, olesi dengan mentega atau selai, taburi dengan coklat meses dan parutan keju secukupnya, gulung crepes hingga bagian isi tertutup, tekan crepe saat digulung agar padat atau tekuk bentuk 1/4 lingkaran. Sajikan hangat-hangat bersama segelas teh hangat. Sedap!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar